Manfaat Luar Biasa Limbah Kulit Telur Yang Belum Banyak Diketahui

Semua pasti sudah tahu jika telur memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun tahukah Anda ternyata tidak hanya isi dari telur yang memberi manfaat, bahkan kulit cangkangnya pun bisa tidak kalah bergunannya buat manusia.

Penasaran untuk apa saja kegunaan cangkang telur buat Kita, Silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

cangkang-telur

1. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium adalah salah satu zat yang penting serta sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi.
Dan cara mudah untuk mendapatkan kalsium ini adalah dari mengkonsumsi satu sendok makan bubuk canggkang atau kulit telur yang dilarutkan dalam satu gelas air minum. Diketahui dalam satu sendok canggkang telur ini mengandung 900 mg kalsium.

2. Mengatasi Nyeri Pada Persendian

Nyeri sendi sering kali menyerang orang yang telah lanjut usia. Penyakit ini terjadi akibat telah menurunnya penyerapan kalsium oleh tulang. Hal itu wajar jika sering terjadi pada orang tua, karena tubuh seseorang semakin melemah kemampuannya karena faktor usia. Selain menyerang orang yang lanjut usia, nyeri persendian juga banyak terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Dan untuk cara mudah mengatasi hal ini adalah salah satunya dengan memanfaatkan bubuk cangkang telur.

3. Melembutkan Dan Memuluskan Kulit Wajah

Selain dikonsumsi langsung, ternyata pemanfaatan canggkang kulit telur ini bisa dengan di buat masker. Yang mana dengan masker berbahan cangkang telur ini berkhasiat untuk membentuk lapisan lembut pada kulit wajah.

Dan cara penggunaannya adalah:

Campurkan bubuk cangkang telur secukupnya dengan sedikit putih telur yang masih segar. Lalu cuci wajah Anda dengan air hingga bersih dan keringkan.

Setelah itu oleskan bubuk cangkang tadi ke bagian wajah hingga rata dan diamkan beberapa menit hingga sampai kulit terasa ketat dan seperti ditarik tarik. Kemudian bersihkan dengan air.

Gunakan secara rutin seminggu dua atau tiga kali, maka dalam pemakaian satu bulan kulit akan terasa lembut dan tampak lebih cerah. Tapi tidak semua jenis kulit cocok dengan masker ini, untuk jenis kulit yang sangat sensitif atau yang mudah berjerawat sebaiknya dicoba pada sebagian kecil wajah dulu, bila tidak menimbulkan efek buruk bisa diteruskan.

4. Mengobati Gatal Pada Kulit

Gatal di kulit yang disebabkan iritasi sering menyebabkan ruam kemerahan di kulit. Untuk menghilangkan iritasi tersebut bisa dicoba dengan cara berikut ini :
Rendamlah cangkang telur yang sudah dibersihkan, dan rendam ke dalam larutan yang bersifat asam selama beberapa jam.

Diatas telah disebutkan beberapa masalah kesehatan yang bisa disembuhkan dengan cangkang telur yang telah diproses menjadi bubuk. Dan selanjutnya Kita bahas bagaimana cara membuat bubuk dari kulit cangkang telur yang benar. Semoga bermanfaat, jangan lupa simak juga 3 Manfaat Teh Yang Jarang Orang Tahu.

Bagikan:
10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.