Mata Jadi Minus dan Kabur Gara-Gara Jadi Blogger

Sudah lama saya menjadi seorang blogger selain bekerja di kantoran. Rasanya hidup akan hampa apabila sehari tidak menulis. Saya mulai menjadi blogger sejak masih duduk di SMP (2003), dan melanjutkan hobi dari ayah dan saudara laki-laki saya yang juga hobi blogging dan tulis-menulis sejak tahun 1996. Hobi saya tersebut kemudian berlanjut ke masa-masa SMA hingga kuliah, dan sampai tahun 2015 ini saya terus aktif menulis.

Sekitar empat hari yang lalu, pada bagian mata saya ada yang bermasalah dan terasa tidak nyaman seperti biasanya. Ya, saya dinyatakan dokter telah menderita miopi atau rabun jauh. Sebelumnya mata saya sehat-sehat saja, tapi sekarang tidak. Melihat benda dengan jarak sejauh 5 meter sudah kabur, dan bahkan melihat wajah orang terkadang tidak jelas (buram, seperti hantu muka rata). Ini saya rasakan setelah saya sering update artikel pada banyak blog yang saya miliki.

Jadi, frekuensi update artikel sekarang ini saya kurangi, yang awalnya getol bisa sehari 3 – 4 artikel untuk 1 blog, kini sehari atau tiga hari sekali dalam seminggu saya batasi hanya 1 – 2 artikel saja dengan lama waktu di depan PC setidaknya tidak lebih dari 2 jam. Saya mulai menjauhi mata untuk berlama-lama nongkrong di PC / Laptop.

Saya mengelola banyak blog. Salah satu blog yang saya kelola adalah: http://guruilmuan.blogspot.com/. Blog ini baru saya dirikan sekitar bulan Juni 2015 yang lalu, dan alhasil kini menerima traffic cukup banyak berkat penerapan kata kunci judul dan SEO Onpage+Off Page dan tulisan saya fokuskan wajib +1.000 kata lebih dalam setiap tulisan yang saya buat (artikel dan gambar wajib original) . Namun, membuat tulisan sebanyak kata-kata di atas 1.000+ tentu memakan banyak waktu dan kinerja otak yang harus diputar-putar untuk memperoleh ide cemerlang. Belum lagi, mata harus berhadapan dengan monitor, yang sering membuat mata saya terkadang berair dan mengalami gangguan pada tulang belakang.

Jadi, saran buat teman-teman blogger, tetap menulis di blog bagus namun penting juga memelihara kesehatan mata. Jika badan dan mata sudah lelah di depan monitor, jangan terlalu dipaksakan, silakan beristirahat 1 – 2 jam (sesuai kebutuhan), setelah itu baru lanjutkan ngebloggingnya kembali sehingga Anda tidak akan menderita miopi seperti saya. Jujur saya sangat sedih dengan kejadian ini.

JANGAN LUPA BACA JUGA TULISAN SAYA DI BLOG JURAGANCIPIR.COM BERIKUT INI:

1. Cara Mengetahui “Personal Branding Menulis” Yang Tepat

2. Kenapa ya Kok Banyak Orang Yang Terburu-Buru Daftar Google Adsense?

Author profile:

Bagikan:
12 Comments
  1. Yoga Aditya Kurniawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.