Mengenal Penulis Indonesia

Jika selama ini kalian berpikir bahwa menulis ada salah satu kegiatan yang paling membosankan. Coba kalian renungkan sejenak mengenai hal tersebut. Menulis merupakan salah satu cara bagi seseorang untuk menuangkan ide yang ada dipikirannya melalui tulisan. Apalagi zaman sekarang, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dunia tulis menulis.

Jangan anggap remeh dengan kemampuan atau bakat seseorang dengan menulisnya. Ternyata dengan menulis, seseorang dapat memperoleh penghasilan darinya. Ada yang berprofesi sebagai blogger, cerpenis, penyair, jurnalis, penulis, dan lain sebagainya. Itu semua ternyata dari kegiatan menulis.

Mungkin, selama ini ada sebagian siswa (atau mungkin kalian yang sudah lulus sekolah. Hehehe) selalu membenci dan meremehkan dengan pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Padahal bahasa Indonesia merupakan salah satu bunyi ikrar yang ada di Sumpah Pemuda. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa ibu kita sehingga menjadi inspirasi dalam karya dari penulis-penulis yang ada di Indonesia.

Dengan membuat tulisan (sebuah karya) akan menjadikan mereka menjadi popular. Ketika seseorang berusaha untuk menjauhi bahasa kita sendiri dengan bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Spanyol, atau yang lainnya. Para penulis membuktikan dengan karya tulisannya telah membawa mereka dalam kehidupan yang cukup nyaman.

Simak 6 penulis terkenal di Indonesia dari berbagai sumber:

Andrea Hirata

Andrea Hirata merupakan salah satu penulis yang sukses di Indonesia. Sudah lama ia berkecimpung dalam dunia menuis. Salah satu novel yang paling terkenal adalah Laskar Pelangi. Buku lainnya yaitu Sang Pemimpi, dan Maryamah Karpov. Menurut informasi yang didapatkan, Andrea Hirata berhasil menjual lebih dari 600.000 copy dari judul buku Laskar Pelangi.

Total keuntungan yang didapatkan lebih dari Rp 3,6 miliar saja dari satu judul laskar pelangi. Sungguh luar biasa bukan? Jika ditambah dengan beberapa bukunya yang dicetak kemudian menjadi best seller, mungkin bisa kalian bayangkan sendiri berapa penghasilan pria asal Belitung tersebut.

Habiburrahman El Shirazy

Karya yang dihasilkan oleh Habiburrahman adalah berupa novel. Sebut saja novel Ayat-Ayat Cinta yang puluhan kali dicetak ulang. Kemudian, salah satu producer membuat film dengan judul Ayat-Ayat Cinta yang didasari dari novel Ayat-Ayat Cinta. Film ini pada masanya ditonton lebih dari 3,5 juta orang.

Novel yang lain juga termasuk best seller adalah Ketika Cinta Bertasbih. Novel Ayat-Ayat Cinta terjual lebih dari 400.000 copy dan menempatkan pria lulusan Mesir ini sebagai penulis terkaya kedua di Indonesia dengan pendapatan mencapai Rp 2,4 Milliar.

Mira W.

Penulis perempuan yang cukup terkenal di Indonesia adalah salah satunya Mira W. Ia menerbitkan buku-buku yang cukup fenonemal, seperti Cinta Sepanjang Amazon. Ia berprofesi sebagai seorang dokter umum. Mira W. telah menerbitkan lebih dari 20 novel best seller. Pendapatannya diperkirakan lebih dari Rp 2 milliar dari bukunya tersebut.

Dewi Lestari (Dee)

Dee, siapa yang tidak mengenal dia melalui karya-karya terbaiknya. Sebut saja karya-karyanya yang terkenal yaitu Supernova dan Perahu Kertas. Ia adalah salah satu penulis yang cukup fenomenal. Kehadiran novel Supernova-nya yang terkesan “rumit” sehingga banyak digemari oleh penikmat sastra di Indonesia.

Supernova Putri, Ksatria dan Bintang Jatuh, Supernova Petir dan Supernova Akar mampu memikat para pembaca. Sebelumnya Dee mengeluarkan kumpulan tulisannya dalam Rectoverso. Di Rectoverso, Dee mampu membuktikan bahwa tulisan yang berkualitas dapat juga diapresiasi dengan baik. Penghasilan yang didapat diperkirakan lebih dari 1,5 miliar rupiah dari seluruh novelnya.

Raditya Dika

Raditya Dika memulai kariernya sebagai seorang blogger. Kini ia juga eksis sebagai youtuber Indonesia. Dalam karya-karya yang dihasilkan, Raditya Dika berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu penulis berpenghasilan besar di Indonesia. Melalui novel Kambing Jantan-nya yang fenomenal. Buku-bukunya tetap menjadi terfavorit dikalangan masyarakat.

Diperkirakan ia mendapatkan penghasilan lebih dari 500 juta dari keuntungan pribadi dari kegiatan menulisnya. Ia juga dijkenal sebagai artis yang sukses dengan beberapa iklan dan acara di televisi.

Asma Nadia

Salah satu bukunya yang best seller adalah Catatan Hati Seorang Isteri. Novel ini diterbitkan oleh Lingkar Pena Publishing. Karya-karya yang dihasilkan Asma banyak memberikan inspirasi dan motivasi dalam kehidupan. Asma mampu mengemas jalan cerita melalui tulisan yang dihasilkannya.

Banyak sekali remaja yang menyukai tulisan dari hasil pikiran Asma Nadia. Diperkirakan penghasilan yang didapatkan lebih dari 300 juta dari karyanya yang beredar di masyarakat.

Itulah beberapa penulis yang terkenal di Indonesia. Mungkin ada sekian banyak penulis yang ada di Indonesia yang berpenghasilan cukup besar yang belum disebutkan di sini.

Di atas adalah beberaoa gambaran penulis yang ada di Indonesia, karena masih banyak penulis terkenal lainnya. Mereka telah menghasilkan karya-karya yang luar bisa. Tulisan mereka dapat menginspirasi kita semua agar dapat mengembangkan hasil pikiran kita melalui tulisan. Selamat menulis.

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.