Manfaat Penting Jagung Buat Kesehatan Ibu Hamil Serta Janinnya

Negara kita dikenal sebagai negara agraris yang sangat terkenal akan kesuburan tanahnya, serta hasil alam dan komoditi makanan yang melimpah ruah. Dan salah satu komoditi tersebut adalah tanaman jagung. Walaupun jagung sendiri menurut sejarahnya merupakan tanaman yang berasal dari Negara Amerika latin, tetapi di negara kita tanaman ini bisa tumbuh sangat subur. Bahkan juga dijadikan sebagai salah satu bahan makanan pokok di beberapa daerah tertentu.

ibu-hamil-makan-jagung

Dan ngomong-ngomong tentang jagung, pada artikel kali ini akan saya share mengenai berbagai kandungan gizi serta manfaat dari jagung buat kesehatan manusia, dan salah satunya adalah manfaatnya buat ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Simak juga Khasiat Luar Biasa Buah Manggis Buat Ibu Hamil.

Kandungan gizi atau nutrisi pada tanaman jagung

Jagung merupakan tanaman yang sangat kaya karbohidrat. Dan seperti yang kita tahu jagung juga merupakan salah satu makanan yang bermanfaat sebagai sumber energi tubuh. Selain itu kandungan air dalam jagung juga banyak, begitu juga protein, serat, kalsium, zat besi serta beberapa vitamin, misal vitamin A, B1 dan vitamin C.

Manfaat jagung buat ibu hamil

• Jagung bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung ibu hamil serta janinnya. Kandungan nutrisi pada jagung, yaitu karoteniod, vitamin C serta bioflavonoid membantu dalam mengendalikan jumlah kolesterol yang ada pada darah. Jika kolesterol normal tentunya jantung juga sehat. Selain itu, nutrisi yang terdapat pada jagung juga bisa memperkuat jantung janin yang dikandung.

• Mengurangi keluhan sembelit, yang merupakan keluhan yang sering dialami ibu hamil. Dengan kandungan serat 3 gr per biji, jagung sangat baik untuk membantu ibu hamil mengatasi dan mencegah terjadinya sembelit yang biasanya terjadi saat awal trimester pertama atau pada masa-masa awal kehamilan.

Biasanya sembelit terjadi karena pada ibu hamil memproduksi hormon progesteron, yang mana hormon tersebut dapat mempengaruhi usus dan menyebabkan sistem pencernaan ibu hamil terganggu. Dari berbagai banyak jenis jagung, jenis jagung manis merupakan yang sangat dirokemandasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal ini karena dalam jagung manis kandungan lemak dan kalorinya cukup rendah.

• Menjaga kesehatan mata janin. Dalam tanaman jagung terkandung betakaroten, xanthin serta lutein. Oleh sebab itu tak heran jika jagung sangat bagus dalam menjaga kesehatan mata.

Selain diatas sebenarnya masih banyak lagi manfaat jagung ini buat ibu hamil serta janinnya. Mencegah anemia pada ibu hamil, membangun sistem memori pada sijanin, mencegah terjadinya cacat lahir merupakan beberapa diantaranya.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Hati-Hati, Berikut Ini Adalah 8 Penyebab Penyakit Gondok Yang Penting Untuk Anda Ketahui.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.