Manfaat Menyusui Yang Luar Biasa Untuk Ibu Dan Bayi

Menyusui adalah hal yang sangat lumrah untuk semua wanita. Tetapi ada juga wanita yang enggan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dengan berbagai macam alasan seperti kesibukan dsb. Untuk membuat anda memahami menganai manfaat menyusui untuk anda dan bayi, mari simak ulasan berikut:

ibu-menyusui

1. Meningkatkan sistem imun. Sistem imun adalah pertahanan utama tubuh dalam melawan serangan penyakit, jadi sangat penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi anda. Saat sistem imun bayi lemah, maka akan sangat rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

2. Meningkatkan fungsi otak. Pasti anda sebagai seorang ibu mengharapkan jika anak anda lahir kelak menjadi anak yang cerdas. Yups,,memang pintar itu harus dengan banyak belajar, tetapi mencukupi kebutuhan nutrisi otak juga sangat penting. Mencukupi kebutuhan nutrisi otak bisa dilakukan pada 3 periode, pertama ketika dalam kandungan, kedua ketika masih bayi dari ASI yang anda berikan, dan yang ketiga ketika anak bisa mengkonsumsi makanan dari luar. Jadi jangan lewatkan ketiga periode tersebut.

3. Mencegah Sindrom Kematian Bayi. Kematian bayi mendadak atau dikenal dengan istilah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) adalah suatu kondisi yang menyebabkan bayi meninggal tanpa sebab yang jelas. Sindrom ini sudah membunuh hingga 2.500 bayi setiap tahun. Meskipun ini sangat mengerikan tetapi bisa dilakukan pencegahan dengan memberikan ASI kepada bayi anda. Penelitian menunjukkan jika terjadi pengurangan hingga 50% kejadian SIDS oleh ibu yang menyusui dibandingkan dengan mereka yang tidak.

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. ASI mengandung berbagai macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi anda. Sehingga memberikan ASI eksklusif menjadi suatu keniscayaan. Sebenarnya anda bisa saja memenuhi nutrisi tersebut dari susu formula, tetapi kualitasnya tentu tidak sebaik dari ASI. Di dalam ASI terdapat beberapa nutrisi seperti mineral, vitamin, protein dan antibodi.

5. Mengurngi kanker pada anak. Perlindungan yang diberikan kepada anak dari ASI eksklusif terhadap penyakit berlangsung melampaui tahap menyusui bayi Anda, juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko anak terkena kanker pada anak tertentu. Para ilmuwan tidak tahu persis bagaimana ASI mengurangi risiko kanker, tetapi mereka menduga jika efek antibodi dalam ASI dapat memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh bayi.

Manfaat menyusui untuk ibu

1. Mengurangi risiko kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyakit paling mematikan yang telah membunuh ribuan wanita di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat menghindarkan sang ibu dari penyakit berbahaya ini. Bahkan lamanya tingkat menyusui juga menjadi indikasi yang baik untuk mencegah kanker payudara.

2. Menurunkan berat badan. Berat badan bertambah pasca melahirkan menjadi masalah klasik bagi sebagian besar wanita hamil. Tetapi, hal ini bisa dicegah dengan cara menyusui. Secara langsung bayi akan menyerap nutrisi dari ibu saat mereka menyusui, beberapa nutrisi tersebut termasuk lemak, protein dan vitamin. Jadi dengan menyusui maka seorang wanita akan mengalami pengurangan lemak secara alami.

3. Kesehatan mental. Menyusui tidak hanya bermanfaat bagi tubuh ibu, tetapi juga pada kesehatan mental mereka. Studi menunjukkan bahwa ibu menyusui menunjukkan gejala kecemasan postpartum dan depresi lebih sedikit dibandingkan mereka yang memberikan susu formula kepada bayi.

4. Meningkatkan kekuatan tulang. Jika anda menganggap menyusui justru membuat tubuh sang ibu kekurangan nutrisi maka anda salah. Memang untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas ASI maka anda harus makan lebih banyak nutrisi, tetapi menyusui justru dapat menutrisi tulang karena proses ini akan membantu tubuh menyerap kalsium lebih efisien, sehingga akan mencegah osteoporosis.

Reference: http://www.manfaatcaramengatasi.com/2016/03/5-manfaat-menyusui-untuk-ibu-dan-bayi.html

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.