Membangun Generasi Muda Islam Lewat Taman Pendidikan Al Qur’an

Halo Juragan. Setelah perjalanan yang cukup lama menjadi musafir , perjalanan mencari jati diri ,perjalanan yang penuh dengan badai ,rintangan dan airmata akhirnya saya memutuskan untuk mengakhirinya dan menjadi warga biasa lagi .

Saya menikah tahun 2010 dan terdampar di wilayah kasihan bantul . Kemudian saya memutuskan untuk ingin berbuat sesuatu bagi pengembangan masyarakat sekitar baik tua maupun muda .

tpa1

Ada beberapa kegiatan social yang pernah saya lakukan , tapi kali ini saya ingin bercerita tentang  taman pendidikan Al quran yang saya bina . TPA yang dahulu sempat vakum namun coba saya hidupkan lagi dengan bantuan beberapa orang teman saya yang perduli tentang generasi muda islam

Alhamdulilah ,TPA yang bernama TPA Khasan Yahya dikarenakan masih dalam bagian Masjid Khasan Yahya sekarang punya santri tetap sebanyak 60 orang . Sedang yang kadang datang ,kadang tidak sebanyak 30  orang . Total  90 santri  yang berusia dari TK sampai kelas 6 sd .  Jadwal belajar nya adalah setiap senin ,kamis dan minggu dari jam 4 sore sampai sebelum adzan mahrib .

Apa yang dipelajari di TPA ? Belajar shalat , belajar Iqra , belajar sejarah nabi serta doa doa harian karena saya menganggap bahwa sejak dini ,pendidikan islam serta akhlak harus diajarkan . Karena di sekolah umum itu pendidikan agama islam porsinya hanya  kecil, maka taman pendidikan al qur’an  lah tempat yang sesuai bagi anak anak kecil untuk menimba ilmu .

tpa2

Apakah santri membayar ?

Itu semua adalah free alias gratis karena alhamdulilah saya banyak mendapat donator dari luar kasihan . Bahkan ada program beasiswa juga untuk santri santri yang tidak mampu . Insha allah menurut rencana tidak lama lagi akan ada program ketrampilan bagi mantan santri santri TPA yang sudah tidak sekolah lagi seperti ketrampilan menjahit ,ketrampilan bengkel motor ,ketrampilan memperbaiki  kompor gas dan alat alat dapur lainnya .

Saya juga telah menjalin kerjasama  dengan sebuah pondok pesantren didekat kasihan untuk mau mengajari santri santri TPA Khasan Yahya bila ditemukan ada bibit bibit unggul diantara mereka . Siapa tau ada diantara mereka yang kelak menjadi qori . Alhamdulilah sudah ada 1 bibit unggulnya dan kini setiap sekali seminggu belajar khusus di pondok pesantren hafiz quran tersebut .

Selain itu bagi murid kelas 6 , 3 bulan sebelum ujian sekolah ada semacam bimbingan belajar agar bisa lulus dengan memuaskan . Dan itu semua free

tpa4

Berapa tenaga pengajarnya ? Saat ini ada sekitar 7 orang yang dengan ikhlas mau mengajari santri santri dengan penuh perhatian dan tanpa dibayar .

Oh ya beberapa bulan sekali TPA Khasan Yahya juga mengadakan tamasya walapun  hanya sekitar wilayah jogja misalkan ke kebun binatang ataupun ke pantai

tpa3

Besar harapan saya untuk generasi generasi muda islam ini sebagai mata rantai mata rantai baru ,menggantikan saya .  Mencoba memberi pendidikan ataupun ketrampilan semampu saya karena cara paling ampuh untuk mengentaskan kemiskinan adalah dengan memberikan  pendidikan ataupun ketrampilan yang memadai .

tpa5

Diakhir cerita bila pembaca bertanya apa yang saya dapatkan ? Tentu saja kepuasan lahir dan kepuasan batin . Karena bagi saya tidak sempurna hidup saya bila saya tidak berbuat yang terbaik bagi agama saya , keluarga saya serta lingkungan dimana saya tinggal .

Semoga ada hikmah yang bisa dipetik . alhamdulilah .

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.