Mau Sukses Berbisnis? Intip Inspirasi 6 Pebisnis Legend Asal Indonesia

Siapa bilang pebisnis sukses hanya ada di luar negeri? Indonesia punya sederet nama-nama legend yang bahkan mampu menguasai pasar dunia. Mereka semua memulai bisnis dari berbagai macam latar belakang, ada yang memang berasal dari keluarga pebisnis dan bukan.

Kisah dari pebisnis sukses Indonesia ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang baru mulai merintis dan mencari cara menjadi pebisnis online. Apa yang kamu lewati sekarang juga bagian masa lalu jajaran pebisnis sukses Indonesia. Sehingga kamu tidak perlu berkecil hati saat bisnis yang sedang dijalankan tidak berjalan baik. Tetap semangat dan terapkan kerja cerdas.

Pebisnis sukses Indonesia

Walau saat ini basis bisnis berubah jadi online, kisah sukses berikut ini bisa menginspirasi pebisnis online sukses. Kamu bisa mengambil nilai-nilai yang diterapkan tokoh berikut lalu mengaplikasikan pada bisnismu.

1. Chairul Tanjung

Kamu pasti tidak asing dengan buku legendaris dari seorang pebisnis sukses Indonesia yang bertajuk “Chairul Tanjung, Si Anak Singkong”. Kisah sukses dalam buku tersebut merupakan perjalanan Chairul Tanjung, sosok pengusaha bertangan dingin yang membuatnya dinobatkan sebagai konglomerat papan atas Indonesia.

Pasca lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia, Chairul merintis usaha bersama tiga temannya. Mereka mendirikan PT Pariarti Shindutama di tahun 1987, perusahaan ini bergerak di bidang produksi sepatu anak. Keberhasilan besarnya adalah mendapat pesanan 160.000 pasang sepatu untuk diekspor ke Italia.

Kemampuan bisnis Chairul semakin berkembang pesat. Beliau beralih untuk menjalankan bisnis di bidang konglomerasi yang berfokus pada tiga hal, keuangan, properti, dan multimedia. Produk berhasil dari Chairul adalah Bank Karman yang berganti nama menjadi Bank Mega pada tahun 1996.

Bisnisnya diuji saat krisis moneter tahun 1998, Chairul berusaha bertahan sekuat tenaga hingga berhasil memperoleh keuntungan yang signifikan. Sosok Chairul Tanjung ini bisa jadi inspirasi kisah sukses pebisnis online. Beliau ulet dan berani mencoba hal baru sehingga bisa sesukses sekarang.

2. Ciputra

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ir. Ciputra? Konglomerat asal Indonesia yang juga pendiri dari perusahaan keluarga Ciputra Group. Kisah sukses Ciputra diawali dari masa mahasiswanya ketika beliau mendirikan konsultan di bidang bangunan. Saat itu, Ciputra masih berstatus mahasiswa jurusan Insinyur Institut Teknologi Bandung.

READ  Cara Belajar Menjadi "Jasa Penulis Konten" Blog

Pasca lulus kuliah, beliau mengawali karirnya dengan bekerja di perusahaan milik Pemda DKI yakni Jaya Group. Selanjutnya Ciputra mulai bergerak di bidang developer perumahan mewah dengan mendirikan Metropolitan Group bersama rekan sejawat. Usahanya berhasil membuat Ciputra menduduki posisi direktur utama Jaya Group dan presiden komisaris Metropolitan Group.

Kerja kerasnya berhasil mengantarkan Ciputra menjadi pengusaha properti sukses Indonesia. Tidak berhenti sampai disitu, kemampuannya sebagai pengusaha diuji saat krisis moneter 1998 yang membuat beberapa anak perusahaan Ciputra harus ditutup. Namun, Ciputra tidak pantang menyerah, anak perusahaan yang gulung tikar mulai berjaya lagi dan melakukan ekspansi ke luar negeri.

3. Jogi Hendra Atmadja

Siapa sangka inovasi kopi dalam bentuk permen mampu mengantarkan Jogi Hendra Atmadja masuk dalam jajaran milyarder Indonesia. Jogi merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti yang pasca lulus justru terjun sebagai pebisnis. Beliau mendirikan PT Mayora Indah Tbk. yang merupakan bisnis pertama bersama kedua rekannya pada 17 Februari 1977. 

Selain pemilik PT Mayora, Jogi juga menduduki posisi komisaris utama tiga perusahaan sekaligus yakni PT Torabika Eka Semesta, PT Tunita Branindo, dan PT Kakao Mas Gemilang. Hingga kini sosoknya dikenal sebagai pelopor permen kopi pertama Indonesia yang sudah mendunia. Perusahaan Jogi menerapkan tiga prinsip utama dalam kinerjanya yakni kualitas, efisiensi, dan inovasi.

4. Bob Sadino

Pebisnis Indonesia pasti tidak asing dengan Bob Sadino? Sosok pengusaha sukses yang dikenal karena inspiratif dan pemikiran kreatifnya. Sama seperti pebisnis sukses lainnya, Bob mengawali karirnya dari nol. Pasca lulus dari sekolah tingkat akhir, Bob tidak melanjutkan kuliah tapi lebih memilih caranya sendiri untuk belajar.

Karir pertamanya dimulai dengan menjadi karyawan Unilever sampai tahun 1955. Kemudian beliau memutuskan tinggal di Belanda dan bekerja di perusahaan pelajaran Djakarta Lylod di Kota Amsterdam dan Jerman. Bob punya keinginan besar jadi pengusaha dan membangun usaha mobil dan beliau sendiri yang jadi supir. Bisnisnya terpaksa gulung tikar karena musibah keselakaan yang menimpanya.

READ  Perbedaan Pembayaran Adsense Western Union Dan Transfer Bank

Untuk menyambung hidup, Bob bekerja sebagai kuli bangunan yang membuatnya mengalami tekanan karena penghasilan pas-pasan. Beliau kemudian memulai bisnis telur ayam negeri dan berkat keuletannya menjadi sukses besar. Sampai saat ini, Bob tercatat sebagai pemilik bisnis supermarket Kem Chicks, perusahaan Kemfood, Kem Farm, dan The Mansion at Kemang.

5. Sudono Salim

Sudono Salim dengan nama aslinya Liem Sioe Liong merupakan pria yang berasal dari Tiongkok dan memutuskan merantau ke Indonesia untuk mengubah nasib. Kisah suksesnya dimulai dari sosoknya yang menjadi supplier cengkeh di Kota Kudus. Namun, usahanya ini mengalami kebangkrutan karena penjajahan Jepang dan kecelakaan. Beliau akhirnya memutuskan untuk pindah ke Jakarta.

Pada masa orde baru, Sudono bersama rekannya mendirikan PT Bogasari Flour Mills yang kini jadi produsen tepung terigu terbesar. Di tahun 1970, beliau masuk dalam bisnis keuangan dengan mendirikan Bank Central Asia (BCA) yang pada saat itu mengalami perkembangan cukup pesan. BCA menjadi bank swasta terbesar kedua dengan jumlah aset USD99 juta.

6. Susi Pudjiastuti

Siapa yang tidak kenal sosok satu ini, mantan Meteri Kelautan dan Perikanan RI yakni Susi Pudjiastuti. Sosoknya yang tegas ternyata juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Beliau pernah membuka usaha pakaian dan bed cover. Kemudian potensi besar Kota Pangandaran di bidang perikanan membuatnya memanfaatkan peluang tersebut.

Susi memulai bisnis ikannya dengan modal Rp750.000 dengan menjadi distributor ikan ke restoran-restoran di Pangandaran. Walau bisnisnya sempat surut tapi akhirnya beliau berhasil menguasai bisnis ikan di kota tersebut.

Itu dia kisah sukses pebisnis legend asal Indonesia. Dari kisah di atas kita bisa belajar bahwa mindset pebisnis online juga harus kuat dan tangguh. Ada banyak rintangan yang harus dilewati dan tentu konsistensi dalam mempertahankan bisnis. Semoga bermanfaat!

Informasi ini berkaitan dengan:

  • Kisah sukses pebisnis online
  • Cara menjadi pebisnis online sukses
  • Cara berbisnis online yang sukses
  • Kiat sukses menjadi pebisnis online
Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *