Mengapa Iklan Adsense Yang Tampil Selalu Itu Saja?

Halo juragan… Mungkin anda pernah mengalami atau sedang mengalami bahwa iklan adsense yang muncul di blog anda selalu iklan itu-itu saja. Artinya iklan tersebut tidak pernah berganti, melainkan hanya beberapa iklan tetap saja yang selalu anda lihat. Sedangkan iklan selain itu tidak pernah anda lihat tampil di blog anda.

Saya pernah melihat sebuah komentar di blog lain yang menanyakan seperti ini, “gan, kenapa iklan di blog saya yang muncul hanya iklan facebook mulu?”. Lalu kita biasanya menganggap bahwa iklan tersebut tidak relevan dengan blog kita.

Berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya iklan-iklan tersebut sudah relevan. Hanya saja iklan tersebut relevan terhadap situasi pengguna, bukan relevan dengan isi konten seperti yang anda mau. Apa sebabnya?

Google menentukan iklan yang tampil di blog anda dengan beberapa faktor;

1. Iklan berdasarkan angka mutu
Iklan ini akan tampil sesuai dengan kondisi atau minat pengguna. Jika anda sering mengunjungi facebook, maka google akan menampilkan iklan facebook di depan anda. Tetapi bagi pengguna lain tentunya tidak sama. Jika mereka sering mengunjungi situs game, maka google akan menampilkan iklan game di hadapan mereka.

Jadi iklan yang anda lihat di blog anda tidak sama seperti yang pengguna lihat. Karena angka mutu didasarkan pada perilaku atau kebiasaan pengguna, dengan asumsi bahwa iklan tersebut lebih mungkin untuk di-klik oleh pengguna.

2. Iklan berdasarkan kata kunci 
Google akan menyajikan iklan yang relevan dengan kata kunci yang ditulis oleh pengguna di halaman penelusuran. Dengan asumsi bahwa pengguna sedang mencari informasi yang terkait dengan kata kunci yang mereka tulis. Sehingga iklan akan relevan dengan jawaban yang dicari oleh pengguna.

3. Iklan berdasarkan konten
Google akan menentukan iklan yang tampil berdasarkan jenis konten di blog anda. Jika konten anda membahas masalah pariwisata, maka google akan menampilkan iklan travel, hotel, dan sejenisnya yang terkait dengan pariwisata.

4. Iklan berdasarkan demografi
Google akan menampilkan iklan sesuai dengan lokasi pengguna. Misalnya, negara, wilayah, IP adress, dan sebagainya. Jadi iklan yang anda lihat di blog anda tidak sama dengan iklan yang di lihat oleh pengguna blog anda yang rumahnya di Australia, Jepang dan Afrika.

5. Iklan berdasarkan penargetan penempatan
Pengiklan secara khusus telah memilih laman anda untuk menargetkan iklannya melalui saluran khusus (custom chanel) yang anda buat. Dengan asumsi bahwa konten anda sangat cocok dengan produk milik pengiklan. Sehingga google akan menempatkan iklan bertarget penempatan tersebut di situs anda.

* Lalu, bagaimana cara menghilangkan iklan yang membosankan agar tidak tampil di laman anda?

Caranya adalah dengan mencekal iklan tersebut;

1. Anda bisa mencekal iklan berdasarkan url pengiklan melalui di pusat peninjauan iklan. Namun jangan sampai anda meng-klik iklan tersebut untuk melihat url-nya. Karena hal itu melanggar kebijakan program adsense. Jadi pelajari dulu cara mencekal iklan yang terdapat halaman di adsense bantuan.

2. Anda bisa mencekal iklan tersebut secara visual melalui pusat peninjauan iklan. Carilah iklan yang tidak anda sukai beserta iklan terkait lainnya, lalu klik cekal.

3. Anda juga bisa mencekal iklan tersebut melalui opsi-opsi pencekalan lainnya yang tersedia di akun adsense. Namun usahakan jangan terlalu banyak mencekal iklan, karena hal itu berpotensi menurunkan penghasilan/pendapatan/earning adsense anda.

Selain itu, pengiklan yang pernah anda cekal mungkin tidak akan menargetkan iklannya lagi ke situs anda di masa depan, sehingga mengurangi nilai kompetisi lelang iklan di situs anda.

Sebaiknya cara mencekal iklan adalah dilakukan satu persatu sesuai dengan tampilan yang secara visual telah anda lihat. Jangan mencekal iklan yang belum pernah anda lihat, misalnya mencekal iklan dengan cara masal mengikuti daftar hpk/cpc rendah. Hal itu disebut ikut-ikutan saja tanpa melihat dampak buruk bagi pendapatan adsense anda sendiri.

Begitulah. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Meningkatkan Jumlah Klik Syah Iklan Adsense.

Bagikan:
42 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.