Manfaat  ASI dan Makanan Untuk Memperbanyak ASI

ASI Eksklusif adalah asupan dan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan bayi. ASI  eksklusif yang sudah diberikan seorang ibu kepada si anak merupakan makanan yang sangat mendukung tumbuh kembang si buah hati.Dengan memberikan ASI eksklusif yang cukup kepada si bayi akan membuat tubuh bayi tidak rentan terkena penyakit.Selain itu apa saja sih manfaat memberikan ASI kepada si bayi ?

Berikut ini manfaat memberikan ASI Eksklusif  kepada si bayi :

1. Membuat Kekebalan tubuh Menjadi Kuat

ASI ( air susu ibu ) mengandung Zat antibodi. Zat Antibodi ini adalah zat yang membentuk sistem kekebalan tubuh pada bayi. Dengan adanya zat antibodi, maka akan membuat tubuh bayi menjadi lebih kuat untuk melawan bakteri dan virus. Biasanya bayi yang sudah diberikan asi eksklusif tidak mudah terkena penyakit, seperti : asma, alergi , dan lainnya. Selain itu bayi yang diberikan ASI  eksklusif lebih rendah terkena obesitas.

2. Memperoleh Limpahan Kolesterol Baik

Kolesterol sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan si bayi.Nah, di dalam ASI banyak terdapat kolesterol yang  berguna untuk tumbuh kembang si bayi. Dan perlu kita ketahui bersama bahwa kolesterol baik ini banyak terkandung di dalam ASI.

3. Membuat Tulang Bayi Lebih Kuat

Pemberian ASI Eksklusif pada bayi bisa membuat tulang pada bagian leher dan tulang bagian        belakang menjadi lebih kuat .Untuk bayi yang sudah diberikan ASI Eksklusif selama tiga bulan biasanya tulang leher dan tulang bagian belakangnya lebih kuat ketimbang bayi yang kurang diberi ASI selama tiga bulan.

4. Membuat si Bayi Menjadi Cerdas

Menurut para Ahli Kandungan Nutrisi ASI sangat penting untuk kecerdasan si Bayi. Kandungan asam lemak yang terkandung dalam ASI turut serta berperan dalam pembentukan kecerdasan si kecil. Selain itu, proses pemberian ASI Eksklusif turut serta berperan dalam mempererat hubungan si bayi dengan ibunya.

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat pemberian ASI Eksklusif kepada Bayi, maka selanjutnya kita akan membahas tentang  Makanan apa saja yang perlu di konsumsi agar ASI menjadi lancar dan memiliki stok yang banyak.

Makanan Untuk Memperbanyak ASI :

1. Konsumsi Sayur Katuk

Banyak cara memperbanyak ASI , salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayur katuk.Sayur katuk bisa kita beli dipasar atau juga bisa kita peroleh dengan memetiknya dikebun kita sendiri.Sayur katuk merupakan cara yang aman dan efektif untuk memperlancar dan memperbanyak Air Susu Ibu ( ASI ).Dengan mengkonsumsi daun katuk , maka ASIK akan lebih  banyak ketimbang dengan ibu yang tidak mengkonsumi sayuran ini.

2. Bunga Pisang

Selain sayur katuk, bunga pisang atau jantung pisang juga bisa bermanfaat untuk memperbanyak ASI.Di tempat saya bunga pisang ini disebut juga disebut sebagai tongkol pisang. Kandungan Flavanoid yang tinggi pada bunga pisang ini mengandung yang namanya “ lactogogum “. Lactogogum ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Mencari bunga pisang atau jantung pisang ini juga tidak terlalu sulit karena banyak ditemui dipasar – pasar tradisional atau diperkebunan pisang milik warga.

3. Mengkonsumsi Jahe

Manfaat jahe memang banyak sekali, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan selama proses menyusui si bayi. Dari informasi yang kami baca – baca di internet, kandungan galactagogue pada jahe bisa menstimulasi produksi ASI.Namun rasa dan aroma jahe bisa mempengaruhi rasa ASI sehingga bayi suka menolak jika diberi ASI.Jika sudah begini sebaiknya tidak mengkonsumsi jahe dan pilih jenis makanan lainnya saja misalnya : Sayur daun katuk atau Sayur bunga pisang.

Jika malas untuk memasak sayur katuk atau sayur bunga pisang namun ingin produksi ASI tetap lancar,  kini sudah tersedia Herba Asimor . Herba Asimor adalah herba yang mengandung ekstrak daun katuk, daun torbangun dan ekstrak ikan gabus. Herba asimor bermanfaat sekali dalam mempelancar produksi ASI.Jadi tunggu apalagi, butuh herba yah Herba Asimor.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.