Label “Sponsor” Dilarang Oleh Kebijakan Penempatan Iklan Adsense

Halo juragan… Kita harus benar-benar membaca secara cermat kebijakan program adsense dan jangan sampai kita salah dalam memahami kalimat-kalimat yang tertera di halaman adsense bantuan. Jika kita tidak berhati-hati dalam memaknai keterangan-keterangan di halaman adsense bantuan maka bisa-bisa situs atau akun adsense kita dibanned.

Seperti yang tertera pada Kebijakan Penempatan Iklan di halaman adsense bantuan yang menerangkan bahwa kita hanya di perbolehkan memberikan label “iklan” atau “tautan sponsor”. Dan kita dilarang memberikan label hanya “sponsor” saja.

Berikut ini penjelasan google tentang larangan memberikan label sponsor yang harus kita pahami agar situs atau akun adsense kita tidak didisabled. Pokoknya kita harus nurut aja deh apa kata google biar akun kita aman hehehe πŸ˜€

Label menyesatkan
Menganjurkan secara langsung atau tidak langsung kepada pengguna untuk mengeklik iklan Google tidak diizinkan oleh kebijakan program kami. Misalnya, penayang tidak boleh menempatkan iklan di bawah tajuk atau judul menyesatkan karena dapat membingungkan pengguna sehingga yakin bahwa iklan adalah tautan situs yang terkait dengan tajuk itu.

Untuk menghindari masalah ini, kami meminta penayang hanya menggunakan “tautan sponsor” atau “iklan” untuk memberi label pada iklan.

Penayang tidak boleh menggunakan:

  • β€œSponsor”
  • β€œDisarankan”
  • β€œMitra”
  • β€œPenawaran”
  • β€œhubungan”
  • β€œWarta”
  • “Situs favorit saya”
  • “Berita terbaru”

Kesimpulan: 
Penayang tidak diperbolehkan memberikan label Sponsor, tetapi yang diperbolehkan adalah label Tautan Sponsor.

Jadi harap teman-teman perhatikan bahwa jangan sampai kita memberikan label Sponsor pada iklan yang ditempatkan di sidebar atau di manapun.

Dan demi keamanan kita dari kemungkinan google salah memahami, maka sebaiknya kita tidak usah memberikan label apapun pada iklan tersebut jika kita tempatkan di sidebar. Karena google telah memberikan label “iklan oleh google” ataupun “adchoices“.

Tetapi jika iklan tersebut kita tempatkan di area postingan yang sangat mirip dengan isi konten, maka agar pengguna mudah membedakan sebaiknya kita memberikan label iklan saja, jangan tautan sponsor. Karena kita bertujuan menghindari tulisan sponsor untuk berjaga-jaga dari kemungkinan sistem google salah memaknai perbedaan antara sponsor dan tautan sponsor.

( ? ) Saya sendiri bingung memaknai apa perbedaan antara sponsor dan tautan sponsor. Apakah itu google salah tulis atau memang ada perbedaan tertentu antara sponsor dan tautan sponsor. Padahal menurut saya kedua label tersebut sebenarnya tidak berbeda dalam hal makna. Tapi kenapa google melarang label “sponsor” dan membolehkan “tautan sponsor”.

Dari pada kita pusing-pusing mikirin hal itu, mendingan buang aja deh tulisan sponsor biar akun kita selamat dari banned.

Sekian info buat teman-teman dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Apakah Penempatan Iklan Saya Melanggar Kebijakan Program Adsense?

Bagikan:
38 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.