Mengapa Sapi Selalu Mengunyah Siang Dan Malam?

Halo juragan… Tahukah anda mengapa sapi-sapi selalu mengunyah siang dan malam? Ternyata tidak hanya sapi saja, tetapi kerbau, rusa, unta, jerapah, llama, dan hewan-hewan sejenisnya juga suka mengunyah. Hewan-hewan seperti ini memiliki sistem pencernaan ruminansia atau disebut hewan memamah biak.

diariodebiologia.com

Hewan ruminansia memiliki lambung yang terdiri atas 4 bagian, yaitu rumen (perut besar), retikulum (perut jala), omasum (perut kitab), dan abomasum (perut masam), dan ukurannya juga bervariasi sesuai dengan usia dan makanan alamiah mereka. Pada hewan sapi memiliki lambung sangat besar yang diperkirakan mencapai sekitar 3/4 dari isi rongga perut.

biologimediacentre.com

Lambung ini memiliki peranan penting untuk menyimpan cadangan makanan sementara yang nantinya akan dimamah kembali  untuk kedua kalinya. Karena hewan-hewan rumaninsia sering menelan rumput tanpa dikunyah. Setelah rumput kasar masuk ke dalam lambung maka akan dilakukan proses peragian (fermentasi) dan pembusukan makanan pada lambung.

Setelah itu, hewan ruminansia akan mengeluarkan sedikit makanan yang ada di lambung ke dalam mulutnya untuk dikunyah, dan kemudian ditelan lagi hingga masuk ke dalam lambung secara permanen. Kegiatan memamah ini dilakukan secara terus menerus siang dan malam. Dan inilah yang membuat sapi selalu mengunyah siang dan malam.

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.