Mabuk Saat Berkendara? Jangan Khawatir, Berikut Ini Adalah Penyebab Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Pernahkah anda mengalami mabuk perjalanan? Jika pembaca pernah mengalami, saya yakin pembaca pasti setuju bila pengalaman mabuk saat perjalanan merupakan kejadian yang sangat-sangat tidak mengenakkan dan cukup menggangu. Selain keasikan dalam menikmati perjalan terganggu, juga rasa pusing dan mual sangat menyiksa.

Baca juga: Asam Lambung Anda Meningkat? Atasi Dengan Cara Mudah Dan Alami Berikut Ini.

mabuk-perjalanan

Lantas apakah para pembaca semua tahu apa penyebab dari terjadinya mabuk perjalanan tersebut? Mungkin ada pembaca yang belum tahu, ok kalau begitu, langsung saja kita simak ulasannya.

Penyebab terjadinya mabuk perjalanan

1. Dalam dunia medis di jelaskan kronologi dari penyebab terjadinya mabuk perjalanan adalah karena pengiriman pesan yang berlawanan. Maksudnya adalah informasi dari telinga bagian dalam atau pusat keseimbangan pada tubuh kita, dengan informasi yang disampaikan mata ke otak tidak singkron atau berlawanan sehingga menimbulkan kekacauan atau desinkronosis pada sistim koordinasi syaraf pusat.

2. Saat kita berada dalam kendaraan yang melaju, yang terjadi adalah kadar oksigen dalam ruangan menjadi berkurang dan sebaliknya kadar karbondioksida menjadi sangat tinggi atau meningkat.

3. Mencium bau-bau yang tajam, misal bau bahan bakar kendaraan, bau parfum/pengharum kendaraan yang menyengat ataupun dari bau rokok.

4. Guncangan yang terjadi saat kita di dalam kendaraan yang sedang melaju, entah itu karena disebabkan jalan yang tidak mulus atau suspensi kendaraan yang tidak bagus, merupakan salah satu penyebab terjadiny mabuk kendaraan.

5. Usahakan jangan melihat ke bawah saat kendaraan sedang melaju, karena hal ini juga menjadi pemicu mabuk kendaraan

6. Membaca, entah itu sms di handphone atau koran di dalam kendaraan yang sedang melaju merupakan pemicu timbulnya perasaan mual atau pusing. Jika pembaca tidak percaya, silahkan dicoba.

Cara mencegah mabuk saat di perjalanan

Setelah membaca beberapa penyebab dari mabuk perjalanan di atas, berikut ini saya akan share tips-tips ampuh untuk mengatasi mabuk perjalanan. Ok, langsung saja silahkan disimak.

1. Usahakan fokus pandangan ke depan jauh, misal melihat pemandangan sekitar, gunung, dan lain –lain.

2. Duduk di bangku bagian depan. Salah satu cara menghindari rasa mual, atau pusing saat berkendara adalah dengan duduk di dalam kendaraan yang posisinya cukup stabil dan tidak banyak terkena guncangan, yaitu berada di dalam mobil bagian depan.

3. Mendengarkan musik. Saat kita mendengarkan musik atau mengalihkan pikiran kita untuk menikmati alunan musik, maka yang terjadi pikiran kita akan rileks. Dan hal ini juga merupakan salah satu cara ampuh dalam mengatasi mabuk dalam perjalanan.

4. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe dan jeruk nipis.

5. 30 menit sebelum berkendara sebaiknya mengkonsumsi obat anti mabuk, walaupun cara ini kurang direkomendasikan, karena berbagai efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang, tetapi masih di sah-sah saja asal bijak dalam menggunakannya.

6. Usahakan sirkulasi udara tetap lancar dalam kabin kendaraan. Sebaiknya matikan ac dan buka jendela kendaraan anda agar angin segar bebas masuk.

Demikian di atas adalah beberapa tips-trik ampuh dalam mengatasi mabuk saat perjalanan. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Lakukan Olahraga Rutin Setiap Hari, Agar Penampilan Menarik dan Tubuh Selalu Sehat.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.