Mengelola Blog WordPress Penuh Tantangan dan Pembelajaran

Halo sahabat blogger setia blog juragan cipir… kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang perihal mengelola website berplatform wordpress self hosting. Yaitu tentang banyaknya tantangan-tantangan serta pelajaran-pelajaran baru yang suatu saat akan hadir menyapa anda. Semakin besar website yang anda kelola maka akan semakin besar pula tantangan dan pelajaran yang harus anda hadapi.

Pelajaran-pelajaran baru tersebut nantinya akan anda dapat setelah anda meemukan “masalah-masalah baru” pada blog wordpress anda. Pelajaran wordpress itu tidak akan pernah habis selama anda mengelola blog. Mungkin buku setebal bantal tidak akan cukup untuk mencatat semua pelajaran yang ada di wordpress.

belajar-wordpress

Sejak blog juragan cipir ini berpindah ke wordpress, saya terus-menerus dihadapkan dengan masalah-masalah baru yang datang silih berganti. Namun dengan masalah-masalah tersebut maka saya banyak mendapatkan pelajaran baru yang sebelumnya saya tidak pernah tahu. Dampak positifnya kita akan memuat ilmu kita semakin bertambah.

Ketika ada masalah baru, saya mencari jawabannya di google. Semua masalah ada solusinya di google. Saya menemukan banyak jawaban yang diposting oleh para master. Akhirnya saya menyadari bahwa ternyata saya ini masih jauh dari mengerti bagaimana cara mengelola blog. Ternyata selama ini saya hanya “sedikit” mengerti saja.

Dan semakin dalam saya mempelajari dunia wordpress maka akan semakin sadar betapa bodohnya diri saya selama ini. Maka sedikit demi sedikit ilmu kita akan bertambah, namun bukan berarti akan membuat kita menjadi pintar. Karena ilmu itu tidak ada habisnya, maka kita tidak akan bisa memiliki apa yang namanya pintar. Kecuali kita hanya akan mendapatkan pengetahuan yang terus bertambah sedikit demi sedikit saja.

Intinya, pelajaran wordpress itu tidak akan pernah ada habisnya. Semakin hari semakin bertambah pelajaran-pelajaran wordpress baru yang mau tidak mau harus kita ikuti, terutama ketika kita sedang menemukan masalah baru pada blog wordprtess kita. Blog kita akan memaksa diri kita untuk terus belajar.

Sekian curhat blogger saya buat teman-teman. Terima kasih telah sudi mendengar curhat saya dan semoga sukses buat teman-teman semuanya, amin. Jangan lupa simak juga masalah baru dan sekaligus pelajaran baru yang recently menimpa saya, yaitu Cara Mengatasi Fatal error: Out of memory (allocated… di Blog WordPress.

Bagikan:
12 Comments
  1. Misterius

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.