Mengelola Blog Ibarat Memelihara Seekor Anak Sapi

Mengelola blog itu ibarat kita memelihara seekor anak sapi mulai dari kecil hingga dewasa. Ketika kita membeli seekor anak sapi masih kecil (orang jawa menyebutnya embeng), embeng tersebut makanannya hanya sedikit saja. Mungkin kita cukup memberinya sedikit rumput maka embeng sudah kenyang.

Semakin besar maka embeng semakin butuh banyak makanan. Dan setelah dewasa atau disebut sapi dewasa, maka ia perlu makanan yang sangat banyak. Bahkan ia harus makan selama sehari semalam yang tentunya membuat si pemilik sapi terasa berat memeliharanya.

mengelola-blog-memelihara-sapi

Tapi meskipun berat memeliharanya, pemilik sapi tetap saja senang meskipun tugasnya kini semakin berat. Karena sapi tersebut akan semakin mahal harganya, dan belum lagi manfaat lain dari sapi, misalnya untuk membajak ladang dan sawah. Atau juga untuk diambil susunya.

Mengelola blog juga begitu. Ketika blog masih kecil kita bisa santai-santai menulis artikel sesempatnya saja. Setelah trafik mulai ramai kita mulai harus rutin memberi makan artikel setiap hari agar trafik tidak turun dan semakin membesar. Dan setelah blog menjadi besar, maka update satu artikel perhari tidaklah cukup untuk mempertahankan trafik blog, apalagi meningkatkan.

Belum lagi untuk melawan kompetisi di mesin pencari yang membuat tugas si empunya blog semakin berat saja. Sehingga dibutuhkan artikel sebanyak-banyaknya agar pertumbuhan blog terus membubung tinggi. Sampai-sampai banyak blogger yang kurang tidur gara-gara ngeblog. Simak juga Banyak Blogger Ternyata Tidak Pernah Tidur Siang Malam.

Namun meskipun tugasnya semakin berat, para blogger sepertinya tidak mempedulikannya. Mereka merasa enjoy saja meskipun setiap hari dituntut harus update banyak artikel. Karena blog yang telah menjadi besar tentunya juga akan memberikan hasil yang besar pula dalam hal penghasilan atau income, jika kita menggunakan blog tersebut sebagai lapak untuk mencari uang.

Jika update artikelnya terlalu sedikit seperti ketika blog nya masih baru seperti dulu, maka blog akan lesu sehingga trafik akan terjun bebas. Sama seperti seekor sapi dewasa yang diberi makan dengan porsi embeng. Akan lesu dan kekuatan semakin menurun sehingga tidak bisa bekerja optimal.

Semoga renungan tentang mengelola blog ini bermanfaat buat teman-teman semua. Jangan lupa simak juga Tips Mengelola Website Adsense Bersama Dua Orang Pemilik Agar Cepat Sukses.

Bagikan:
38 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.