Mengapa Gambar di Blog Anda Hilang? Begini Cara Mengembalikannya

Halo juragan… Mulai tadi malam banyak sekali gambar-gambar postingan di blog ini yang hilang secara misterius. Jika saya biarkan saja maka semuanya akan hilang dan tidak akan ada satupun gambar di blog ini. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Penyebabnya banyak sekali. Gambar hilang secara tiba-tiba bisa saja terjadi di blog anda sewaktu-waktu. Bukan hanya konten copy paste saja, konten yang orisinil-pun juga bisa gambarnya menghilang. Gambar yang hilang dari postingan blog akan tampak seperti di bawah ini.

Penyebab gambar di postingan blog hilang adalah:

1. Jika gambar di postingan anda hasil copy paste secara langsung dari blog lain (salin dan tempel), maka gambar di postingan blog anda akan hilang jika si pemilik konten aslinya menghapus gambar tersebut di album picasa mereka.

2. Meskipun konten anda full orisinil, gambar di postingan blog anda bisa hilang jika anda menghapus gambar di album picassa maupun anda menghapus album picassa secara keseluruhan.

3. Meskipun konten anda orisinil, gambar di postingan blog anda akan hilang jika anda menghilangkan profil Publik di album picassa. Biasanya hal ini terjadi tanpa sengaja saat anda mengutak-atik settingan album foto di Google+.

* Kasus nomor 3 ini yang sekarang terjadi di blog ini dan saya sudah mengalami hal seperti ini sebanyak 3 kali di blog Juragan Cipir ini. Saya menghilangkan profil “Publik” dengan cara memutuskan “Tautan berbagi” di album picassa dengan tujuan untuk memperingkas album foto di google+. Tapi ternyata berdampak buruk terhadap blog saya, yaitu gambar di postingan hilang semua.

Agar gambar bisa tampil lagi di postingan blog, maka kita harus menyetel album foto di google plus agar terlihat oleh “Publik” dan membuat “Tautan berbagi” lagi.

Caranya:

1. Buka Album Foto anda di google+, lalu temukan album foto yang terkait dengan blog anda.

2. Berikutnya silakan disetel album anda untuk membuat tautan baru dan menyetel profil publik. Cari setelan album lalu pilih profil Publik, lalu klik Bagikan melalui tautan, dan terakhir klik Simpan. Lihat gambar di bawah ini.

3. Kemudian silakan anda lihat hasilnya sambil tersenyum lebar, karena gambar anda kini sudah kembali tampil semua di postingan blog.

( i) Jadi pastikan gambar di album foto (picassa) terlihat oleh publik. Contohnya lihat gambar di bawah ini

Catatan:

Ini hanya sering terjadi jika anda menggunakan profil google plus, karena biasanya tanpa sengaja anda mengutak-atik setelan/settingan album foto. Tapi jika anda menggunakan profil blogger, maka kasus ini jarang terjadi karena anda tidak mungkin utak-atik setelan album picassa yang tempatnya sangat jauh sekali dari blog anda.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Menghapus Gambar di Internet Secara Permanen.

Bagikan:
42 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.