Mengapa Sapi Suka Makan Garam?

Halo juragan… Sapi sehat perlu mengkonsumsi natrium klorida (nacl) atau garam yang juga disertai penambahan mineral lain. Garam mineral termasuk di dalam diet ternak ini karena memiliki zat penting untuk kontraksi otot, berfungsinya sistem syaraf pusat, pembentukan tulang dan pemeliharaan keseimbangan fungsi fisiologis utama. Jadi garam adalah salah satu bagian dari makanan sapi.

www.saawinternational.org

Beberapa orang menganggap sapi dan kerbau suka makan garam yang banyak. Namun anggapan ini keliru. Hewan-hewan ini hanya perlu makan 60 gram garam perhari.

Jarang orang menyadari bahwa sapi adalah binatang besar dengan berat 4 kali lipat tubuh manusia rata-rata. Pada zaman sekarang manusia makan garam sekitar 12 gram perhari, dan jika dikalikan 4 hanya 48 gram. Artinya, secara proporsional sapi memakan natrium klorida sama dengan jatah untuk 4 orang manusia, bahkan lebih.

Tapi bagaimana dengan sapi yang hidup di alam liar, sementara di hutan tidak ada garam? Dari mana sapi mendapatkan gizi natrium klorida yang begitu penting bagi kesehatan tubuh mereka?

Nah, ternyata beberapa sayuran di alam liar kaya akan garam. Selain itu, tanah yang ikut termakan bersama akar rumput yang tercabut mengandung garam yang dihasilkan oleh para organisme.

Selain sapi, ternyata hewan gajah juga perlu makan garam agar tetap sehat. Seperti gajah afrika, mereka mengkonsumsi sekitar 20 kg garam perhari. Gajah-gajah yang hidup di afrika timur mengunjungi gua garam secara berkala untuk memenuhi kebutuhan garam bagi tubuh mereka. Ya… Alam telah menyediakan segalanya bagi kepentingan semua makhluk hidup.

Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.