Maria Gaetana Agnesi Ulang tahun ke-296 di Google Doodles

Halo juragan… Seperti biasanya, kini google doodle merayakan hari ulang tahun Maria Gaetana Agnesi yang ke-296 di beranda google atau di halaman pencarian google. Tahukah anda siapa Maria Gaetana Agnesi?

Maria Gaetana Agnesi (1718-1799) adalah anak tertua dari 21 bersaudara, dimana beliau telah dilahirkan dari keluarga Italia yang kaya raya serta terpelajar, dan dia mempunyai ayah seorang matematikawan. Maria Agnesi menguasai banyak bahasa di dunia, diantaranya adalah: bahasa latin, bahasa Yunani, bahasa-bahasa Yahudi dan beberapa bahasa lainnya sejak beliau berusia 9 tahun.

Kemudian pada usia ke-20 tahun Agnesi memulai sebuah karyanya yang sangat penting, yaitu sebuah buku ajar kalkulus. Untuk pada masa itu, kejelasannya sungguh-sungguh mengagumkan dan merupakan buku ajar kalkulus luas yang pertama sejak karya dini dari I’Hospital. Buku itu memberikan banyak kehormatan termasuk pengakuan dari Kaisar Maria Theresa dan Paus Benediktus XIV.

Nama Agnesi menguasai suatu tempat dalam kepustakaan matematika melalui suatu sumbangan kecil Maria yakni pembahasannya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang berarti “membalik”. Kurva tersebut dikenal sebagai sihir dari Maria Agnesi karena versiera dalam bahasa Italia artinya adalah “Iblis betina”.

Pada peringatan seratus tahun wafatnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas nama beliau. Sebuah batu pertama di bagian muka gedung Luogo Pio bertuliskan prasasti yang isinya “terpelajar dalam matematika, keagungan Italia dan abadnya”.

Semoga kini beliau Maria Gaetana Agnesi mendapatkan tempat yang mulia disisiNya berkat jasa-jasanya terhadap ilmu pengetahuan bagi umat manusia di dunia. [Thanks to Wikipedia]

Jangan lupa baca juga berita google doodle beberapa hari kemarin yang berjudul Dorothy Hodgkin Hari Ulang Tahun ke-104 di Google Doodles.

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.