Mengenal Apa Itu Target Market

Apa Itu Target Market?

Target market mengacu pada sekelompok pelanggan potensial kepada siapa perusahaan ingin menjual produk dan layanannya. Grup ini juga mencakup pelanggan tertentu yang diarahkan oleh perusahaan untuk upaya pemasarannya. Target market adalah salah satu bagian dari total pasar untuk barang atau jasa.

Konsumen yang membentuk pangsa target market memiliki karakteristik yang mirip termasuk geografi pembelian, daya beli, demografi, dan pendapatan.

Mengidentifikasi target market merupakan langkah penting bagi perusahaan mana pun dalam pengembangan rencana pemasaran. Tidak mengetahui siapa target pasarnya dapat menghabiskan banyak uang dan waktu bagi perusahaan.

Pahami Target Market

Bagian dari keberhasilan menjual barang atau jasa adalah mengetahui kepada siapa barang atau jasa itu akan menarik dan siapa yang pada akhirnya akan membelinya. Itulah mengapa bisnis menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menentukan dan memantau target pasarnya. Itu karena tidak semua produk dan layanan ditujukan untuk setiap konsumen, yang umumnya berhati-hati dengan uang mereka.

Target market umumnya dikategorikan berdasarkan usia, lokasi, pendapatan, dan gaya hidup. Mendefinisikan target market atau pasar sasaran tertentu memungkinkan perusahaan memahami faktor pasar tertentu untuk menjangkau dan terhubung dengan pelanggan melalui upaya penjualan dan pemasaran.

Menguji target market sering terjadi jauh sebelum suatu produk dirilis. Selama fase pengujian, perusahaan dapat menggunakan peluncuran produk terbatas dan grup fokus, memungkinkan manajer produk untuk merasakan aspek produk mana yang paling kuat. Setelah produk dirilis, perusahaan dapat terus memantau demografi target pasarnya melalui pelacakan penjualan, survei pelanggan, dan berbagai aktivitas lain yang memungkinkan perusahaan memahami apa yang diminta pelanggannya.

Tidak mengetahui targetnya bisa menjadi kesalahan besar bagi sebuah bisnis. Mencoba menarik klien atau pelanggan baru tanpa mengetahui siapa yang akan menjadi targetnya dapat menghabiskan banyak waktu dan uang bagi bisnis.

Segmentasi Pasar

Membagi target market menjadi berbagai segmen semudah membagi populasi menjadi beberapa kelompok yang dapat diukur dengan karakteristik utama. Ini termasuk jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, ras, pendidikan, agama, status perkawinan, dan lokasi geografis.

Konsumen yang termasuk dalam kelompok ini cenderung menghargai produk dan layanan yang sama, itulah sebabnya mempersempit segmen ini adalah salah satu faktor terpenting untuk menentukan target market. Misalnya, orang yang termasuk dalam kelompok berpenghasilan lebih tinggi mungkin lebih cenderung membeli kopi spesial dari Starbucks daripada Dunkin ‘Donuts.

Target Pasar & Penjualan Produk

Target market adalah fokus utama dalam rencana pemasaran yang menentukan faktor penting lainnya untuk produk, seperti distribusi, harga, dan upaya promosi. Target market juga menentukan faktor-faktor penting tentang produk itu sendiri. Faktanya, suatu perusahaan dapat mengubah aspek tertentu dari suatu produk, seperti jumlah gula dalam minuman ringan, sehingga lebih mungkin dibeli oleh konsumen dengan selera yang berbeda-beda.

Seiring pertumbuhan penjualan produk perusahaan, perusahaan juga dapat memperluas target pasarnya secara internasional. Ekspansi internasional memungkinkan perusahaan menjangkau subset yang lebih luas dari target pasarnya di berbagai wilayah di dunia.

Selain ekspansi internasional, perusahaan juga dapat menemukan target pasar domestiknya berkembang karena produknya mendapatkan lebih banyak daya tarik di pasar. Memperluas dan menumbuhkan pasar sasaran adalah alasan lain bagi perusahaan untuk memantau penjualan dan preferensi pelanggan mereka untuk mengembangkan peluang pendapatan.

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan singkat tentang target market atau sasaran pasar. Nah untuk Kamu yang mempunyai bisnis dan sudah mengetahui target marketnya, Anda perlu jangkau pelanggan tersebut untuk ditawarkan produk atau jasa Anda.

Salah satunya yaitu dengan email marketing. Mungkin hampir semua marketer tau pentingnya email marketing untuk bisnis.

Sekian artikel dari Kami semoga dapat bermanfaat untuk semuanya.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.