Lucu! Berita Hoax Ternyata Bisa Bikin Tertawa

Halo juragan… Berita hoax adalah suatu berita yang membohongi pembacanya, pendengarnya, atau penontonnya agar percaya dengan apa yang ia beritakan. Tujuan berita hoax ini bermacam-macam. Ada yang bertujuan untuk menghasut, mengelabuhi, menipu, mengalihkan perhatian publik, dan ada juga yang bertujuan hanya sekedar untuk mengisi blog karena kehabisan ide menulis artikel postingan. Intinya, berita hoax adalah berita omong kosong alias berita yang tidak ada faktanya.

Berita hoax bisa membuat orang lain benar-benar percaya, namun bagi orang yang tahu bahwa itu adalah berita hoax maka akan tertawa. Saya baru saja dibuat tertawa oleh berita hoax yang saya baca di internet. Dan sampai saya menulis inipun saya sesekali sambil tertawa karena geli. Bagaimana ceritanya saya bisa tertawa.

Pada tahun 2011 saya pernah menulis sebuah artikel hasil cerita seorang dukun di kampung saya, yaitu dukun ilmu pelet. Dukun itu menceritakan kepada saya cara-cara melakukan ilmu pelet dan kedahsyatan efeknya, maklum pada saat itu beliau sedang berkunjung ke rumah saudara saya.

Karena cerita itu cukup seru dan menarik, maka saya menulisnya di blog. Tentu saja banyak pembaca yang menghubungi saya melalui gmail untuk meminta alamat dukun tersebut serta meminta cara-cara menangkal ilmu pelet terutama para istri-istri yang suaminya kena pelet. Bahkan ada pembaca yang bersedia membayar berapapun agar sang dukun tersebut bersedia memelet seorang pria idamannya. Dan pertanyaan-pertanyaan pembaca tersebut saya balas semua karena cerita saya memang fakta adanya.

Karena artikel saya itu cukup ngetren dan selalu tampil di halaman pertama google, maka ada sebuah situs berita yang mengcopas artikel saya tersebut. Bahkan banyak juga dukun-dukun palsu di internet yang ikutan mengcopas artikel saya. Untuk dukun-dukun palsu tersebut saya sedikit memaklumi, karena mereka mengcopy paste artikel saya tanpa merubah tulisan. Tujuannya hanya agar pembaca semakin tertarik untuk membeli jasa palsunya..

Namun yang lucu dan membuat saya tertawa ini adalah ada situs berita yang mengcopas artikel saya dan merubahnya menjadi berita hoax. Mengapa lucu? Situs berita ini mengcopas artikel saya lalu menambahnya dengan tulisan karangan dia sendiri yang menceritakan seolah-olah wartawan mereka telah mendatangi rumah dukun pelet dan melakukan wawancara. Dukun pelet ini diberi nama dengan nama karangan dia sendiri, lalu rumahnya disebutkan di suatu daerah karangan dia sendiri juga. Tanggal serta hari ketika mewawancarai sang dukun juga dia tulis dari hasil karangan.

Reporter gadungan ini mengarang cerita seolah-olah dia mendatangi rumah dukun pelet di suatu daerah pada hari dan tanggal tertentu seperti layaknya seorang wartawan yang meliput suatu berita. Dia memberi nama unik kepada sang dukun serta memberi umur setengah tua seperti layaknya seorang dukun. Tapi semua itu hanya karangan yang ditambahkan di artikel saya.

Ketika saya membaca berita itu, saya terkejut karena itu adalah tulisan saya. Tentu saja saya tahu persis dengan tulisan saya meskipun telah diolah dan ditambah-tambahi dengan cerita karangan seseorang. Apa yang saya lakukan setelah saya membaca berita konyol tersebut? Saya langsung lari ke kamar mandi dan tertawa terbahak-bahak sambil gulung-gulung di kamar mandi. Bagaimana tidak tertawa, mungkin anda sendiri juga akan tertawa jika membaca sebuah situs berita yang memposting artikel tulisan anda yang ditambah-tambahi dengan cerita omong kosong.

Ironisnya lagi, tadi pagi ketika saya browsing di internet saya membaca lagi artikel tersebut dan ternyata sekarang sudah banyak pembaca yang berkomentar di situs tersebut dengan menanyakan alamat sang dukun. Bahkan ada yang memberikan nomor HP agar sang dukun menghubunginya. Tentu saja sang wartawan gadungan tersebut tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca karena berita yang ia tulis berasal dari karangan belaka. Seandainya dia mau menjawab mungkin akan dijawab dengan jawaban karangan pula. Dan itu sama dengan berbohong dua kali kepada pembaca. Sehingga dia memutuskan lebih baik tidak menjawab komentar, tetapi dalam hati dia berkata, “makan tuh berita hoax!”.

Oalah mas bro… kalau kehabisan ide menulis postingan mbok ya jangan menulis berita hoax, kasihan tuh pembaca pada mengharap bantuan dari dukun pelet hasil karanganmu belaka, wkwkwk….

* Sampai disini dulu pengalaman unik yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman pembaca, semoga bisa membuat anda sekalian terhibur sekaligus berhati-hati dan jangan terlalu percaya dengan setiap berita, meskipun sulit dibedakan antara berita nyata dan berita hoax.

Bagikan:
41 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.