Melihat Lapangan Golf Karangkates Yang Telah Rusak

halo juragan… Ketika anda dalam perjalanan dari karangkates menuju kecamatan kalipare, maka anda akan disuguhi pemandangan hutan lindung dan pegunungan kapur, namun itu dulu. Sekarang hutan lindung disini telah musnah dan digantikan oleh tanaman singkong atau ubi kayu yang hidup di atas lahan milik perum perhutani kph blitar.

Banyak pemandangan hutan tropis di sepanjang jalan disini yang hari ini telah musnah dan tidak akan pernah kembali lagi selamanya karena mereka telah tergusur oleh lahan pertanian. Sebaiknya silakan baca juga liputan saya sebelumnya di daerah sini tentang Hutan Karetan Yang Angker Itu Kini Menjadi Sawah.

Termasuk salah satunya adalah lapangan golf karangkates yang kini menjadi saksi bisu bekas-bekas keindahan di daerah sini. Terdapat bangunan pendopo tua peninggalan pada masa pembangunan waduk sutami beberapa puluh tahun silam.

Bangunan tua ini masih digunakan dan ada petugas yang tinggal disitu, hanya saja kondisi bangunan ini sudah sangat memprihatinkan.

Sementara ini, padang rumput bekas lapangan golf tersebut telah hilang kecuali hanya ada rumput kasar yang diselingi pepohonan besar seperti anda lihat pada gambar di bawah ini, yang di sekelilingnya ditumbuhi semak belukar. Mungkin lebih mirip dengan padang sabana afrika hehehe ๐Ÿ˜€

Lapangan Golf Karangkates adalah sebuah lapangan golf yang dibangun pada sekitar tahun 1972 bersamaan dengan dimulainya pembangunan waduk Ir. Sutami atau bendungan sutami di Karangkates. Lapangan golf ini awalnya bagus dan menarik serta sering digunakan bermain golf pada waktu itu, namun kini ia tinggal kenangan.

Secara administratif, lapangan golf karangkates ini terletak di Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare, dan bukannya berada di Desa karangkates. Hanya saja dinamakan Lapangan Golf Karangkates karena lapangan golf ini dibangun oleh pengelola waduk sutami di karangkates, dimana mereka mengambil material batu kapur untuk pembangunan bendungan atau dam dari pegunungan kapur karang puteh.di wilayah kecamatan Kalipare.

Jika anda berjalan sekitar 200 meter ke arah timur maka anda akan menjumpai gapura pintu masuk Desa Kalipare, Kecamatan Kalipare. Di wilayah kecamatan Kalipare inilah Lapangan Golf Karangkates berada.

Namun sayang, hari ini lapangan golf yang hijau bagaikan permadani itu telah tiada dan digantikan semak belukar serta tanaman liar. Hanya terdapat satu bangunan tua pendopo yang kini menjadi saksi bisu tentang keberadaan lapangan golf karangkates yang pernah ada.

^^ Jangan lupa teman-teman baca juga liputan saya sebelumnya yang mengulas info menarik di sekitar daerah sini tentang Mengenal Jembatan Beli di Barat Dam Karangkates.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.