Membuat Situs Berita Itu Perlu Modal Besar

Membuat situs berita alias website portal itu memerlukan modal besar dan sangat jauh bedanya dengan modal untuk membuat situs non berita.

Apa saja yang membuat situs berita memerlukan modal besar?

Berikut ini tiga alasan paling mencolok yang saya lihat:

1. Harus mempekerjakan beberapa karyawan penulis

Setidaknya kita harus mempekerjakan penulis website beberapa orang. Mustahil kita bisa mengupdate website seorang diri tanpa dibantu siapapun, dimana situs berita dituntut untuk terus menyajikan berita-berita terbaru setiap menit, jam dan hari. Ketika ada berita yang lagi hangat, anda harus mau kerja lembur update artikel agar tidak ketinggalan berita sehingga tidak kehilangan rejeki musiman.

2. Kebutuhan hosting dan bandwith sangat tinggi

Website berita memerlukan space hosting yang tinggi/ besar/ unlimited karena akan terus menerus memuat gambar-gambar berita. Setelah beberapa hari kemudian artikel berita tersebut akan kadaluwarsa sehingga tidak mendapatkan pengunjung dan akhirnya hanya akan membebani hosting saja 🙁

Begitu juga dengan bandwith, karena website berita harus terus menerus diupdate maka kebutuhan bandwith sangat tinggi setiap bulannya. Siapkan saja 12 juta pertahun untuk mengatasi hal ini, jadi sebulannya anda menanggung biaya server sebesar satu juta.

3. Harus memiliki reporter (jika perusahaan)

Adapun nomor 3 ini tergantung kelas dari situs berita itu sendiri. Jika website kelas perusahaan, maka anda harus memiliki reporter/ wartawan yang diterjunkan di lapangan untuk mencari berita yang akan disajikan di situs, selain copas berita dari portal lain seperti yang sering terjadi pada sesama situs-situs berita berskala besar 😀

Tapi jika website personal alias situs berita milik perseorangan, anda mungkin tidak harus mempekerjakan wartawan, tetapi anda bisa mengambil informasi dari situs-situs berita berkelas perusahaan lalu anda sajikan dengan gaya anda sendiri. Namun sekali lagi, anda tetap harus mempekerjakan MINIMAL 2 karyawan penulis yang bekerja dalam dua shift alias siang dan malam.

Keuntungan memiliki situs berita terupdate

#Namun meskipun situs berita memakan biaya tinggi, ada keuntungan tersendiri jika anda membuat situs berita untuk digunakan main adsense, yaitu: CTR adsense anda akan bisa mencapai 2% dan bahkan lebih, karena pembacanya adalah orang-orang masyarakat umum atau selain para blogger. Itu berarti penghasilan anda mampu mencaplok website yang pengunjungnya adalah para blogger hingga empat kali lipat, dimana CTR adsense yang didapat oleh website bertema blogger hanyalah pada kisaran 0,35% hingga 0,50% saja.

Jika website berita milik anda telah memiliki puluhan ribu artikel atau menerima ribuan pengunjung online pada siang hari, mungkin untuk mendapatkan 30 hingga 50 juta rupiah perbulan adalah pekerjaan mudah bagi anda.

Sekian info malam ini buat teman-teman pembaca tercinta. Jangan lupa simak juga Kapan Blog Anda Mulai Ramai Pengunjung?

Bagikan:
14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.