vps murah

Home / Travel

Kamis, 27 November 2014 - 12:20 WIB

Menengok Pasar Tradisional Dusun Panggang Lele

Halo juragan… Dusun Panggang Lele adalah sebuah dusun yang berada di Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di dusun ini terdapat sebuah pasar tradisional yang kecil namun menjadi pusat perekonomian bagi warga desa Arjowilangun dan sekitarnya seperti Desa Sukowilangun.

Oleh karena pasar tradisional ini cukup terkenal di kawasan ini, terutama warga kecamatan Kalipare bagian barat. Terletak di balik hutan jati yang luas dan jauh dari kota, pasar panggang lele berada di desa Arjowilangun yang menyandang gelar 4 Desa Terbaik di Jawa Timur.

Tentu saja untuk mendapatkan prestasi tersebut tidak mudah begitu saja, tetapi memerlukan kekompakan warga dalam bergotong royong baik secara fisik maupun materi dalam memajukan desanya.

READ  Harga Makanan dan Minuman di Tempat Wisata Jatim Park 2

Pasar panggang lele (pasar pangganglele) mulai ramai sejak pagi hari hingga tengah hari. Di pasar ini menjual berbagai kebutuhan pokok seperti pasar-pasar tradisional lain pada umumnya, namun ada satu hal yang mungkin tidak ditemukan di pasar lain, yaitu ikan mujaer (mujair).

Ikan mujaer selalu ada di pasar ini setiap hari karena ikan-ikan tersebut berasal dari para pedagang ikan yang menjual ikan mujaer khas bendungan sutami. Tetapi untuk penyedia ikan air tawar terbesar di daerah sini adalah Karangkates, anda bisa menemukan berbagai macam jenis ikan air tawar yang sudah masak dan siap dihidangkan. Silakan tengok juga Menikmati Ikan Bakar di Dam Lahor Karangkates.

READ  Nonton Perayaan Leang-Leong di Arjowilangun Yuk !

Selain itu jajan pasar khas Malang seoerti cenil, lopis, gethuk, jemblong, sagu, kicak, dan sebagainya bisa anda temukan disini untuk sarapan pagi.

Anda tidak perlu membayar ongkos parkir kendaraan disini karena parkir disini dikella oleh swadaya masyarakat dimana mereka tidak memungut uang bagi siapapun yang belanja di pasar ini. Maka tidak keliru jika desa Arjowilangun menyabet gelar sebagai salah satu dari 4 desa terbaik di jawa timur.

( i ) Anda ingin tahu lebih banyak tentang arjowilangun? Jangan lupa sempatkan 5 menit menyimak liputan saya sebelumnya, yaitu Nonton Perayaan Leang-Leong di Arjowilangun Yuk !. Anda akan benar-benar menyaksikan budaya unik khas arjowilangun yang tidak bisa anda temukan ditempat lain.

Share :

Baca Juga

Travel

Ada Suku Indian Main Konser di Jawa Timur Lho

Travel

Perjalanan ke Ngantang Benar-benar Menantang

Travel

Melihat Lapangan Golf Karangkates Yang Telah Rusak

Travel

Pesona Air Terjun Grojogan Sewu di Pujon, Malang, Jawa Timur

Travel

Pesona Alam Pantai Wisata Balekambang

Misteri

Upacara Tradisional Labuhan Pantai Ngliyep di Malang

Travel

Mengajari Anak Berenang di Kolam Renang Karangkates

Travel

Mancing Ikan di Waduk Ir.Sutami Karangkates