vps murah

Home / Bisnis / Bisnis Online

Sabtu, 14 Januari 2023 - 22:56 WIB

Mengenal Import via LCL Udara, Intip Keuntungan dan Kerugiannya Sebelum Memilih Ekspedisi

Pertumbuhan perdagangan memudahkan konsumen bisa membeli barang dengan mudah. Pertumbuhan ini memicu distribusi barang baik dari dalam negeri hingga luar negeri melakukan berbagai macam cara agar barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen datang tepat waktu. Kalau Anda sering memesan barang dari luar negeri menggunakan jasa forwarder, salah satu layanan yang ditawarkan adalah proses pengiriman melalui LCL (Less Container Load).

Apa itu LCL via udara? LCL pada dasarnya merupakan pengiriman barang di bawah jumlah kontainer. Biasanya pengiriman menggunakan LCL berjumlah kurang dari 1000 feet misalnya 20 feet dengan kapasitas volume kubik ±30 cbm atau 40 feet high cube dengan kapasitas volume ±70 cbm. LCL via udara merupakan cara pengiriman barang melalui proses LCL yang dilakukan menggunakan pesawat.

Setiap cara pengiriman barang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan impor via LCL udara yang bisa dicermati:

Keuntungan impor LCL menggunakan pesawat:

  • Waktu pengiriman barang menggunakan LCL udara lebih cepat dibandingkan dengan pengiriman ekspedisi menggunakan kapal laut. Pengiriman melalui udara bisa diproses 5-7 hari kerja.
  • Ekspedisi LCL udara membantu Anda mengirim barang-barang yang membutuhkan kondisi suhu tertentu agar tetap terjaga. Selain itu, ekspedisi ini memberikan perlindungan tambahan dalam pengiriman
  • Perlindungan tambahan yang ditawarkan oleh ekspedisi LCL adalah tidak ada packing ulang di dalam kontainer. Dengan demikian, barang yang dikirim bisa dilindungi lebih baik melalui packing awal dan tidak rawan kehilangan karena packing tidak sama dengan barang yang lain. Ini sangat membantu terutama jika Anda mengirimkan barang berukuran besar dan memiliki nilai yang cukup mahal, seperti mesin-mesin, spare part, hingga peralatan sehari-hari seperti peralatan dapur, furniture, elektronik, hingga peralatan fitness.
  • LCL udara memungkikan Anda mengirim barang mulai dari berat 3kg. Anda bisa menggunakan ekspedisi ini untuk mengirimkan barang-barang dengan jumlah sedikit.
  • Ekspedisi menggunakan LCL udara memudahkan Anda menjangkau pasar luar negeri lebih mudah dan cepat. Dengan demikian, pemasaran produk Anda akan lebih luas dan mudah diakses oleh pasar luar negeri.
READ  Download Ebook Tips Sukses Google Adsense ~ Pedoman Pemula ~ Gratis!

Di sisi lain, terdapat beberapa kerugian dari impor LCL udara yang bisa Anda pertimbangkan jika akan menggunakan jasa ekspedisi ini, antara lain:

  • Membutuhkan biaya pengiriman yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengiriman melalui laut. Anda mungkin perlu mengalokasikan dana lebih banyak jika menggunakan LCL udara dan mempertimbangkan biaya produksi dari barang sehingga bisa mempertimbangkan efisiensi biaya pengiriman.
  • Jadwal penerbangan seringkali tidak bisa lebih fleksibel dibandingkan dengan ekspedisi yang lain. Hal ini mempersulit pengiriman barang terutama dalam mengatur jadwal pengiriman
  • Terdapat faktor yang tidak dapat Anda perkirakan seperti keterlambatan karena faktor cuaca. Ekspedisi menggunakan pesawat bergantung pada cuaca untuk keselamatan penerbangan.
  • Meskipun ekspedisi LCL lebih mudah menjangkau pasar luar negeri, tetapi lingkup penyebarannya masih cukup terbatas terutama jika kota tujuan pengiriman tidak memiliki bandara yang besar. Bandara kecil tidak mampu menampung pesawat yang besar.
  • Ekspedisi LCL udara meningkatkan penggunaan transportasi udara lebih banyak. Hal ini mempengaruhi polusi udara dan juga suara. Anda perlu mempertimbangkan menggunakan ekspedisi ini apabila prinsip perusahaan Anda berkaitan dengan lingkungan hidup agar tetap konsisten.
  • Ekspedisi LCL udara memungkinkan barang-barang yang dikirim disatukan dengan barang-barang lainnya. Hal ini perlu menjadi perhatian apabila Anda mengirim barang dengan risiko kontaminasi tinggi atau mudah terkontaminasi.
  • Meskipun bisa mengirim barang dalam jumlah sedikit, sebaliknya ekspedisi LCL udara membatasi daya angkut barang dibandingkan dengan ekspedisi melalui jalur laut dan darat. . Hal ini karena pesawat memiliki daya angkut terbatas.
READ  Publisher Adsense Harus Rajin Menambah Barang Dagangan

Pastikan kriteria barang sebelum Anda memilih ekspedisi. Pertimbangkan pula keuntungan dan kelebihan ekspedisi yang Anda untuk meminimalisir risiko di tengah perjalanan.

Share :

Baca Juga

Bisnis

Kesalahan yang Harus Dihindari saat Hendak Menyewa Gedung Kantor

Bisnis Online

5 Jurus Jitu Pemasaran UMKM untuk Menaikan Omzet

Bisnis Online

Ketika Tugas Kantor Seorang Blogger Full Time Bertambah

Adsense

Ini Lho yang Selalu Dimimpikan Oleh Blogger Indonesia

Adsense

Membahas Copyright Youtube – Part 1

Bisnis Online

Suka Duka Menjalankan Bisnis Online Produk Sendiri

Bisnis Online

Dapatkan Uang Dengan Berjualan Website Paling Cepat Dan Mudah

Bisnis Online

Bisnis Jasa Domain Hosting, Apa Resikonya?