Kriteria Mencari Dan Merekrut Penulis Artikel Website Anda

Halo sahabat blogger dan pebisnis online. Semakin besar website anda maka sudah pasti waktu anda akan semakin terbatas sehingga anda tidak bisa melakukan update artikel seorang diri.  Pada saat seperti itu anda dituntut untuk segera memiliki karyawan penulis atau menggunakan jasa penulis online untuk update artikel di blog anda.

Bukan membeli artikel online, tetapi anda memerlukan jasa tukang update blog. Sehingga anda tidak perlu lagi mengcopy dan mempaste artikel kiriman ke blog anda, melainkan anda hanya tinggal mengemudikan blog. Sementara itu si tukang update artikel di blog anda sudah ada.

Ketahui juga:

penulis-website

Adapun berikut ini kriteria penulis website atau tukang update blog yang mungkin perlu anda pertimbangkan dan anda syaratkan untuk kelangsungan website besar anda:

1. Memiliki keahlian menulis artikel teks

Penulis anda harus memiliki keahlian menyusun kalimat, merangkai kata-kata, dan menguasai tata bahasa serta ejaan yang benar. Ini syarat pertama agar anda tidak perlu mengedit dan merapikan lagi artikel buatan penulis anda. Jika tidak, maka waktu anda akan banyak tersita untuk membenahi artikel yang belum siap publish.

Lebih baik anda menulis artikel sendiri dan itu akan lebih efekti9f daripada anda harus mengedit ulang artikel buatan penulis anda. Itu berarti penulis anda belum mampu dan anda sama dengan kerja dua kali nantinya. Jika tidak, anda harus mau mengajarinya tentang cara menulis artikel yang baik.

2. Memiliki keahlian mencari dan mengelola gambar

Mencari dan mengelola gambar pendukung konten bukanlah pekerjaan mudah, karena banyak hal-hal yang harus diketahui. Hal itu meliputi, pencarian gambar tanpa lisensi hak cipta, kemampuan memodifikasi gambar, keahlian dalam mencari gambar yang relevan, dan sebagainya.

Gambar yang ditemukan di internet tidak langsung diupload di blog, tetapi harus dikompress untuk mengurangi space hosting, serta harus dimodifikasi agar tidak terjadi duplikat gambar pada metadata yang ada di google search. Hindari mengambil dan memodifikasi gambar-gambar berhak cipta, misal: karya fotografer yang memiliki lisensi aktif, gambar foto pribadi atau foto wajah orang selain artis, model dan tokoh, dll. Setidaknya pengetahuan dan kemampuan ini harus dimiliki oleh penulis anda. Jika tidak, maka anda harus mau mengajarinya sebelum menjadikannya sebagai penulis tetap di website anda.

3. Memiliki pemahaman dalam hal SEO

Jangan biarkan penulis anda hanya bisa menulis artikel saja, tetapi ajari dia bagaimana menulis artikel yang seo friendly. Hal ini mencakup tentang cara membuat judul postingan, menambahkan internal link pada artikel yang berkaitan, mengisi tag alt (keyword) pada gambar, dll.

Namun jangan sampai over seo. Optimasi seo yang berlebihan pada artikel akan mengakibatkan website anda melanggar pedoman webmaster google sehingga bisa didepak dari halaman pertama mesin pencari.

4. Jujur dan disiplin

Percuma anda memiliki penulis hebat namun tidak jujur dan disiplin. Tanamkan kebiasaan jujur dengan tidak mau mengcopy paste artikel milik orang lain, karena jika tidak maka hal itu akan membahayakan keselamatan website anda jika sampai si pemilik artikel tidak terima dan melancarkan berbagai macam gangguan.

Tanamkan sifat disiplin pada penulis anda, yaitu harus bisa update artikel secara rutin setiap hari. Percuma sehari menulis seribu artikel jika kemudian absen selama berhari-hari. Dampaknya adalah peringkat serta trafik website tidak stabil dan akan cenderung mengalami penurunan. Ketahui juga Tips Membuat Jadwal Menulis Artikel di Blog Untuk Pemula.

Beri gaji yang sesuai

Sekarang giliran tugas anda. Anda jangan hanya memporsir tenaga dan pikiran penulis anda saja, tetapi tunjukkan juga tanggung jawab anda. Berikan gaji yang memadai sesuai dengan tingkat keahlian serta produktivitas dari penulis-penulis anda.

Selamat mengelola website besar dan semoga sukses. Jangan lupa simak juga Profesionalisme Blogger Indonesia, Mau Membayar Penulis Online.

Bagikan:
17 Comments
  1. Misterius

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.