Lingkungan Anda Adalah Rejeki Anda

Selamat pagi siang malam, kapanpun pembaca setia Juragan cipir milik mbak indri membaca artikel ini. Kali ini saya ingin membahas tentang “Lingkungan anda aadalah rejeki anda“, di edisi kesekiaan (saya lupa ini artikel saya yang ke berapa).

Lingkungan berarti tempat dimana anda tinggal termasuk tetangga (sumber daya manusia) serta sumber daya alam nya dan hal hal yang berkaitan dengannya. Kebetulan saat ini saya berada di satu desa, dimana banyak yang masih gaptek masalah teknologi. Sampai-sampai laptop kepunyaan saya dikira tivi cilik.

desa wisata jogja, kampung wisata di jogja, bantul desa pariwisata
bantulmedia.com

Selain itu orang yang mengetahui teknologi juga terkadang memanfaatkan nya tidak maximal. Paling cuma dipakai buat donlot lagu ama film (asal bukan film bl#ue  he he he). Dulu saya sering kesal dengan tingkah laku manusia di kampung saya, yang punya kesan meremehkan dan tak perduli tentang lingkungan. Namun seiring dengan berjalan nya waktu, kenapa hal itu tidak kita manfaatkan menjadi tambang rejeki kita dalam bisnis online?

Lalu apa yang bisa kita manfaatkan dari lingkungan yang primitive? Jawabannya adalah banyak. Puter puter otak, lalu kemudian timbul ide sederhana. Kita bisa menjual barang milik mereka lewat online. Kalau kita punya modal, maka barang yang ingin mereka jual, kita beli dahulu. Kemudian kita jual dengan harga yang mahal.

Sebagai contoh saya dahulu bekerja sama dengan tukang servis elektonik. Saya beli kipas angin rusak, mesin cuci rusak, kulkas rusak. Kemudian saya meminta jasa tukang servis itu untuk membetulkan, lalu setelah jadi kemudian saya jual. Dan keuntungan net nya bisa 100 persen.

service kulkas, servis ac, service televisi, servis kipas angin, service sanyo
silient-action.blogspot.com

Karena kebetulan tukang servis itu pengajar di TPA Khasan Yahya, kemudian setelah dia tahu cara menjual barang di online, maka saya lepas aja. Dan membiarkan dia mencari dan menjual barang itu lewat online. Selain barang barang elektronik, sayapun pernah menjual  sepeda motor, sawah dan rumah milik tetangga kampung lewat media online.

Selain menjual, kita pun bisa memanfaatkan jasa kita. Bisa buat jasa buat email, fesbuk, twitter, dll. Pembaca pasti ketawa, kok masih ada orang yang gak bisa buat email? Jangankan buat email. Buka computer saja, masih banyak yang belum tahu kok 😀

Tapi kini kalau ada orang kampung yang ingin saya menjualkan barangnya, cara yang saya lakukan adalah system terbuka alias jujur. Saya akan menjual lewat harga yang dia inginkan, misalkan terjual. Maka terserah orang itu memberi saya imbalan berapa. Saya tidak ingin memperkaya diri dari memanfaatkan kebodohan orang. Untuk awal awalnya sih enak, tapi lama-lama saya merasa berdosa juga,e ntah kenapa.

usaha kecil di desa, cara mendirikan usaha rumahan, home industri
desabangunjiwo.com

Walaupun sebenarnya sepanjang itu tidak merugikan, maka sah-sah saja kita mendapatkan keuntungan berlipat. Inilah beberapa cara sederhana bisnis online yang pernah saya kerjakan memanfaatkan lingkungan dimana kita berada. Pada edisi mendatang saya akan menceritakan pengalaman saya menjuaal barang lewat media fesbuk serta suka duka nya, insya allah.

^^ Simak juga Sepenggal Kenangan Saya Bersama Koes Plus.

kontributor

Penulis : Risman Aji Darmawan
(Terverifikasi)
Address : Desa Kasihan, Kab. Bantul, Jogjakarta

Facebook : Risman Aji Darmawan

Google+ : +Risman Aji

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.