Mengenal Aji Sirep Begananda (Ilmu Penidur Khas Jawa)

Aji Begananda (aji begonondho) adalah sebuah ilmu gaib kanuragan khas jawa yang berfungsi untuk menyirep atau menidurkan orang secara masal, atau disebut juga “ilmu sirep”. Aji sirep begananda dikenal sebagai ilmu sirep paling ampuh. Konon pada jaman dulu, orang sekampung atau serommbongan prajurit bisa tertidur pulas jika terkena ajian dahsyat ini.

aji-begananda

Dalam ceritera rakyat jawa kuno, aji sirep begananda sering digunakan oleh para teliksandi (mata-mata) untuk mencuri informasi musuh dengan cara menyirep musuh di markas mereka. Semua prajurit yang tersirep akan tertidur pulas dan tidak akan bisa membuka matanya sebelum pagi hari tiba.

Aji sirep begananda ini didapat dengan cara ritual selama beberapa hari, yaitu meliputi puasa mutih atau poso muteh (hanya makan beberapa puluk nasi putih dan minum air mentah) selama beberapa hari, serta melakukan ritual patigeni (tidak melihat cahaya) selama beberapa hari, serta ritual-ritual lainnya. Setelah lulus menjalani ritual, maka orang tersebut bisa menidurkan masyarakat sekampung.

Namun pada zaman sekarang ini, aji sirep begananda sering digunakan oleh para pencuri untuk menidurkan si tuan rumah. Jika si tuan rumah telah tertidur lelap, maka si pencuri akan menggarong seisi rumah sampai habis. Beberapa paranormal mengatakan ilmu ini dibaca di depan rumah calon si korban seraya menginjakkan kaki 3 kali ke tanah serta melempar segenggam tanah dari kuburan ke atap rumah.

Bahkan pencuri terkadang menebarkan segenggam tanah kuburan yang diberi mantra aji begananda lalu ditaburkan di pintu masuk desa, sehingga orang sekampung akan merinding ketakutan dan tidak berani/ enggan untuk keluar rumah.

aji-begananda-2

Menurut para spiritualis atau orang-orang yang bergelut di dunia ilmu gaib, aji sirep begananda didukung oleh sekelompok makhluk halus penghuni kahyangan. Mereka akan dimintai bantuan untuk menidurkan orang sekampung yang berada dalam wilayah bawah kayangan tersebut. Karenanya pada saat mengucap mantra (matek aji), si pemilik aji begananda ini akan menengadahkan kepalanya ke langit sebelum ia menghentakkan kakinya 3 kali ke tanah sambil menahan nafas.

Meskipun aji sirep begananda ini dikenal ampuh, namun ada juga ilmu penolaknya, yaitu aji dipa yang berfungsi sebagai penolak aji begananda. Dua ilmu kesaktian ini akan bertemu jika si pencuri beraksi di desa yang di dalamya terdapat warga yang menguasai aji dipa. Maka aji begananda akan kehilangan kekuatannya sehingga tidak mampu lagi menidurkan orang sama sekali, bahkan si pencuri tersebut akan tertidur sendiri karena terkena serangan balik dari aji dipa.

Jangan lupa simak juga Mengenal Ilmu Lintrik (Aji Pelet Pengasihan Khas Jawa).

Bagikan:
11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.