vps murah

Home / Blogger

Sabtu, 9 Mei 2015 - 10:43 WIB

Macam-macam Tujuan Orang Berkomentar di Blog / Website

Berkomentar di blog – Komentar yang terposting di blog-blog di internet memiliki latar belakang dan tujuan yang berbeda-beda. Dengan membaca komentar yang mereka tulis serta cara-cara mereka dalam berkomentar, maka kita bisa tahu apa maksud dan tujuan mereka berkomentar di blog kita maupun di blog lainnya.

Simak juga Menghargai Diri Sendiri Dengan Berkomentar Yang Baik di Blog Lain.

komentar-blog

Berikut ini macam-macam tujuan orang berkomentar di blog / website:

1. Bertanya

Jika postingan kita menerangkan tentang panduan atau cara-cara membuat/belajar tentang sesuatu, maka ada orang yang berkomentar dengan tujuan untuk bertanya. Misalnya, mereka menanyakan sesuai yang kurang jelas atau sulit dipahami maupun bertanya lebih lanjut tentang artikel tersebut.

2. Memberikan apresiasi

Jika postingan kita dianggap bermanfaat dan bisa membantu serta menyenangkan pembaca, maka pembaca akan memberikan apresiasi berupa pujian, doa, dukungan, berterima kasih, dan lain-lain di blog kita. Semua itu merupakan komentar apresiasi pembaca kepada kita.

3. Ingin bersahabat

Ada juga blogger yang berkomentar di blog kita karena mereka suka dengan blog kita dan ingin bersahabat dengan cara berkomentar di blog kita. Dan komentar tersebut merupakan bentuk ekspresi mereka untuk memperkenalkan dirinya serta memperkenalkan blognya kepada kita.

4. Membalas persahabatan

Ada pemilik blog yang berkomentar di blog lain dengan tujuan untuk membalas komentar yang telah ditulis oleh admin blog tersebut di blog miliknya. Misalnya, hari ini blog anda mendapatkan komentar dari seseorang blogger berupa komentar yang mencerminkan persahabatan, lalu besoknya anda berkomentar balik di blog milik blogger tersebut. Maka komentar anda ini merupakan komentar balasan untuk membalas persahabatan dari blogger lain tersebut.

READ  Optimasikan Situs Anda Untuk Mobile Search

5. Menjawab pertanyaan sesama komentator

Terkadang ada si empunya blog yang tidak bisa menjawab pertanyaan pembaca. Hal ini bisa disebabkan karena pertanyaan tersebut di luar kemampuan penulis, atau bisa jadi artikel tersebut didapat dari mengcopy paste di blog lain sehingga si empunya blog tidak bisa menjawab pertanyaan pembaca. Maka biasanya ada pembaca lain yang membantu menjawab pertanyaan yang ada di kolom komentar.

6. Menggoda si admin

Terkadang ada komentar seperti ini, “hmmm blognya cantik seperti adminnya”. Komentar ini tidak ditujukan kepada isi bacaan, tetapi ditujukan kepada si admin blog sehingga akhirnya si admin menutup komputer dan kemudian masuk kamar lalu ngaca berkali-kali untuk mencari tahu apakah komentar yang dimaksud tadi memang cantik beneran atau cuma ngeledek si admin 😀

7. Menyampaikan opini

Banyak orang berkomentar di blog/website dengan maksud ingin menyampaikan opini atau pendapatnya. Komentar semacam ini sering ditemui di website portal berita seperti yahoo, kompas, tribunenews, detik. com, dll. Terkadang mereka saling menyerang sesama komentator. Bahkan mereka berkomentar bukan karena membaca artikel di website tersebut, tapi karena mereka membaca komentar orang lain lalu ingin mengkritik atau mendukung komentar dari sesama komentatortersebut.

8. Memberikan umpan balik

Pembaca juga sering berkomentar di blog/website dengan tujuan memberikan umpan balik atau masukan kepada si pemilik blog, misalnya mereka memberikan saran, kritik, koreksi, komplin, dan masukan-masukan lainya kepada si pemilik website terkait isi postingan atau sesuatu pada website tersebut.

READ  Cara Mengetahui Berapa Jumlah Artikel Blog di Index Google

9. Meminta kunjungan balik

Ada orang yang berkomentar di blog kita dengan tujuan meminta kunjungan balik agar kita juga berkomentar di blognya. Tapi jika kita tidak berkunjung balik dan tidak berkomentar di blognya, maka besoknya mereka tidak mau berkomentar lagi di blog kita karena mereka tidak mendapat imbalan komentar dari kita. Jadi mereka berkomentar di blog anda hanya untuk tujuan agar anda juga berkomentar di blognya.

10. Mencari backlink

Tidak sedikit juga orang berkomentar di blog kita dengan meninggalkan url blognya di kolom komentar hanya untuk tujuan mencari backlink. Mereka belum tentu membaca artikel kita, yang penting backlink sudah tertancap maka tujuannya sudah tercapai. Bahkan komentarnya pun seringkali asal-asalan.

11. Berpromosi

Banyak orang berkomentar di website lain dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau barang dagangannya maupun untuk mempromosikan websitenya. Hal ini biasanya dilakukan oleh pebisnis online kelas kecil yang tidak memiliki budget mencukupi untuk beriklan secara online dengan semestinya, sehingga mereka berpromosi di kolom komentar.

12. Komentar nyasar

Komentar nyasar ini dilakukan oleh robot spammer. Si pengirim spam bertujuan untuk mendapatkan backlink dari blog-blog yang terkena sasaran, tidak peduli blog-blog apapun ia kirimi komentar. Biasanya komentar spam ini dikirim oleh penjual jasa backlink yang tidak mematuhi pedoman mutu webmaster dan tidak menjaga keselamatan website kliennya, sehingga mereka menyebar url blog milik klien dengan menggunakan robot spamer.

Demikian macam-macam tujuan orang berkomentar di blog atau website. Jangan lupa simak juga Pentingnya Update Artikel Baru Dengan Sepotong Kalimat.

Share :

Baca Juga

Blogger

Ciri-ciri Seorang Blogger Pemula Alias Newbie

Blogger

Keuntungan Anda Menggunakan Desain Template Responsive

Blogger

Berapa Lama Blog Baru WordPress Tampil di Google?

Adsense

Situs Wallpaper Ini Mungkin Perbulan Ratusan Juta Dari Adsense

Blogger

Ini caranya agar Blog dinilai Google

Blogger

Cara Mengobati Rasa Bosan Ngeblog Paling Ampuh Bersama Suzan

Blogger

Mengapa Artikel Anda Kurang Nonjok?

Blogger

Mengapa Saya Dulu Kesulitan Membuat Artikel Banyak?