Mengenal WP-Plugin Yang Berguna Untuk Blog WordPress

Untuk mengelola sebuah blog di wordpress agak berbeda dengan mengelola blog di blogspot. Seorang blogger wordpress self hosting harus mengenal wp-plugin dan dapat memilih serta menggunakannya untuk meningkatkan kinerja dan keamanan blog. Tanpa dukungan plugin tertentu, sebuah blog wordpress kinerjanya tidak akan dapat memberikan kepuasan bagi pemilik blog dan rawan dari perbuatan jahil orang.

Lewat blog juragan cipir yang baru saja migrasi dari blogspot ke wordpress, sengaja artikel ini saya buat untuk menyambut kehadiran juragan cipir di wordpress, yang kebetulan saya juga sebagai pengguna lama wordpress self hosting yang blognya masih berjalan di tempat.

Simak juga Pengalaman Menjadi Publisher Google Adsense, Th 2009 – 2012

Mengenal WP-Plugin Yang Berguna Untuk Blog WordPressApa yang akan saya sampaikan dalam posting ini mungkin hanya akan berguna bagi teman-teman blogger wordpress pemula, yaitu mengenal beberapa wp-plugin yang memiliki manfaat dan kegunaan untuk meningkatkan keamanan dan kinerja blog wordpress, sebagai berikut :

Wp-Optimize

Plugin ini akan memiliki fungsi untuk mengoptimalkan database, dan sangat membatu untuk menghapus revisi posting, komentar spam, dll., dan hasilnya akan berdampak pada kecepatan loading blog.

Broken Link Checker

Plugin ini akan bekerja mengecek link mati yang ada pada blog kita, sehingga kita akan mengetahui setiap ada link mati, baik link internal maupun link eksternal. Link ekseternal yang mati di blog saya banyak ditemukan pada link komentar yang disebabkan karena blog tersebut sudah dihapus pemilik blog atau dihapus oleh pemilik layanan blog seperti blogspot.com atau wordpress.com. Dengan mengetahui link mati pada blog, maka kita bisa langsung memperbaiki atau menghapusnya, dan hal ini akan mengurangi crawl error pada webmaster tools.

Google XML Sitemap

Plugin yang berguna untuk membuat peta situs atau sitemap.XML yang sangat berguna untuk membantu pencarian oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan Ask.com untuk pengindex-an blog wordpress yang bersangkutan.

All In One SEO Pack

Plugin yang satu ini sangat terkenal di dunia wordpress yang berfungsi untuk meningkatkan SEO blog menjadi lebih optimal. Dengan plugin ini kita dapat membuat meta title, meta deskripsi, dan meta keyword untuk setiap halaman posting dan dapat kita kerjakan pada saat posting, persisnya di bawah mode edit posting wordpress.

LockerPress

Plugin ini merupakan plugin yang memiliki fungsi untuk keamanan blog, yaitu membuat kustom login URL untuk menyembunyikan standar wp-admin & wp-login URL,dll.

SI CAPTCHA Anti-Spam

Plugin yang ini adalah untuk menambahkan kode CAPTCHA anti-spam pada kotak komentar blog wordpress, dengan memasang anti spam komentar guna keamanan blog kita dari komentar spam otomatis.

Simple Injection

Plugin yang ini berguna bagi Anda para publisher Adsense yang menggunakan blog WordPress self hosting. Dengan menggunakan plugin simple injection maka iklan adsense Anda akan tampil secara acak dan bergantian di dalam postingan blog, di atas, di tengah, atau di bawah postingan, sehingga pembaca blog kita tidak merasa bosan, sebab letak iklan selalu berubah-ubah.

WordPress Protection Lite

Plugin ini berguna untuk sebagai pengamanan lengkap blog wordpress, sehingga para plagiator tidak bisa mengcopy konten dan mencuri data atau gambar dari halaman blog wordpress kita.

WP Smush.it

Berfungsi untuk mengurangi ukuran file gambar sehingga blog yang memiliki jumlah konten gambar yang banyak dan loadingnya lamban, maka dengan memasang plugin ini kecepatan loading blog akan meningkat.

Dan masih manyak plugin-plugin wordpress yang dapat kita gunakan, namun kita dalam memilih plugin harus sesuai dengan kebutuhan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kinerja dan keamanan blog. Untuk mendapatkan plugin-plugin tersebut bisa menambahkannya (Add Plugin) pada dasbor wordpress, atau langsung mengunjungi layanan WordPress.org.

Itulah beberapa plugin wordpress yang memiliki fungsi yang sangat berguna untuk meningkatkan keamanan blog, meningkatkan kecepatan loading, SEO, dll. Tidak lupa, ucapan selamat kepada mbak Indri admin juragan cipir : “Selamat datang di WordPress”, dan salam sukses buat semuanya.

Jangan lupa baca juga Tips Memilih Keyword dan Menentukan Situs Untuk Adsense.

Penulis : Endang Kusmana
(Terverifikasi)
Address : Taman Pagelaran  Blok C9/30, Kec.Ciomas, Bogor 16610
Pendidikan : S1
Pengalaman Bekerja : PNS, IPB-Bogor, (1978 – 2012)
Kegiatan saat ini : Blogger & Bisnis Online
Website : www.softwarerab.com
Google+ +Endang Kusman

Bagikan:
36 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.