Membeli Bibit Durian Kecil Secara Online

Bagi teman-teman pecinta tanaman holtikultura khususnya durian, sekarang ini anda bisa membelinya secara mudah yaitu dengan cara online.

Bagaimana caranya?

Mula-mula anda harus sering menonton video tentang durian di youtube. Lalu anda lama-lama akan menemukan pembibit durian unggul. Disitu anda bisa menyimpan nomor whattshap yang mereka tunjukkan di video. Nah, setelah itu anda bisa menghubunginya via whatshapp.

Saya juga sudah membeli 12 bibit durian dari berbagai jenis yang rencananya akan saya tanam sebagai tabulampot alias tanaman buah dalam pot. Maklum saya gak punya lahan luas hehe ๐Ÿ˜€

Bagaimana cara memilih penjual bibit yang baik?

Pertama anda harus melihat video di channel-channel mereka di youtube lalu perhatikan bagaimana cara membuat bibit, melihat pohon indukannya (entrees), serta cara pemaketan atau pengirimannya. Kemudian hubungilah salah satu channel yang menurut anda bibitnya paling unggul dan paling murah.

Pastikan anda memilih bibit yang pohon indukan adalah pohon yang sehat dengan buah yang lebat. Kemudian pastikan proses pengiriman bibit yang mereka lakukan dikemas dalam kerangka kayu yang kuat serta dibungkus plastik rapat (untuk mengurangi penguapan) agar bisa meminimalkan resiko layu selama perjalanan.

Pengiriman yang ideal adalah 3 hari perjalanan. Jika lebih dari 3 hari maka resiko layu akan tinggi, kecuali jika pembungkusan plastik cukup rapat maka tanaman tidak mati hingga seminggu tiba di rumah.

Bibit yang masih terlalu kecil seperti punya saya itu akan lebih mudah layu dan mati jika terlalu lama di perjalanan, jika dalam keadaan tidak terbungkus plastik rapat pada kemasannya. Tapi karena saya melihat cara pengiriman yang bagus pada si penjual bibitnya, maka saya membelinya di situ dan alhamdulillah bibit tetap segar sesampai di rumah walau lebih dari 3 hari di perjalanan.

Sesampai di rumah simpanlah bibit di tempat yang teduh selama seminggu untuk pemulihan atau karantina. Selanjutnya silakan ditanam di pot yang telah anda siapkan. Tanaman durian tabulampot ini akan mulai berbuah setelah berusia 5-6 tahun dengan perawatan serta pemupukan yang bagus tentunya. Jika dijual maka harganya bisa mencapai 8 juta per pot. Aseek bukan ๐Ÿ˜€

Berapa harga bibit durian ukuran paling kecil?

Tergantung si penjualnya. Untuk ukuran dini seperti punya saya itu harganya bervariasi, masing-masing pedagang bibit mematok harga berbeda-beda. Ada yang 90 ribu per pohon, ada yang 75 ribu, dan ada yang hanya 60 ribu. Yang paling mahal adalah, pertama jenis durian musangking (malaysia), kedua jenis bawor (banyumas), dan ketiga jenis montong (thailand).

Saya membeli sebanyak 12 bibit dari 3 penjual bibit yang berbeda untuk percobaan tabulampot. Jenisnya juga bervariasi, ada musangking, montong, bawor (kromo banyumas atau bhinneka bawor atau montong orange), oche alias duri hitam, serta durian merah banyuwangi.

Orang yang suka makan durian atau orang yang suka menanam pohon durian pasti akan suka membaca tulisan ini. Karena durian adalah buah pembawa hobby, dan ada sebuah club pecinta durian yang bernama Durian Traveller. Durian juga disebut king of fruits atau rajanya buah-buahan. Saat ini sentra durian terbesar di Indonesia adalah Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah.

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.