Mencoba Iklan “Konten Yang Sesuai” (Matched Content) Adsense

Halo sahabat blogger indonesia tercinta… Ketika tadi malam saya login ke akun adsense, ehh saya melihat saran untuk menggunakan iklan “Konten yang sesuai” atau juga disebut Matched Content. Tadinya saya mengira saran ini adalah tawaran untuk mengikuti survey bulanan Google seperti biasanya, setelah saya klik ternyata ada pemberitahuan fitur baru yang aktif di akun adsense saya, yaitu unit konten yang sesuai alias matched content.

Langsung deh saya coba buat iklan matched content dan saya pasang di blog maka jadilah iklan yang wujudnya seperti related post alias artikel terkait. Ternyata yang diiklankan adalah artikel saya sendiri dan diiklankan di blog saya sendiri juga, bukannya iklan milik pengiklan adwords yang diiklankan di blog saya. Dibawah ini fotonya.

iklan-matched-content

Fitur Konten Yang Sesuai diluncurkan

Unit Matched Content atau “konten yang sesuai” ini diluncurkan pertama kali oleh google pada 22 april 2015 lalu yang bertujuan untuk memudahkan pengguna menemukan konten yang dicarinya serta membantu publisher untuk mempromosikan kontennya secara gratis di blog itu sendiri, seperti layaknya artikel tekait alias related post, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan pageviews dan earning adsense. (silakan baca disini: Introducing Matched content: a new way to help your visitors discover content on your site). Hanya saja yang membedakan dengan related post adalah cara kerjanya, terutama dalam hal jenis penargetan.

Pada related post, artikel yang tampil di thumbnail biasanya adalah artikel yang sesuai dengan artikel lainnya berdasarkan kemiripan secara kontekstual atau berdasarkan kata-kata yang ada di masing-masing artikel. Namun pada unit matched konten ini berbeda, matched content tidak hanya menargetkan artikel terkait berdasarkan kontekstual saja tetapi juga menargetkan artikel terkait berdasarkan “minat” pengguna. Misalnya: Jika pembaca blog anda suka membaca artikel tentang hantu-hantuan di website lain, maka artikel terkait yang ditampilkan oleh unit matched content adalah artikel yang terkait dengan hantu-hantuan juga (jika di blog anda tersedia artikel tentang hantu-hantuan) meskipun artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung tersebut berisi artikel tentang cara meningkatkan earning adsense.

Nah, dari sinilah kemungkinan pembaca mengklik artikel terkait buatan si matched content tersebut menjadi lebih besar jika dibandingkan artikel terkait buatan plugin atau script lainnya yang hanya didasarkan pada kontekstual saja. Namun jika pengunjung memang selalu suka membaca artikel tentang adsense, maka artikel terkait yang tampil di unit matched content adalah artikel terkait tentang adsense juga, paling-paling hanya ada satu artikel lain kesukaan mereka yang tidak ada hubungannya dengan adsense ikutan nampang di iklan matched content.

Fitur Konten Yang Sesuai terbatas

Sayangnya fitur iklan Konten yang sesuai alias Matched Content ini hanya disediakan secara terbatas karena saat ini masih versi beta, yaitu hanya disediakan bagi para publisher yang memenuhi persyaratan tertentu, misalnya publisher yang memiliki banyak konten unik serta menerima lalulintas organik yang tinggi sesuai kriteria adsense. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang matched content silakan teman-teman baca sendiri disini: Tentang fitur Konten yang sesuai.

Sekarang pertanyaannya adalah:

Seberapa membantu fitur “konten yang sesuai” (matched content) ini bagi publisher?

Saya sendiri belum bisa memberikan penjelasan lebih jauh karena baru beberapa jam saya menggunakan fitur ini di blog. Semoga suatu saat nanti saya bisa membagikan hasilnya ke teman-teman.

Tetapi setidaknya dalam beberapa jam ini saya melihat ada perubahan membaik, yaitu jumlah pageviews halaman blog meningkat yang diikuti dengan kenaikan earning adsense secara semestinya. Berapa persen peningkatan tayangan laman dan earning adsense saya belum tahu pastinya, karena di dasbor pelaporan adsense, laporan matched content masih kosong alias tidak ada data tersedia. Namun pada Publisher Toolbar di pojok kanan atas browser saya melihat ada kenaikan earning hingga 50% dari biasanya untuk percobaan beberapa jam pertama tadi. Besoknya saya tidak tahu apakah tetap naik seperti ini ataukah anjlok lagi seperti biasanya 😀

Earning bisa naik 100% lho

Ada sesuatu yang mengganjal pada diri saya saat ini dan hampir saja saya mengusulkan ke Google tentang variasi penempatan unit iklan konten yang sesuai alias matched content tersebut.

Apa sebabnya?

Google menyarankan bahwa unit “konten yang sesuai” ini ditempatkan pada bagian akhir artikel dengan posisi di atas iklan atau di bawah iklan. Menurut Google, iklan matched content akan lebih efektif membantu keterlihatan “iklan konten biasa” jika diletakkan di atasnya, bukannya di bawahnya iklan konten biasa.

Nah, pada percobaan pertama tadi malam saya tidak menempatkan unit matched content di bawah artikel sesuai saran google, melainkan saya menempatkannya di bawah header, lalu dibawah matched content tersebut ada iklan lebar atau spanduk horizontal 728×90. Pada saat melakukan penempatan seperti itu tiba-tiba earning adsense naik hampir setiap beberapa menit sekali hingga melebihi penghasilan selama satu hari pada hari sebelumnya. Artinya, hanya dalam waktu 6 jam (jam 01.00 hingga 06.00) blog bisa menghasilkan earning setara dengan penghasilan sehari sebelumnya. Apa yang diperbuat oleh si matched content saya sendiri tidak tahu persisnya, namun yang jelas CTR adsense menjadi naik cukup signifikan sehingga earning cepat sekali bertambahnya.

Tapi karena saya takut serta khawatir dianggap tidak mengikuti penempatan yang disarankan oleh google, maka saya melepas unit matched content yang saya pasang di bawah header dan kemudian saya tempatkan di bawah artikel sesuai saran google.

Akhirnya earning yang tadinya deras kini kembali surut, tetapi masih sedikit lebih baik daripada belum menggunakan unit matched content ini. Namun perubahan positif ini bisa berlaku lama atau tidak saya kurang tahu, semoga saja bisa berlaku seterusnya dan akhirnya versi beta telah usai sehingga teman-teman publisher lainnya bisa menikmati fitur iklan matched content ini secara bersama-sama, amin.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga Titik Aman Berhenti Kerja Dan Fokus Adsense.

Bagikan:
91 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.