Leshy, Makhluk Halus Penjaga Hutan

Halo juragan… Leshy adalah roh halus laki-laki penjaga hutan dalam mitologi Slavia yang dipercaya bertugas untuk melindungi hewan liar dan juga melindungi tumbuhan di hutan. Mereka biasanya muncul sebagai seorang pria dengan tubuh tinggi besar, tetapi memiliki kemampuan untuk mengubah ukuran tubuh mereka menjadi anak kecil, maupun merubah diri ke dalam berbagai bentuk, misalnya seperti hewan atau tumbuhan.

Dalam wujud aslinya, Leshy memiliki jenggot terbuat dari rumput dan tanaman merambat yang hidup dan sering digambarkan dengan ekor, kuku, dan tanduk. Makhluk halus ini memiliki kulit putih pucat dan mata hijau gelap. Mereka adalah raja hutan dan memiliki obligasi dekat dengan serigala abu-abu, beruang, dan semua kehidupan binatang.

Ketika leshy sedang merubah diri ke dalam bentuk manusia maka akan terlihat seperti seorang petani biasa, meskipun matanya bersinar. Makhluk gaib ini dapat mengecilkan diri dengan ketinggian setinggi rumput maupun tumbuh dengan ukuran pohon tertinggi di hutan. Leshy umumnya dipahami suka membuat seorang petani tersesat, membuat orang sakit, dan bahkan menggelitik mereka agar geli sampai mati.

Makhluk halus penunggu hutan ini sangat nakal dan memiliki teriakan yang mengerikan. Namun, Leshy juga dapat meniru suara manusia dan sering kali menyembunyikan pengembara yang hilang ke dalam gua mereka. Leshy tidak selalu jahat, tetapi sangat menyukai keusilan menyesatkan manusia dan suka menculik wanita muda yang cantik. Dasar hantu nakal.

^^ Jangan lupa baca juga Cerita Hantu Tu-po Membalas Dendam ke Kaisar China Kuno.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.