Marbled Cat, Kucing Hutan Asia Sumatera Kalimantan

Halo juragan… Kucing marmer atau dalam bahasa Inggris disebut marbled cat dengan nama latin Pardofelis marmorata, adalah kucing liar dari Asia selatan dan Asia tenggara. Wilayah persebaran kucing hutan ini mulai dari Asia selatan di Nepal dan India, terus ke Asia Tenggara hingga pulau Sumatera dan kalimantan.

Spesies ini pernah dianggap memiliki keturunan pantherine atau “kucing besar” karena warnanya yang mirip macan tutul dan suka memanjat pohon. Analisa genetik telah menunjukkan bahwa kucing marmer berkaitan erat dengan kucing emas asia (asia golden cat) dan kucing teluk (bay cat), yang menyimpang sekitar 9,4 juta tahun yang lalu.

Sejak tahun 2002 telah terdaftar oleh IUCN sebagai satwa rentan dengan kepunahan. Populasi efektif diduga kurang dari 10.000 individu dewasa karena penyusutan habitat hutan mereka.

READ  Cendrawasih, Burung Dari Surga Yang Mempesona

Dalam penangkaran, kucing marmer mampu hidup selama 12 tahun. Habitat utama hutan hujan tropis, juga dilaporkan di hutan gugur hijau campuran dan hutan sekunder.

Setelah usia kehamilan 81 hari mereka menghasilkan 1- 4 anak dengan berat masing-masing sekitar 3,5 – 4 ons pada saat lahir. Telinga mereka terungkap dari kepala setelah 5 hari dan mata mereka terbuka setelah 14 hari. Binatang ini mencapai kematangan pada usia sekitar 21 bulan.

READ  Lammergeier, Burung Elang Pemakan Sumsum Tulang

Kucing marmer hampir menyamai ukuran kucing peliharaan, merupakan salah satu yang terkecil dari kucing besar. Ekor sepanjang 45cm digunakan sebagai alat untuk menjaga keseimbangan ketika berburu. Mangsa hewan predator ini terdiri dari tupai, reptil dan burung.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

42 komentar

  1. Gambar Gravatar Wahyu Eka Prasetiyarini berkata:

    Kayak bukan kucing mbak, tapi malah hampir mirip sama macan. Jadi takut saya hehehe :D<br />Kalau saya suka nya kucing persia mbak ^^

    1. iya kalau ini sih kaya macan, takut kalau diterkam hehe…

    2. Biasanya kucing itu menggemaskan ya. :p

    3. kucing ini menggemaskan sekaligus menyeramkan mas, karena kalo tersenyum kelihatan taringnya, hihihi ^_^

  2. Kucingnya bagus kaya macan tutul

    1. itu memang njiplak dari macan tutul mas, hehehe 🙂

  3. itu kucing yah mba.. Hehe :-D<br /><br />kucing marmer bisa bertahan hidup nyampe 12 tahun.. Lama juga yah mba..

    1. kucing ini memeng panjang umur dan bahagia mas,,, harimau sumatera cuma bisa mencapai 15 tahun 🙂

  4. Lihat belang kulitnya, saya belum pernah menemui kucing yang seperti ini. Kayaknya keturunan macan, ya mBak?!<br />Nice shared, useful for me.. thanks<br />Btw saya follow @52, bila berkenan sudilah follow baik , iya mBak..

    1. ini kucing memang jiplakan dari macan mbak, jadi kulitnya belang begitu :)<br />saya sdh follback mbak, makasih follownya n salam sahabat ^_^

  5. Marbled cat merupakan salah satu kucing yang terkecil dari kucing besar, berarti yang dirumah termasuk kucing kecil yah mbak 🙂

    1. marbled cat masuk golongan kucing besar mas,,, kalo yg dirumah itu bukan termasuk kucing besar mas, tapi digolongkan kucing domestik atau peliharaan 🙂

  6. wah kalo kucing seperti itu mah saya blom pernah liat mbak, seringnya liat kucing garong hehehe 😀 malah mirip macan ya 🙂

    1. kalo kucing garong saya malah belum pernah lihat mas, tapi kalo garong saya sering lihat di liputan 6 sctv, hehehe ^_^

    2. HEY mas marnes, pas saya mau berkunjung balik di blognya mas marnes ada peringatan seperti ini:<br /><br /><b>Bahaya: Ada Perangkat Lunak Perusak!</b><br />Google Chrome telah mencekal akses ke laman ini di blablabla.blogspot.com.<br />Konten dari blablabla.com, dikenal sebagai distributor perangkat lunak perusak, telah dimasukkan ke dalam laman web ini. Mengunjungi laman ini sekarang sangatlah

  7. mantab sekali informasi nya kakak

    1. makasih kunjungan perdananya mas Hendi, salam kenal ^_^

  8. Kucing hutan itu muknya unik dan lebih mendekati macan ya Mba, tapi kira-kira jinak gak ya ?

    1. kucing ini jinak kalo pas tidur mas Indra,,, tapi kalo pas melek galak seperti macan, hehehe 🙂

  9. Gambar Gravatar Penyuluh Perikanan berkata:

    sepertinya memang kucing seperti ini jarang ditemukan dan saya sendiri belum juga melihatnya, tapi untuk menjaga kepunahan perlu dilestarikan <br />postingan yang sangat bagus dan dapt memberi informasi sobat<br />terima kasih sudah berbagi

    1. sekarang hewan langka telah mendapatkan perlindungan serius meskipun masih sering dilanggar leh para pemburu liar. Tapi setidaknya telah membantu mempertahankan populasi mereka dari penyusutan.<br />makasih apresiasi n kunjungannya mas Penyuluh perikanan ^_^

  10. Wahhh Kucingnya Keren + Imut mirip Macan Tutul yah haha

    1. kucing ini memang mencontek rancangan dari macan tutul mas, jadi rupanya mirip macan tutul, hehehe 🙂

  11. kucingnya ga kek garfield ya.. hihii<br />malah mirip macan.. keknya galak ya..

    1. ini macan kecil sist, karena tergolong kucing besar,,, jadi ya galak, hehehe ^_^

  12. lucu,,,,,,<br />tapi mirip harimau

    1. lucu tapi kalo meringis serem ya sist, hehehe 🙂

  13. aw lucu deh kucingnya jadi pengen miara 😀

    1. saya juga pingin miara mbak Elsa, tapi gak tau kemana belinya kucing itu, hehehe 🙂

  14. Lagi seneng kucing ya mbk 😀

    1. mumpung lagi suka ngomongin kucing mas, hehehe ^_^

  15. Dari kemarin kucingnya kok besara2 ya mbak apa salah lihat sih saya<br />coba kalau ada di kampung saya pasti ah lari

    1. kalo yg biasa dipangku mbak indah itu kucing meong, kalo dielus-elus langsung tidur. tapi kalo kucing ini dielus2 malah nggigit, hihihi ^_^

  16. Mba Indri lagi ngumpulin kucing, hehe

    1. mumpung lagi musim kucing mas, hehehe

  17. 9,4 juta tahun yang lalu itu tahun berapa yah mba indri?? hehe namanya unik &quot;marmer&quot; kaya bahan keramik.. kalau saja masih ada di Indo mungkin saya akan tertarik untuk memeliharanya untuk menjaga rumah…..<br />

    1. Ini ada kok di indo mas, yaitu di hutan sumatera dan kalimantan. Jadi yg bisa piara hanya orang sumatera dan org kalimantan aja. <br />Kalo orang jawa hanya bisa piara kucing meong aja, atau paling banter kucing garong, hohoho ^_^

  18. itu kucing belum makan mba, makanya nyelangap trus. 😀 Tapi kalo diperhatikan bentuknya sama aja dengan kucing yang ada di rumah hehe

    1. itu nyelangap mau makan fotografernya mas, serem ya,,, hohoho ^_^

  19. belum pernah lihat nih, . trimkasih infonya

    1. di indonesia hanya ada di sumatera n kalimantan mas ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *