Langkah-langkah Mengelola Website Agar Berkembang Menjadi Besar

Untk memiliki website besar kita harus memahami langkah-langkah utama dalam mengelola website agar bisa berkembang sesuai keinginan kita. Tanpa pengelolaan yang benar dan terencana maka sangatlah sulit bagi kita untuk mewujudkan website kita menjadi besar.

Ada 3 hal paling penting dalam mengelola website yang tidak boleh kita abaikan untuk menciptakan sebuah website besar yang sukses. Berikut ini 3 hal penting tersebut:

1. Mempertahankan trafik blog

2. Meningkatkan trafik blog

3. Mengembangkan blog

Sekarang marilah kita membahas langkah-langkah penglolaan blog dari awal.

1. Mempertahankan trafik blog

Ketika blog anda baru diluncurkan, tentu anda akan mengisinya dengan konten setiap hari yang akhirnya blog anda mendapatkan trafik dari searh engine. Biasanya langkah pertama ini akan sukses dalam 3 bulan. Jika satu hari anda update satu artikel, maka 3 bulan blog anda sepantasnya menerima 90 hingga 200 kunjungan perhari.

Setelah itu trafik anda akan macet jika anda tetap menulis satu artikel perhari karena blog anda sudah mulai berkomoetidi dengan website lain di mesin pencari. Maka langkah selanjutnya adalah menginjak langkah kefua, yaitu meningkatkan trafik blog.

2. Meningkatkan trafik blog

Langkah kedua ini mengalami proses yang panjang. Untuk meningkatkan trafik blog ysng sedang bersaing di mesin pencari, anda mengupdate satu artikel perhari tidaklah cukup, kecuali hanya mampu bertahan saja di posisi semula, yaitu 200 visitor unik perhari. Atau paling banter trafik blog anda akan sebanding dengan jumlah postingan blog anda.

Untuk memaksa trafik blog anda naik, maka anda harus memaksa diri anda menulis dua artikel perhari. Maka untuk beberapa waktu trafik blog anda akan meningkat sampai porsi 2 artikel perhari tersebut sudah tidak mampu lagi memacu pertumbuhan trafik blog. Biasanya hal ini terjadi pada saat umur blog anda menginjak 7 bulan hingga setahun.

Agar trafik blog anda terus tumbuh, maka kita harus meningkatkan lagi jumlah update artikel kita menjadi 3 artikel perhari. Maka trafik blog anda akan terus tumbuh seiring berjalannya waktu dan penambahan konten. Masa- masa peningkatan update artikel ini akan berlangsung hingga memaksa anda untuk bisa update 5 artikel perhari secara rutin. Biasanya hal ini terjadi setelah blog anda umur 2 tahun dan memaksa anda untuk belajar ilmu seo. Maka kini saatnya anda harus meningkatkan ilmu seo anda ke tingkat lanjutan dengan tetap menjalankan seo dasar atau webmaster tools.

Maka trafik blog anda akan terus tumbuh sampai blog anda mulai terkenal dan mulai menghadapi serangan hacker, ddos, spammer, autoblog kelas kakap, dll. Biasanya ini terjadi ketika blog anda melewati umur 3 tahun dan pada saat ini anda mulai menyadari betapa pentingnya mempelajari sstem keamanan website. Jika anda menggunakan blogger, mungkin anda akan memaksakan diri berpindah ke wordpress self hosting dan mulai memahami macam- macam plugin keamanan dari serangan hacker dan pencurian konten.

Setelah melewati fase ini, kita akan menyadari bahwa untuk membangun sebuah website besar yang sukses ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Kita akan mulai berpikir untuk mengeluarkan biaya tambahan agar bida menyediakan konten setiap hari sehingga pertumbuhan blog kita tetap berjalan. Karena jika kita tidak mampu menyuguhkan jumlsh artikel yang cukup setisp hari, maka blog kita akan macet tenggelam dan diperlukan waktu yang lama untuk kembali ke posisi semula. Sehingga website kita tidak bisa tumbuh pesat jika terlalu banyak waktu yang terbuang.

Pada fase seperti ini kita akan mulai mencari-cari terobosan-terobosan baru demi kelangsungan pertumbuhan blog. Untuk mencapainya maka kita harus berani mencoba mengembangkan blog ke arah yang lebih luas.

3. Mengembangkan blog

Mengembangkan blog ini tergantung kemampuan masing-masing pemilik website. Untuk pemilik website berpenghasilan rendah seperti saya, biasanya kita berorientasi bagaimana agar bisa meningkatkan jumlah update artikel tanpa biaya terlalu besar sehingga blog kita bisa terus tumbuh dan mampu menyibak pesaing di mesin pencari.

Solusi awal adalah kita mencoba menerima artikel kiriman pembaca atau membuka guest blogger. Untuk merintis satu point ini saja tidaklah mudah dan perlu berbagai macam teknik promosi. Jika hal ini masih kurang efektif, kita boleh mencoba trik lain dengan menambahkan forum di blog. Jika masih belum mampu mengatasi kebutuhan konten perhari, maka kita harus menyiapkan fisik yang kuat untuk menulis artikel sampai terkumpul 10 artikel perhari untuk kebutuhan website kita.

Namun bagaimanapun juga, keberadaan guest blogger dan forum di blog anda akan membantu anda mencapai target kebutuhan artikel perhari, sehingga sangat memungkinkan website anda untuk terus berkembang menuju apa yang disebut website besar.

Tahukah anda? Kaskus pada awalnya adalah sebuah blog biasa yang setiap hari diupdate oleh pemiliknya, yaitu mas Andrew Darwis. Tapi karena mas Andrew mengelola kaskus dengan benar agar terus tumbuh dan berkembang tanpa henti, maka akhirnya kini kaskus menjadi website forum terbesar di indonesia. Semua website besar berawal dari kecil, agar bisa menjadi besar maka kita harus terus mengembangkannya sampai menjadi website besar.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman setia blog juragan cipir. Semoga bermanfaat. Mohon maaf karena saya rasa artikel ini terlalu panjang sehingga teman-teman bosan membacanya.

Baca juga Menyimak Kekuatan Blog Linda Ikeji Milik Blogger Cewek Nigeria.

Bagikan:
15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.