Macam-Macam Platform Blogging Harus Anda Tahu

Hai… Kalian lebih suka platform blogging apa, wordpress, mywapblog atau blogger? atau kalian menyukai semuanya.

Kali ini saya akan mencoba merangkum kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari ketiga platform itu, saya sendiri sudah mencoba ketiga platform blogging tersebut dan untuk sekarang saya sedang memakai blogger dan mywapblog.

macam macam blog gratis, jenis jenis website gratis, variasi platform blog gratis

Yang pertama adalah Blogger

Siapa yang tidak tahu dengan platform yang satu ini, platform milik Google yang sudah mendunia dan dipakai oleh banyak orang, bisa dibilang Blogger adalah platform blogging gratis tapi lengkap.

Anda bisa memonetize blog yang Anda miliki agar bisa menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan biaya, fitur yang dimiliki Blogger pun cukup banyak, Anda akan mendapatkan subdomain blogspot (dot) com jika menggunakan platform ini.

Kedua adalah WordPress

Banyak orang mengatakan bahwa WordPress adalah pesaing terdekat dari Blogger, saya sih setuju – setuju saja. WordPress ada dua macam, yaitu WordPress (dot) com dan WordPress (dot) org, jika Anda menginginkan blog gratis maka Anda harus menggunakan WordPress (dot) com dengan subdomain yang sama, tapi sayangnya Anda tidak akan bisa memonetize blog Anda karena pihak WordPress tidak mengijinkan adanya iklan dan java script.

Jika Anda menginginkan blog yang profesional Anda bisa menggunakan WordPress (dot) org dengan syarat Anda harus memiliki domain dan hosting sendiri, wordpress (dot) org biasa disebut dengan Wp SelfHosting, jadi terpaksa Anda harus mengeluarkan biaya untuk menghidupi hosting Anda.

READ  Tahukah Anda Apa Penyemangat Ngeblog Paling Ampuh?

WordPress memiliki banyak sekali plugin – plugin yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas blog Anda, jadi Worpress self hosting sangat di rekomendasikan oleh Blogger – Blogger sukses diluar sana untuk membuat blog yang bagus dan tentunya bernilai jika akan dijual.

Ketiga adalah MyWapBlog

Apa Anda tahu mengenai mywapblog atau yang biasanya disebut dengan MWB ?

Platform ini memang masih baru, dibuat pada tahun 2008 oleh seorang pemuda dari India, sebenarnya MWB di khususkan untuk orang – orang yang tidak memiliki PC atau laptop tetapi ingin memiliki sebuah blog, maka dari itu terciptalah MWB yang mudah di kelola lewat ponsel ataupun PC.

Sebagai blog baru, MWB bisa dibilang cukup sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia, karena 90% user MWB adalah orang Indonesia yang rata – rata masih sekolah. Saya mengenal MWB pada tahun 2011 kala itu MWB masih menggunakan bahasa inggris tapi saya menelantarkan blog buatan saya itu selama kurang lebih hampir 2 tahun hingga pada akhir tahun 2013 saya mencoba membukanya lagi, ternyata kini bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa kedua di MWB.

Tapi sayang MWB tidak support java script dan masih banyak iklan bawaan.

Mari kita lihat dari segi SEO

Nama domain MWB memiliki tiga kata yaitu My, Wap dan Blog tidak seperti Blogger dan Worpress yang hanya memiliki dua kata, yaitu Blog dan Spot untuk Blogger, Word dan press untuk WordPress.
Selain itu MWB memiliki beberapa pilihan domain seperti heck.in pun.bz mwb.im faa.im dan juga mywapblog.com

READ  Tips Membuat Jadwal Postingan Secara Lancar Tiap Hari

Jadi bisa kita lihat bahwa MWB memiliki domain yang lebih SEO dibandingkan kedua pesaingnya.
Tapi jika kita lihat dari banyaknya plugin yang dimiliki masing – masing platform maka WordPress lah yang paling banyak memiliki plugin untuk menambah SEO sebuah blog.

Kesimpulannya, semua platform blog sama saja, ada yang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jangan salahkan platform yang Anda pakai jika blog Anda tidak memiliki trafik yang tinggi tapi salahkan diri Anda kenapa Anda tidak bisa membuat blog Anda menjadi yang terbaik.

Anda bisa sukses dengan platform blogging manapun asalkan niat dalam mengelolanya. itu semua kembali lagi ke diri kita mau menggunakan platform blogging yang mana.

Kalau Anda?

^^ Jangan lupa baca juga Perjuangan Dan Pengorbanan Seorang Ayah.

Kontributor

Penulis    : Bayu A.S
(Terverifikasi)

Address : Desa Bugel, Kec. Godong, Kab. Grobogan, Jawa Tengah

Twitter : @bayuas06

Website
 : http://lakukan-sesuatu.blogspot.com

Ingin Berbagi Pengalaman Unik Anda di Internet? Kirimkan di Blog Juragan Cipir.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

6 komentar

  1. saya pakai blogger dan wordpress 😀 tapi yang lain tidak kalah apalagi pada bagian SEO dan desainya 😀

  2. untuk tiga-tiganya punya semua.<br />tapi dalam ngeblog lebih fokus ke wordpress. dengan alasan, karena pada wordpress bisa dikomen dari blog platform apa saja :-<br />hehe…<br />Salam kenal mas bayu.

  3. kalo menurut saya sama aja mas pake yang mana pun. khususnya untuk yang baru memulai mungkin ga perlu nimbang2 dari seonya,.. heheee,.. <br /><br />Sekedar opini saja mas,.. soalnya banyak blogger baru, yang baru mulai blogging langsung tertuju ke optimasi blog untuk jadi yang teratas ketimbang menulis kontennya,..

  4. kalau menurut saya platform yg baik adalah platform yg cara mengelolanya paling kita kuasai ya mas mas 😀

  5. doakan ya kakk. saya juga ingin sukses seperti blog kakak. setelah saya telusuri dari dahulu saya kira blog adalah blog standar, tapi setelah membaca terus menerus saya jadi yakin kalau blog juragan cipir termasuk blogger yang berhasil..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *