Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tampil di Blog

Apa kabar teman-teman setia blog juragan cipir. Setelah sekian tahun tidak menulis artikel tentang adsense, kini saya coba menulis lagi di blog kesayangan kita ini.

Earning Opportunity

Adsense memberikan peluang kepada para blogger untuk mendapatkan pundi-pundi dollar hanya dengan modal menulis di blog. Dan ini merupakan salah satu bagian dari bisnis online tanpa modal paling populer di dunia.

Lebih dari dua juta publisher adsense all over the world menyerahkan nafkah kepada keluarganya setiap bulan dari hasil kerja menulis di blog. Jutaan freelancer kebanjiran order dari para pemilik website berbasis adsense. Sebagai sumber utama penghasilan google, adsense menjadikan Sergey Brin orang terkaya di planet bumi.

Jimmy Frater menghadiahan 100 USD per artikel kepada pembacanya yang mau mengisi konten menarik dan berkualitas di ListVerse, website miliknya, dan biarlah uang yang bekerja untuk dia. Jutawan-jutawan baru terus bermunculan di dunia blogger. Anda adalah salah satu calon jutawan adsense berikutnya jika bisa menemukan kunci rahasia seperti mereka..

Jutaan pebisnis online menemukan customer nya melalui google ads, menyatukan seluruh pengguna internet ke dalam komunitas online dengan ekosistem berkesinambungan yang saling bekerjasama dan menguntungkan satu sama lain..

Perubahan Adsense

Google Adsense kini terus menerus melakukan perubahan dengan menyempurnakan fitur-fitur barunya maupun perubahan-perubahan lain yang meliputi segala hal terkait produk adsense, seperti perubahan unit iklan, perubahan aturan kebijakan, pengurangan dan penambahan fitur, dan lain sebagainya.

Opsi-opsi pilihan pada unit iklan maupun fitur-fitur adsense yang dulu, kini sudah tidak sama lagi dengan yang sekarang. Dulu kita bisa memilih dan menyetel iklan teks dan multimedia, merubah warna iklan teks dan warna latar, merubah font huruf, dll, kini opsi itu tidak ada lagi dan digantikan iklan default buatan google serta diberikan opsi-opsi tambahan baru.

Fitur adsense for feed dan adsense for domain yang dulu dihilangkan, kini dikembalikan lagi. Sedangkan untuk unit link dihilangkan hingga kini, namun digantikan dengan fitur link belanja adsense.

Fitur penambahan situs (otorisasi situs) pada akun adsense (domain dan sub domain) kini juga dirubah. Sub domain dihilangkan kecuali blogger,com dan sub domain mitra google. Jika hari ini anda memiliki blog dari sub domain, maka itu tidak bisa lagi digunakan menayangkan iklan adsense. Hanya domain TLD saja serta sub domain blogspot atau sub domain lain yang bermitra dengan google saja yang dijinkan.

Dan masih banyak lagi perubahan demi perubahan lainnya sejak produk adsense diluncurkan sejak lebih dari 10 tahun lalu.

Semua perubahan di atas hanyalah perubahan yang terlihat oleh mata kita. Sedangkan perubahan-perubahan lain yang tak terlihat oleh mata kita sangatlah banyak, dan semua itu menjadi bagian rahasia dalam sistem deteksi eksklusif google yang dijalankan oleh robot perayap adsense. Google dulu mendeteksi perilaku pengguna dengan cursor. Kemudian setelah produk gadget menjajah internet, maka gerakan touch screen tangan pengguna juga dijadikan sebagai sensor untuk mengetahui perilaku pengguna.

Bahkan kini, deteksi sensor mata mungkin saja memberikan informasi tersendiri bagi sistem deteksi eksklusif google. Jika anda mengklik iklan sendiri maka google akan tahu dengan pasti meskipun anda menggunakan komputer lain atau ponsel lain. Sensor mata dan sidik jari yang menempel di ponsel akan menjadi bukti kuat bahwa itu adalah milik anda. Namun ini hanyalah opini saya sendiri, hanya google dan tuhan yang tahu.

READ  Asyiknya Diterima Google Adsense

Algoritma Google Panda

Pasti anda masih ingat dengan algoritma Panda yang tugasnya mendepak konten sampah dari serp google, Google panda akan memilah konten kadaluwarsa alias sampah dengan konten baru yang masih fresh atau dianggap belum expired,. Seperti yang dijelaskan oleh Google di halaman adsense bantuan, bahwa perayap adsense akan selalu bekerjasama dengan perayap mesin pencari dalam menentukan serta memutuskan bagaimana iklan adsense tampil.

Seperti kita tahu, perayap mesin pencari selalu dikawal dengan robot-robot jagoan seperti hummingbird, gideon, panda, pagerank, dan robot-robot lainnya. Mereka semua itu hingga hari ini masih ada dan bahkan lebih sempurna, akan melapor kepada robot adsense jika menemukan website yang melanggar kebijakan google.

Disitulah si panda akan melaporkan kepada robot adsense ketika ia hendak menampilkan iklan di konten sampah. Maka iklan adsense tidak akan bisa tampil di konten sampah pada masa sekarang ini guys. Oya, jangan samakan iklan adsense sekarang dengan iklan adsense zaman dulu ya guys.

Pada zaman dahulu kala iklan adsense bisa tampil di konten sampah atau dimana saja, bahkan postingan tanpa konten pun ia bisa tampil. Bahkan di blog orang lain terkadang iklan kita tampil disana, lalu google memberitahu kita agar segera mengotorisasi situs tersebut agar tidak hilang pendapatan. Lha wong blognya orang lain kok kita disuruh mengotorisasi 😀

Tapi sekarang ini, iklan adsense tak seceroboh itu guys. Bahkan situs baru yang hendak ditambahkan ke akun adsense harus direview terlebih dulu selayaknya mendaftar adsense.

Dampak iklan tidak tayang

  • Pendapatan adsense saya menurun?
  • Tidak ada klik iklan?
  • CTR rendah di bawah 1% atau bahkan 0% ?
  • Iklan tidak tampil di blog?

Pertanyaan di atas akan mengarahkan kita ke inti pembahasan. Pada era sekarang ini, pendapatan menurun itu 80% disebabkan oleh pertanyaan yang paling bawah, yaitu iklan tidak tampil di blog. Jika tidak ada iklan tampil di blog, dari mana publisher dapat uang?

Jika postingan anda jumlahnya ribuan atau bahkan jutaan, mungkinkah anda bisa memeriksa semua postingan anda satu persatu apakah semuanya menampilkan iklan atau tidak. Tentu tidak mungkin. Perlu kita tahu, postingan yang berumur terlalu lama akan memiliki kemampuan rendah untuk menampilkan iklan adsense, bahkan terkadang iklan tidak tampil sama sekali. Jika blog anda berumur lama, bisa jadi kurang dari 50% postingan yang bisa tampil iklannya.

Postingan-postingan yang tidak bisa menampikan iklan tersebut bisa jadi karena telah dilaporkan sebagai sampah oleh si panda, atau bisa juga ada kesalahan-kesalahan lain.

Cara mengetahui iklan tidak tampil

Buka akun adsense anda lalu perhatikan perbandingan antara Jumlah Kunjungan Laman dan Jumlah Tayangan iklan. Jumlah tayangan iklan ini seharusnya lebih banyak daripada jumlah kunjungan laman. Jika satu kunjungan laman menampilkan empat atau lima iklan, maka 1000 kunjungan laman akan memberikan 4000 hingga 5000 tayagan iklan, dan pendapatan anda akan besar dari pageview. Tidak harus mengandalkan klik jika trafik blog ana besar.

Tapi jika kunjungan laman dan tayangan iklan sama, atau bahkan tayangan iklan lebih sedikit daripada kunjungan laman, maka saya yakin banyak postingan anda yang tidak menampilkan iklan dengan berbagai macam penyebab.

Penyebab teknis iklan tidak tampil

1. Kode ads.txt tidak terpasang dengan benar atau rusak

JIka anda memasang kode ads.txt menggunakan plugin wordpress dan plugin tersebut sudah tidak kompatibel lagi dengan wordpress terbaru karena tidak diupdate oleh si empunya, maka kode ads.txt akan rusak alias tidak berfungsi sehingga sebagian besar iklan tidak tampil. Maka anda harus memperbaruinya lagi. Pemasangan ads.txt yang benar dan permanen adalah melalui file manager di panel hosting. 

READ  Cara Pasang Iklan Adsense Ditengah Artikel Postingan

Ads.txt yang pernah rusak atau terlambat memasang akan membuat iklan tidak tampil di sebagian besar postingan anda. Jika anda pernah melihat peringatan warna merah terlalu lama di akun adsense tentang ads.txt, maka saya yakin hari ini banyak postingan anda yang tidak menampilkan iklan. Karena sudah terlambat.

Bahkan hari ini jika ads.txt anda tidak berfungsi, google tidak akan menampilkan peringatan lagi. Iklan tidak tampil di sebagian besar postingan anda, itu saja konsekuensinya. Segeralah periksa ads.txt blog anda anda sekarang juga dengan membuka https://bloganda.com/ads.txt

2. Lama tidak update artikel

Terlalu lama tidak update artikel juga akan mengakibatkan blog anda dianggap sampah oleh adsense sehingga iklan tidak tampil di sebagian besar postingan. Hal ini juga berlaku di youtube. Terlalu lama tidak upload video juga akan mengakibatkan iklan tidak tampil. Ini mungkin disebabkan karena jumlah tayangan perhari/bulan dibawah kriteria yang ditetapkan adsense, atau dianggap sampah. Karena google saat ini sibuk meningkatkan standar kualitas periklanannya. Barang siapa keluar dari kriteria maka ditendang aja ke tempat sampah hiks 😀

3. Lama tidak memasang iklan adsense

Jika lebih dari 4 bulan blog anda tidak memasang kode iklan adsense maka iklan tidak tampil dan blog anda harus ditinjau ulang. Ini terjadi pada blog juragan cipir. Google memberi peringatan pada akun adsense saya bahwa paling lambat tgl 23 februari kode iklan harus dipasang di blog ini. Jika tidak, maka blog JC harus ditinjau ulang.

Saya memasang kode iklan sebulan setelahnya, dan itu artinya terlambat sebulan setelah peringatan terakhir dari google. Lalu saya ajukan peninjauan ulang dan besoknya disetujui.

Namun, iklan adsense hanya tampil di postingan terbaru saja. Sedangkan di ribuan postingan lama iklan tidak tampil secara permanen.

Setelah saya periksa mendalam ternyata kode ads.txt tidak bekerja karena plugin wordpress telah usang. Lalu saya menginstal file ads.txt langsung di public.html cpanel. Hasilnya, tetap saja iklan adsense tidak tampil di postingan lama.

Memperbarui konten sampah

Lalu saya teringat algoritma panda tentang cara memperbaiki konten sampah, yaitu dengan cara mengupdate ulang konten sampah. Konten yang sudah kadaluwarsa perlu diedit lagi dengan menambahi beberapa kalimat lalu dipublish. Lalu saya coba dan berhasil. Iklan langsung tampil di konten lama yang saya update. Sedangkan konten lama lainnya yang tidak diupdate, iklan tetap tidak tampil.

Akhirnya saya mengupdate semua konten lama satu persatu dan berhasil tampil iklannya paska diupdate. Tapi karena terlalu banyak postingan lama, maka saya hanya menambahkan satu kata saja per konten, lalu dipublish. Dan iklan langsung tampil. Lalu saya coba lagi di postingan lama lainnya hanya dengan menambahkan satu titik, lalu dipublish. Iklan langsung tampil juga.

Kesimpulan

Ternyata hanya cukup menambahkan satu tanda titik saja pada postingan sampah, lalu dipublish, maka postingan akan dianggap konten segar oleh google. Dan iklan adsense akan langsung tampil. Begitu rahasianya teman-teman.

Bagaimana update massal ?

Sekarang pertanyaannnya, bagaimana cara memperbarui ribuan postingan sampah hanya dengan sekali update? itulah yang sedang saya cari saat ini. Mungkin perlu diciptakan plugin wordpress yang bisa menambahkan satu titik ke ribuan postingan hanya dengan sekali klik. Semoga teman-teman ada yang bisa menciptakannya dan tolong kabari saya yaah. 

Terima kasih, sekian dulu informasi murahan dari blog juragan cipir. Semoga sukses buat teman-teman semua dengan blog dan adsensenya masing2, amin.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati