Masalah Kunjungan Ghost Referral di Blog

Halo thanks mbak Indry. Seminggu lalu ane ketemu sama orang Rusia di Nusa Dua, Bali, cakap – cakap dia seorang master SEO. Wah seneng banget ane, lanjut hari esoknya ane minta tolong ama dia buat ngecek blog ane. Setelah dicek loading oke, respinsive oke, dll pokolnya SEO ok.

Nah, tapi saya dapat ilmu baru gan. Setelah dia cek di Google Analytics ane dia bilang blog ane banyak mendapat kunjungan dari Ghost Referral.

ghost-referral

 Alhasil dia jelasin, kalau Ghost Referral itu referral website yang mengungi blog kita selama 00:00:00 alias membuat Bounce Rate ! Tujuan mereka biar reputasi blog kita jelek. Bahkan walaupun blog kita bukan blog esek – esek bisa dicap blog esek – esek sama mbah Google apabila kita mendapat banyak Ghost Rederral dari situs po*rno. Kalau udah over walaupun konten sebaik apapun pasti ditolak Google Adsense. Contoh mudahnya sobat buka blogger.com trus arah navigasi ke audience, lihat sumber refferal biasanya ada Ghost Referral bernama burger-imperia.com

Nah, apabila kita tidak cegah maka bounce rate blog kita akan terus meningkat dan dapat reputasi sangat buruk dari sesepuh kita Eyang Kakung Google.

Selanjutnya, ane terpaksa menghapus seluruh data visitor yang ada di Google Analytics dan buat tampilan baru. Jadi mulai dari awal visitor berjumlah 0, intinya kaya baru buat blog & Google Analytic / reset visitors number.

Ane pantau tiap hari, baru seminggu ane open Analytic ane ada sebuah website referral dengan visitors 2 dan bounce rate 100% dengan waktu kunjungan 00:00:00. Nah, yang ini gan pasti Ghost Referral, memang jumlah pengunjung tambah banyak terapi bounce rate naik terus dan reputasi jadi buruk, apalagi sampai dicap blog esek – esek jangan sampai deh.

Solusinya harus cek Analytic sesering mungkin dan apabila ada refferal yang bounce nya 100% itu sudah pasti Ghost Referral. Segara filter website refferal tersebut menggunakan 3 filter sekaligus di Google Analytic.

Jadi blog aman, bersih dan suci. Bounce rate juga 00.00%. Untuk cara filternya ane udah bisa, tapi agak ribet dan sulit buat yg belum mahir Google Analytic.

Ane cari – cari cara filter Ghost Referral di Google pke Bahasa Indo tapi nihil. Adanya pke bahasa Enggres. So maybe ada yg mau bantu buat tutorial untuk filter Ghost Refferal ?

Bagikan:
31 Comments
  1. Hiendrich Accid Burn
      • Hiendrich Accid Burn

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.