Mau Dapat Repeat Order Dari Customer? Coba Cara Ini Yuk!

Toko online memiliki tantangan lebih besar dibanding toko offline dalam hal meraih kepercayaan customer. Toko offline tak perlu susah-susah meyakinkan customer bahwa mereka benar-benar berbisnis karena memiliki toko fisik yang dapat dikunjungi customer. Produk-produk yang ditawarkan pun nyata, dalam artian dapat dilihat dan disentuh secara langsung oleh customer. Asal cocok dengan barang dan harganya, apapun yang dimau tinggal bayar di kasir. Puas dan ingin berbelanja lagi? Tinggal balik lagi ke toko tersebut. Simple!

Beda halnya dengan toko online. Diperlukan usaha lebih untuk meraih kepercayaan dari customer. Sudah memiliki website sendiri, aktif update di sosial media seperti Facebook, Twitter atau Instagram, buka cabang di berbagai marketplace, bahkan seabrek testimonial sudah terpampang, terkadang masih saja ada customer yang bertanya: “Kak, ini no tipu-tipu kan?” — Duarrrrrr!?%

Nyesek 🙁 (pengalaman pribadi)

Berdasarkan kenyataan tersebut, toko online biasanya tidak akan melewatkan kesempatan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi setiap customer agar ke depannya terjadi repeat order. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyelipkan suatu “surprise” ke dalam setiap paket customer yang akan dikirim.

Kenapa “surprise” di dalam paket menjadi penting untuk mendapatkan repeat order? Karena customer akan memberikan tiga macam reaksi ini saat mendapat paket dari toko online:

  • Kecewa (di bawah ekspektasi customer)

Yang sering terjadi adalah customer kecewa akibat paket terlambat datang. Walaupun sebenarnya hal ini bukanlah murni kesalahan toko online (karena yang bertanggungjawab mengantar paket adalah ekspedisi), namun masih saja ada customer (pengalaman pribadi) yang  merasa kecewa terhadap toko online.

  • Biasa saja (sesuai ekspektasi customer)

Paket datang tepat waktu. Barang yang datang sesuai gambar katalog. Ya sudah, selesai. Tidak ada kabar apa-apa dari customer. Banyak yang seperti ini bukan? hihihi

  • Senang (lebih dari ekspektasi customer)

Customer merasa puas dan senang sekali saat mendapatkan “lebih” dari yang diharapkan. Entah dari segi pelayanan, produk yang bagus atau bonus yang tdak terduga. Customer yang merasakan pengalaman seperti ini biasanya akan cepat-cepat mengirim konfirmasi dan testimonial kepada toko online. Masalah repeat order tinggal menunggu waktu saja. Asiiikkkk!

Nah, jadi tugas kita sebagai seller adalah bagaimana caranya membuat customer memberikan reaksi ketiga yaitu senang. Berikut ini contoh pemberian “surprise” yang dapat membantu Anda mewujudkan rasa senang pada customer:

1. Kupon diskon

repeat-order-1

2. Sampel produk

repeat-order-2

3. Hadiah kecil

repeat-order-3

4. Ucapan terima kasih dan catatan personal

repeat-order-4

5. Permintaan produk review / testimonial

repeat-order-5

repeat-order-6

Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan repeat order dari customer ! Jangan lupa ketahui juga Menulis Caption Instagram Jangan Asal, Ada Triknya!

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.