Kumakatok, Trio Hantu Maut Penjemput Ajal

Halo juragan… Kumakatok adalah hantu mitos Filipina yang dikisahkan beranggota tiga orang makhluk halus dan mengetuk pintu tengah malam ketika akan ada orang mati di rumah tersebut. Di tengah malam, ketukan akan terdengar di pintu, dan diluar berdiri tiga tokoh siluman berkerudung putih. Salah seorang adalah wanita muda cantik dan dua lainnya orang tua.

Tidak ada cerita tentang bagaimana kelompok itu dibentuk atau dari mana mereka berasal, tapi cerita tentang kumakatok telah melegenda di seluruh Filipina dengan frekuensi berkunjung selama musim wabah penyakit atau musim kematian.

Legenda kumakatok mengatakan bahwa kunjungan mereka merupakan pertanda bahwa salah seorang anggota keluarga di dalam rumah yang dikunjungi kumakatok tersebut akan segera mati. Tidak ada cara untuk menghindari kedatangan tamu gaib tak diundang ini. Menutup pintu rapat-rapat tidak membantu sama sekali.

READ  Kepercayaan Jawa Tentang Adanya Mbah Danyang

Kumakatok hanya mengetuk dan pergi. Beberapa hari kemudian seseorang di dalam rumah tersebut akan mati. Mereka adalah hantu pemberitahu jadwal kematian.

Di kalangan masyarakat tempo dulu (jawa kuno) juga ada wabah kematian semacam ini yang disebut “pagebluk”, namun bukan berupa orang ketuk-ketuk pintu, melainkan keranda mayat berjalan sendiri di malam hari. Pertanda akan ada orang mati dirumah yang didatangi keranda mayat gaib. Tetapi kepercayaan seperti itu di jawa kini di jawa sudah mulai lenyap seiring dengan kemajuan jaman.

READ  Ulekan Sambal Bisa Mengusir Tamu Kelewat Malam

Ngeri ya..? Untung di Indonesia hantu kumakatok tidak ada, paling-paling cuma suster ngesot dkk ^_^

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

29 komentar

  1. kalo nggak salah denger di indo ada mbak tapi bukan trio macan :d sepasang merpati yang mitos nya kalo dah ada itu merpati sama kayak cerita diatas :d

    1. Mas Sopyan ngeri juga yah. burung merpati malahan di daerah saya buat mainan 😀 Mbak indri nice posts nya<br />Salam sukses salam sejahtera 🙂

    2. kalo tahu ceritanya bisa diposting tuh trio merpatinya mas sopyan, hehehe :D<br />kalo saya merpati sukanya digoreng mas karryst, hehehe :P<br />salam sejahtera juga mas karryst 🙂

  2. Serem juga artikelnya Mbak Indri, baca lagi dengan seksama<br />Kalau di daerah saya, ciri-ciri nya bisa dengan terdengar nya<br />Burung Beak Mbak. mungkin di daerah lain beda yah?

    1. tiap2 daerah berbeda hantu mas, kalo dikampung saya jika mlm hari ada suara burung bence berarti ada orang mau meninggal dunia, hmmm 🙂

  3. serem juga baca artikelnya mbak soalnya ini kan pas malem jumat hihi…..

    1. kalo takut baca artikel malam2 ya nunggu pagi aja sambil minum kopi mas Anthonie, hehehe 😀

  4. Kumakatok, jangan main ke rumah ya, saya jadi serem nih, hiiiihhhh…

    1. kumakatok gak bisa bahasa indonesia mas, bisanya bahasa filipina doank, hehehe 😀

  5. Serem juga artikelnya Mbak Juragan Cipir… jadi serem tapi penasaran baca sampai habis….

    1. kalo baca jgn sampai habis mas, ntar temannya gak kebagian, hihihi 😀

  6. lebih serem pas sendirian di rumah ,.ehm. .

    1. Dirumah kan ditemenin sama nyamuk mas budi, hehehe 😀

  7. hehe…suster ngesot di tinggal lari saja…

    1. suster ngesot kalo ditinggal lari langsung berdiri ya mas, hehehe 😛

  8. Dari kemarin sharingnya horor terus nih juragan cipir jadi merinding… hehehee

    1. mumpung lagi musim hantu mas, hehehe 😛

  9. blognya jadi serem.. <br /><br />mbak tombol &quot;posting lama&quot; kemana ya,, tadi saya mau nyari artikel lama kok gak ada di index<br />

    1. kalo nyari artikel lama di sidebar kiri mas, di latest post itu aja, hehehe 😀

  10. waduuuh…artikelnya ngebahas yang serem-serem lagi nie…<br />gak mo nerusin ah bacanya…attuuuuttt…. 😀

    1. ini pas lagi demam hantu mas, hehehe 😛

  11. Gambar Gravatar Wahyu Eka Prasetiyarini berkata:

    wah serem banget mbak, kalau ada hantu kayak getu wujud nya. Datang bertiga lagi, rombongan ya :)<br />Semoga aja hanya ada di filipina saja, untuk di indonesia mudah-mudahan nggak ada ya 🙂

    1. kalo di indonesia ada 3 org ketuk pintu malam2 biasanya hansip ronda mbak, hehehe 😛

  12. hmmm… Ngeri Juga tuh Kalo sampe Dikunjungi Ama Trio Hantu itu dan dari pada Di kunjungi ama Trio Hantu Tesebut Mending Dikunjungi Trio Mcan Biarrr Sekalian Goyang haha 😀

    1. kalo trio macan biasanya datang bawa nasi jagung ya mas, hehehe 😛

  13. Wah postingannya hantu terus ni mbk jadi atut 😀

    1. iya nich mas, lagi doyan hantu2an saya, huhuhu 😛

  14. kapan sih tukar profesi jadi misteri sista hehehe

    1. hahaha… baru2 ini aja mbak setelah tertarik ma cerita hantu2an, hehehe tau aja nie sista 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *