Mengapa Detik.Com Menyukai Iklan Skyscraper di Postingan?

Halo juragan… Kita tahu semua bahwa detik.com adalah salah satu portal berita terbesar di Indonesia yang menjadi tujuan pembaca berita. Banyak netter membookmark situs ini. Wajar saja karena detik com terus menerus menyajikan berita terhangat dan teraktual.

Namun ada beberapa netter yang mengeluh katanya detik terlalu banyak iklan. Disisi lain, banyak blogger yang menyukai detik karena tampilannya bagus dan rapi, meskipun dipenuhi iklan tetapi iklan-iklan tersebut tidak mengganggu pengguna.

Nah, sekarang saya ingin membahas salah satu iklan di detik.com yang sangat menarik perhatian saya sejak lama. Iklan apa itu? Yaitu iklan Google Adsense unit skyscraper atau iklan ukuran 160×600 yang terpasang di samping artikel postingan. Tampilannya seperti di bawah ini.

Apa pendapat saya tentang iklan di postingan ala detik com?

Sangat bagus! Hanya situs detik com saja yang memasang iklan dengan gaya seperti itu sejauh penjelajahan dunia maya. Sedangkan situs lain biasanya memasang unit skyscraper di sidebar. Saya sudah sejak lama mencari informasi bagaimana cara memasang unit iklan ala detik com di blogger. Namun sayangnya sejauh saya browsing ke mana-mana dan bahkan sampai ke situs luar negeri-pun tetapi saya tidak pernah menemukan tutorial tentang cara memasang iklan pilar lebar 160×600 di postingan blogger. Untuk wordpress hal ini bukan masalah karena banyak plugin adsense yang memiliki setelan penempatan iklan bervariasi.

Saya sendiri sudah mencoba berbagai cara agar bisa memasang iklan skyscraper di postingan seperti detik, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pada beberapa halaman postingan tampilan iklannya bagus dan benar-benar mirip iklan di detik, namun pada beberapa postingan lainnya iklannya mendorong gambar ke arah bawah sehingga tampilannya jelek karena ada ruang kosong di atas gambar.

Mengapa saya tertarik ingin memasang skyscraper di postingan?

Berdasarkan pengalaman saya, penempatan seperti itu sangat efektif untuk mengoptimalkan pendapatan adsense. Saya pernah mencoba penempatan iklan seperti itu dan bisa mendapatkan earning syah 3 kali lipat dari biasanya. Tapi karena tampilan di beberapa postingan lainnya tidak apik, maka saya melepas lagi iklan skyscraper di samping postingan. Tujuannya adalah agar pembaca blog saya merasa nyaman dengan tampilan yang rapi.

Tapi seandainya saya adalah seorang ahli web design, maka sudah pasti saya akan merancang sebuah template responsive yang bisa menampilkan iklan seperti detik com. Karena saya tahu bahwa penempatan unit skyscraper seperti di detik com sangat potensial untuk mendulang dollar dari adsense. Kabarnya detik com bisa meraup penghasilan mencapai 1 milyar dari iklan. Benarkah itu? Sayangnya tidak ada orang yang tahu, kecuali hanya manager detik com sendiri serta beberapa karyawan accounting yang menangani masalah finansial di detik com.

Mengapa detik.com menyukai penempatan iklan seperti itu?

Jawabannya sudah jelas! Karena penempatan seperti adalah paling efektif meningkatkan pendapatan adsense, dimana ukuran 160×600 adalah unit iklan yang berkinerja terbaik dan sangat cocok untuk ditempatkan di tempat yang paling potensial. Pembaca akan memiliki kesempatan lebih lama untuk melirik iklan panjang selama mereka membaca isi bacaan.

Seperti halnya pisang goreng. Jika anda sedang membaca buku dan disamping buku ada suguhan pisang goreng maka anda tidak malas untuk mencicipinya. Saya tidak percaya jika anda tidak mencicipi pisang goreng tersebut yang terus menerus menusuk hidung. Seperti itu juga kinerja unit iklan adsense panjang di samping artikel postingan.

Tetapi jika iklan tersebut diletakkan terlalu jauh dari pusat perhatian pengguna maka pengguna akan cuek. Karena tujuan pertama pengguna adalah untuk mencari bacaan, bukan mencari iklan. Maka sudah sepantasnya tugas publisher adalah mendekatkan iklan ke isi bacaan sedekat-dekatnya dengan cara yang baik tanpa mengganggu pengguna.

( i ) Selain itu, gambar merupakan salah satu pusat perhatian pengguna. Jika kita bisa memanfaatkan kekuatan gambar dengan menempatkan iklan di sampingnya seperti yang dilakukan detik com, maka iklan akan menarik perhatian juga asalkan antara iklan dan gambar tersebut bisa dibedakan dengan jelas.

Apa langkah saya selanjutnya? 

Karena saya tidak menguasai teknologi web desain dan HTML5, maka saya hanya menunggu seorang master blogger yang membagikan tips trik tentang cara memasang iklan ala detik.com. Itu saja. Dan semoga saja ada seorang pakar template yang membaca artikel ini lalu memberikan saya trik tentang cara memasang iklan adsense unit pencakar langit di samping artikel postingan yang tidak menendang gambar di bawahnya. Sementara ini saya ngiler dulu gak masalah.

Sekian dulu curhat saya kepada teman-teman dan semoga bisa menambah masukan. Jangan lupa baca juga Cara Membangun Website Besar Ala Detik.Com.

Bagikan:
55 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.