Manfaat Gunung Berapi Bagi Burung Maleo

Halo juragan… Gunung berapi adalah utusan api kematian dan kehancuran dari dalam planet bumi. Sementara bencana alam lain seperti tornado dan tsunami yang mengerikan, gunung berapi memiliki kualitas neraka yang unik. Tentu saja, gunung berapi lebih dari sekedar gunung yang hanya memuntahkan batu cair panas yang menakutkan.

Namun tidak semua makhluk berpikir bahwa gunung berapi sebagai suatu instrumen kehancuran. Dibalik aksi ganas neraka kecil mereka, gunung berapi juga mewariskan kesuburan tanah bagi kehidupan kita.

listverse.com

Tidak hanya manusia, tapi juga binatang. Ada salah satu burung yang terbilang sangat aneh. Mengapa? Burung ini tergantung pada gunung berapi untuk bertahan hidup. Dialah burung maleo. Hewan ini adalah spesies yang terancam punah hanya yang bergantung pada energi panas bumi untuk menetaskan telur-telurnya.

Selama musim bertelur, maleo berusaha keluar dari sarang menuju ke daerah vulkanik dan menggunakan panas mereka untuk menetaskan telur-telurnya. Mereka melakukan ini karena telur mereka begitu besar hingga sekitar lima kali ukuran telur ayam. Telur-telur ini akan memiliki kesempatan untuk inkubasi bagi diri mereka sendiri.

Sepanjang gunung berapi masih aktif, maka masa depan cerah kehidupan burung maleo. Dibalik ganasnya lahar panas gunung merapi yang mengerikan, disitu tersimpan senyum bahagia burung maleo.

Bagikan:
8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.