Memahami Fungsi Dari Google Webmaster Tools

Halo mba Indri dan sahabat blog juragancipir, sudah cukup lama saya libur membuat artikel di blog ini dan mudah-mudahan artikel kali ini tetap memberikan manfaat bagi pembaca.

Sasaran dari artikel ini sebetulnya adalah para blogger pemula karena memang pengetahuan saya pun belum banyak dan artikel ini dibuat berdasarkan apa yang saya alami dulu. Sedangkan para master tentunya sudah paham betul mengenai fungsi dari google webmaster tools.

Simak juga Pahami Ini Dulu Sebelum Memutuskan Menjadi Seorang Full Time Blogger.

Inti dari artikel ini adalah ingin meluruskan jika saja masih ada yang beranggapan seperti saya dulu. Saya dulu beranggapan bahwa fungsi webmaster tools itu adalah agar artikel/postingan di blog saya terindeks, titik! Oleh karena itu, submit url ke google webmaster tools adalah hal penting yang harus didahulukan setiap saya membuat sebuah blog.

Jika diantara Anda masih ada yang beranggapan seperti itu, mari kita rubah dan perbaiki anggapan yang salah karena tujuan utama submit url ke webmaster tools itu bukan supaya artikel kita terindeks melainkan kita mendapatkan data pengindeksan dari Google dan data-data penting lainnya dalam rangka mengoptimalkan situs.

Seringkali saya menemukan pertanyaan, “Bagaimana cara agar blog saya terindex Google” lalu dijawab “Daftarkan dan submit url situs ke Google webmaster tools”.

Sampai situ kita sebenarnya sudah menyesatkan orang karena memberi jawaban yang kurang tepat. Meskipun maksud kita adalah submit url ke webmaster itu agar blog “Lebih cepat” terindex, tapi meraka akan tetap menyimpulkan bahwa agar blog terindex maka mereka harus submit url ke webmaster.

Jawabannya adalah jika ingin blog terindex maka sabar menunggu hingga Google mengindex blog Anda dengan sendirinya, selama Anda tidak memblokir robot google untuk merayapi situs Anda dan selama Anda sudah melakukan “ping” dengan baik, istilahnya untuk memanggil/memperingatkan bot agar merayapi situs Anda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan Google untuk mengindex blog/situs Anda tergantung dari banyak faktor. (Dalam kasus saya tidak submit situs ke webmaster tools) berdasarkan yang saya alami, domain (.com) lebih cepat terindex dari domain (.co.id), untuk domain yang lain saya tidak tahu.

Jadi tanpa kita submit url ke webmaster tools pun, Google dan bahkan search engine lainnya seperti bing akan tetap merayapi dan mengindeks blog kita kecuali dari awal kita membuat penolakan secara manual agar robot Google dan search engine yang lain tidak merayapi situs kita. Dalam hal ini berarti kita tetap menghendaki situs kita tetap “perawan” tanpa di jamah oleh om-om mesin pencari, aww!

Jika Anda menjadikan Google sebagai partner dalam membangun blog/situs yang baik dan menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan Google maka Anda harus siap dan pintar dalam menganalisa data. Google sangat gemar menyajikan data dan angka terstruktur yang selanjutnya harus Anda analisa untuk mengoptimalkan blog/situs Anda.

Saya tidak berbicara mengenai Google Analytics secara khusus karena hampir semua blogger tau fungsinya. Saya berbicara murni mengenai “Google webmaster tools”.

Fungsi Google Webmaster Tools

Agar apa yang saya bicarakan ini lebih meyakinkan, saya cari beberapa sumber tambahan yang menjelaskan tentang fungsi webmaster tools dan apa saja yang bisa Anda lakukan dengan Google webmaster tools. (Sumber 1 dan Sumber 2)

  1. Membantu dalam hal SEO : Anda dapat menggunakan fitur “Search Analytics” di google webmaster untuk mengoptimalkan SEO blog. Di halaman tersebut disajikan beberapa data diantaranya keyword hasil pencarian orang, klik, impresi, CTR hingga posisi artikel Anda di SERP.
  2. Memonitor Backlinks
  3. Mendapatkan pemberitahuan dari kemungkinan adanya permasalahan di situs kita ataupun kemungkinan pelanggaran yang dilakukan oleh situs kita.
  4. Mendapatkan data pengindeksan
  5. Mendapatkan informasi kompatibilitas situs dengan perangkat mobile.
  6. Memilih secara manual URL yang tidak ingin dirayapi oleh robot google.

Mungkin masih ada beberapa fungsi yang tidak saya sebutkan di atas dan silahkan jika ada yang ingin menambahkan. Setelah Anda tahu fungsi google webmaster tools diharapkan Anda bisa menggunakannya dengan baik dalam rangka mengoptimalkan situs/blog Anda.

(Maaf ya bro, sebelumnya banyak yang ingin saya sampaikan di artikel ini tapi mendadak blank :D) jadi saya akhiri dulu artikel ini dan di kesempatan lain saya akan coba menyampaikan apa yang belum saya sampaikan disini. Hatur nuhun, semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Konfigurasi Plugin Frontier Post WordPress.

Bagikan:
11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.