Langkah Mudah Memulai Hidup Hemat untuk Menyiapkan Dana Darurat

Banyak orang yang merasa kesulitan di dalam menyimpan uang atau menabung karena kondisi keuangan yang sangat terbatas. Nilai income yang dimiliki pas-pasan untuk biaya kebutuhan sehari-hari. Sehingga jika ada kebutuhan yang sifatnya darurat maka mau tidak mau selalu membuat mereka berhutang. Karena sejak awal memang tidak pernah mempersiapkan dana darurat ini. padahal fungsinya sangatlah penting untuk menghindari adanya hutang atau mengurangi potensi berhutang.

Sebenarnya tidak menjadi masalah berapapun besarnya income yang Anda miliki, jika seandainya pintar di dalam mengelola keuangan, tentunya selalu bisa menabung atau memiliki uang cadangan untuk kebutuhan yang sifatnya darurat semacam ini. Solusinya tak lain adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat.

Berikut ini diantaranya tips bagi Anda yang bergaji pas-pasan agar bisa hidup lebih hemat, yaitu:

1. Mencatat setiap pendapatan dan juga pengeluaran dengan baik dan rinci, hal sepele namun sering kali tidak dilakukan. padahal dari catatan ini Anda akan tahu seberapa konsumtif diri Anda dan juga kemana larinya setiap pemasukan yang dimiliki tersebut. Akan lebih mudah untuk menganggarkan dana atau income yang Anda miliki, jika seandainya ada catatan yang jelas disini.

2. Mulailah untuk masak sendiri, dibandingkan dengan membeli makan di luar, sebenarnya memang masak makanan sendiri akan membuat Anda menjadi jauh lebih hemat. Apalagi jika jumlah anggota keluarga yang ada di rumah juga cukup banyak. Bahkan Anda juga dapat membiasakan diri untuk selalu membawa bekal masakan dari rumah tersebut ke tempat kerja, jadikan sebagai kebiasaan agar jadi semakin hemat.

3. Selalu menyimpan recehan, biasanya kembalian dari toko atau minimarket selalu ada yang recehan, jangan sepelekan keberadaan dari uang recehan ini, alangkah baiknya bagi Anda untuk tetap menyimpannya. Karena jika terus dikumpulkan nilainya semakin lama jadi semakin besar dan bisa ditabung.

4. Mengurangi kebiasaan belanja, banyak diantara masyarakat, khususnya adalah kaum hawa yang memang memiliki kebiasaan senang dalam berbelanja, bahkan hal-hal yang sifatnya tidak penting atau kurang dibutuhkan. Secara tak sadar hal ini sebenarnya akan melubangi keuangan Anda secara perlahan. Untuk itu ada baiknya dalam mengurangi kebiasaan belanja tersebut, jika memang bukan barang yang dibutuhkan, kenali antara kebutuhan dan juga keinginan.

5. Disiplin di dalam menggunakan kartu kredit dan juga kartu debit atau ATM, sebisa mungkin jika seandainya Anda ingin keluar, misalnya adalah belanja ataupun nongkrong, maka biasakan diri untuk membawa uang pas. Jangan menggunakan kedua kartu ini kecuali dalam keadaan yang terdesak. Karena memang sifatnya sangat cepat di dalam menghabiskan uang Anda, mengingat cara pakainya sendiri juga mudah karena tinggal di gesek saja.

6. Jika ada tabungan atau uang lebih cobalah untuk diinvestasikan, seperti diantaranya adalah menyimpannya dalam bentuk perhiasan. Ini jauh lebih efektif karena terkadang Anda juga menjadi malas untuk menjualnya. Kecuali dalam kondisi-kondisi yang sifatnya darurat, maka mau tidak mau harus menjual barang tersebut, karena membutuhkan uang. Harga jual dari perhiasan sendiri cenderung stabil bahkan bisa begitu meningkat tajam.

Itulah setidaknya beberapa langkah menerapkan gaya hidup hemat agar bisa menyimpan dana darurat. Anda bisa mulai menerapkannya mulai dari sekarang, karena tidak akan ada yang tahu kapan nantinya gejolak finansial menimpa keluarga Anda, maka sebaiknya sedia payung sebelum hujan untuk menghindarinya.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.