Site icon Juragan Cipir

Legenda Hantu Usus Dalam Mitologi Jawa

Hantu usus adalah hantu yang berwujud angin lesus atau angin topan kecil yang konon sering membelit seseorang yang lewat di sebuah jalan. Hantu usus ini merupakan salah satu dari macam-macam hantu dalam kepercayaan masyarakat jawa.

Jadi hantu usus ini bukanlah hantu yang berwujud usus manusia seperti cerita leak bali. Namun hantu usus hanya berupa angin topan kecil yang berputar-putar lalu melilit kaki manusia dan bisa mengakibatkan manusia menjadi bingung dan tersesat karena pengaruh sihir dari hantu usus.

Untuk melawan serangan hantu usus, manusia disarankan untuk memencet pusar atau dalam bahasa jawa disebut “udel”. Jika manusia memencet pusarnya saat dililit oleh hantu usus, maka makhluk halus tersebut akan melepas lilitannya dan pergi.

Konon hantu usus sering mengganggu orang-orang yang lewat di sebuah jalan di desa yang terletak di pinggir hutan. Hantu usus memiliki tempat tinggal di sekitar hutan. Oleh karena itu di kota-kota di jawa biasanya kita tidak pernah mendengar cerita hantu usus, karena kota merupakan suatu tempat yang jauh dari hutan.

Orang yang sering diganggu oleh hantu usus biasanya para pencari kayu bakar yang pulang pada senja hari dan orang-orang yang pergi ke pasar dini hari menjelang pagi.

^^ Jangan lupa simak juga Cerita Memasuki Kota Makhluk Halus Pantai Selatan.

Exit mobile version