Mengapa Hewan Gajah Telinganya Lebar?

Halo juragan… Tahukah anda, mengapa binatang gajah memiliki telinga lebar? Jawabannya sederhana, karena telinga gajah berfungsi sebagai alat pendingin. Gajah adalah hewan darat terbesar di bumi yang telah berevolusi sejak jutaan tahun yang lalu. Dengan tubuh yang besar, maka gajah memiliki suhu panas tubuh yang tinggi, jauh dari suhu panan tubuh manusia.

Karena gajah merupakan binatang besar yang hidup di daerah beriklim tropis seperti asia dan afrika, maka gajah perlu alat yang efektif untuk mereda kelebihan suhu panas di tubuh mereka.

www.junglewalk.com

Teilnga gajah memiliki struktur saluran irigasi yang terdiri dari pembuluh darah yang banyak sekali dan kemudian membentuk jaringan dimana darah terus mengalir sepanjang waktu. Dan karena telinga gajah ini sangat tipis, maka pembuluh darah muncul di permukaan kulit telinga dan tertiup udara luar yang dingin.

Ketika suhu darah di dalam tubuh gajah sedang tinggi melebihi suhu udara di luar, panas akan menghilang di telinga. Darah panas di tubuh gajah akan mengalir ke telinga dengan sirkulasi yang silih berganti sehingga akhirnya menurunkan suhu panas di tubuh gajah.

READ  Berkunjung ke Alun-alun Kota Batu di Malang Jawa Timur

Sebenarnya ini merupakan proses sirkulasi pertukaran suhu di tubuh gajah, di mana aliran darah yang bersuhu tinggi akan mengalir mengantikan darah yang bersuhu rendah yang ada di telinga gajah. Dan jika hal itu terjadi terus menerus maka suhu panas di dalam tubuh gajah akan stabil sesuai dengan kebutuhan suhu normal di tubuh gajah.

Ketika suhu udara di luar juga panas, gajah-gajah ini menemukan cara untuk menyedot suhu dingin dengan bergulir dilumpur dan menyemprotkan air kepada dirinya sendiri menggunakan belalainya. Hal ini untuk memastikan agar suhu tubuh cepat turun. Selain itu gajah juga mengipas-ngipaskan telinga dengan maksud mempercepat transfer darah panas di dalam tubuh menuju ke telinga. Telinga yang dingin akan membuat sirkulasi darah di tubuh gajah cepat mendingin.

Tahukah Anda?

1. Gajah hamil berlangsung selama 22 bulan.
2. Bayi gajah yang baru lahir bisa seberat tubuh manusia dewasa.
3. Lebar telinga gajah bisa mencapai setengah dari tinggi hajah itu sendiri.
4. Seekor gajah dewasa bisa minum hingga 30 liter air sekaligus! Dalam satu hari gajah dapat mengkonsumsi hingga 100 liter air. Wow!

READ  Phallostethus Cuulong, Ikan Dengan Pembuahan di Dalam
diariodebiologia.com

Mengapa telinga gajah asia lebih kecil daripada gajah afrika? Karena suhu panas di pulau sumatera tidak sepanas suhu udara di afrika.

Telinga gajah yang lebar sangat membantu untuk mendinginkan suhu tubuh. Gajah sumatra memiliki telinga tidak selebar gajah afrika, karena suhu panas di pulau sumatera tidak sepanas suhu udara di afrika. Ya… Alam telah merancang kontruksi hewan sesuai dengan habitat mereka masing-masing.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

19 komentar

    1. yang penting teta bersyukur yah, punya kelebihan masing2 🙂

    2. semua diberi kelebihan sendiri2 ya mas 🙂 makasih pertamaxnya 😀

      1. bener mbak,, punya kelebihan dan kekurangan masing2 🙂

  1. selamat malam… saya baru Tahu kalau ternyata Telinga Gajah yang lebar itu berfungsi sebagai Alat Pendingin… terimakasih sudah menambah Ilmu saya…

    1. met malem juga mas hayardin, makasih juga dah berkunjung 🙂 ternyata telinga gajah bukan hanya sebagai cerobong penangkap suara aja ya mas, hehehe 😀

  2. Allah itu menciptakan makhluknya dengan sangat-sangat baik dan sesuai<br />:)

  3. Luar biasa, ya? Desain menajubkan dari Sang Pencipta

  4. Jadi gitu toh….<br />hamilnya lama juga ya ampe 22 bulan 🙂

  5. luarbiasa yah,dan apa yang dikatakan tadi memang masuk akal,&quot;Kenapa gajah Asia telinganya lebih kecil dibandingkan dengan gajah Afrika&quot;yah pasti karena Sumatera tidak sepanas Afrika.yup nice post mbak Indri……

    1. mas Onqi@ Allah maha pintar ya mas, mahkluk bisa sesuai dgn alamnya masing2 :)<br /><br />mas Ione nasition@ karya sang pencipta hebat ya mas ;)<br /><br />mas Dede@ makasih apresiasinya mas, sumatera memang gak panas jadi gajah gak pelu telinga lebar banget :D<br /><br />

  6. memang sudah pasti ada kegunaan nya jika ALLAH menciptakan sesuatu 🙂

  7. Wah.. lama ga mampir, sekali sekali mampir ke blog mba Indri saya sampai buka 14 halaman.. isinya makin menarik dan bikin penasaran saja.. :D<br />Mantab mba, tetap terus berbagi 😀

  8. judul postnya kok kayak kuis ya mbk hehe.. kuis siapa tahu 😀

  9. untuk mendinginkan suhu tubuh biasanya gajah juga suka menyemprotkan debu ke punggungnya mb.. ga cuma air.. 🙂

    1. mas sopyan@ benar mas, Allah maha tahu segalanya ;)<br /><br />mas Hari FDay@ makasih telah berkunjung mas, salam sukses aja ya :)<br /><br />mas harun@ hehehe tahu aja nich mas Harun kalau judulnya emang mirip kuiz 😀 ;)<br /><br />mas irpan@ hehehe benar mas, makasih tambahannya tadi saya lupa gak saya ikutkan tuh debu :D<br /><br />

  10. malam ka indri.. saya mau tanya apa fungsi dari telinga gajah untuk manusia.contoh ular kulitnya bermanfaat untuk membuat tas dsb.

    trimakasih

    1. salah satunya untuk hiasan atau cindera mata jika diawetkan hehe 😀

      mungkin ada juga fungsi lain utk pengobatan, tapi saya tdk tahu 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *