vps murah

Home / Satwa Liar

Kamis, 14 November 2013 - 09:10 WIB

Marbled Cat, Kucing Hutan Asia Sumatera Kalimantan

Halo juragan… Kucing marmer atau dalam bahasa Inggris disebut marbled cat dengan nama latin Pardofelis marmorata, adalah kucing liar dari Asia selatan dan Asia tenggara. Wilayah persebaran kucing hutan ini mulai dari Asia selatan di Nepal dan India, terus ke Asia Tenggara hingga pulau Sumatera dan kalimantan.

Spesies ini pernah dianggap memiliki keturunan pantherine atau “kucing besar” karena warnanya yang mirip macan tutul dan suka memanjat pohon. Analisa genetik telah menunjukkan bahwa kucing marmer berkaitan erat dengan kucing emas asia (asia golden cat) dan kucing teluk (bay cat), yang menyimpang sekitar 9,4 juta tahun yang lalu.

Sejak tahun 2002 telah terdaftar oleh IUCN sebagai satwa rentan dengan kepunahan. Populasi efektif diduga kurang dari 10.000 individu dewasa karena penyusutan habitat hutan mereka.

READ  Harimau Sumatera Melahirkan di London

Dalam penangkaran, kucing marmer mampu hidup selama 12 tahun. Habitat utama hutan hujan tropis, juga dilaporkan di hutan gugur hijau campuran dan hutan sekunder.

Setelah usia kehamilan 81 hari mereka menghasilkan 1- 4 anak dengan berat masing-masing sekitar 3,5 – 4 ons pada saat lahir. Telinga mereka terungkap dari kepala setelah 5 hari dan mata mereka terbuka setelah 14 hari. Binatang ini mencapai kematangan pada usia sekitar 21 bulan.

READ  Burung Pelagic Kaki Biru di Galapagos

Kucing marmer hampir menyamai ukuran kucing peliharaan, merupakan salah satu yang terkecil dari kucing besar. Ekor sepanjang 45cm digunakan sebagai alat untuk menjaga keseimbangan ketika berburu. Mangsa hewan predator ini terdiri dari tupai, reptil dan burung.

Share :

Baca Juga

Satwa Liar

Burung Puffin Atlantik (Fratercula arctica)

Satwa Liar

Singa Asia Predator Terancam Punah

Satwa Liar

Death Adder, Ular Berbisa Australia Paling Mematikan

Satwa Liar

Katak Bertanduk Amazon (Ceratophrys cornuta)

Satwa Liar

Inland Taipan, Ular Asli Australia Paling Beracun di Dunia

Satwa Liar

Tahukah Anda Macam-Macam Tekstur Bulu Kucing Besar?

Satwa Liar

Tahukah Anda Apa Hewan Terkuat di Dunia?

Satwa Liar

Buaya Reptil Zaman Purba