Kontes SEO Melanggar Pedoman Webmaster Google?

Halo juragan… Benarkah sebuah website yang berpartisipasi dalam kontes SEO memungkinkan melanggar pedoman kualitas webmaster google? Sebenarnya ini berita lama, namun postingan ini saya tulis hanya untuk mengingatkan saja bahwa google secara serius mengawasi dan akan mengambil tindakan tegas bagi website yang melanggar pedoman webmaster google.

Beberapa blog dengan platform blogger dihapus oleh google ketika sedang berkompetisi dalam kontes SEO. Selain sangsi penghapusan, mungkin sangsi lain juga dijatuhkan kepada peserta kontes SEO yang melanggar panduan kualitas webmaster google.

Gambar screenshot dibawah ini mungkin bisa memberi penjelasan kepada anda bagaimana resiko website yang mengikuti kontes SEO dengan cara yang melanggar TOS Google. Informasi ini ditulis oleh Teknisi Web Spam Google, Kaspar Szymanski di akun google+ miliknya.

Berikut ini kutipan penjelasan Kaspar Szimanski di Google+

Sejak beberapa waktu yang lalu #Google #Search Quality telah mengamati kontes-kontes SEO di Indonesia. Kami menyadari beberapa kontes ini membahayakan bagi para website yang berpartisipasi. Kontes dengan kata kunci rill seperti “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” atau “Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik” terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google) [http://goo.gl/7tTe6]. Kami sudah mengambil tindakan secara manual sambil menunggu algoritma kami mulai beraksi. Saya sarankan para #webmaster yang menjaga baik-baik reputasi website nya untuk menghindari kontes-kontes semacam ini. Webmaster yang ingin melakukan perbaikan harus memastikan bahwa website mereka mematuhi Peraturan Webmaster Google terlebih dulu sebelum mengajukan rekonsiderasi [http://goo.gl/sGoku].

#seo #spam

Bagaimana dengan Publisher Adsense yang ikutan kontes SEO?

Saya menyarankan anda jangan terlibat. Google adsense menjelaskan tentang resiko melanggar pedoman webmaster google bagi blog yang mengikuti perlombaan Kontes SEO.

Dibawah ini gambar screenshot yang saya ambil dari facebook Google Adsense yang mungkin bisa membantu anda mendapatkan pencerahan.

Berikut ini penjelasan dari Google Adsense di Facebook

Banyak sekali kontes SEO yang diselenggarakan oleh pihak luar yang tanpa disadari bisa membahayakan situs Anda karena terbukti melanggar peraturan dari Google Webmaster. Kami menyarankan Anda untuk menghindari kontes tersebut demi menjaga kualitas website Anda, baca selengkapnya di : http://goo.gl/W0Dcb

Sangsi penghapusan blog mungkin bisa saja dikenakan bagi website yang melanggar pedoman webmaster google akibat pelanggaran yang terjadi pada saat ikut kontes SEO. Dan tentunya bukan hanya penghapusan blog saja, tetapi ada juga sangsi lain. Misalnya banned situs dari mesin pencari yang berakibat hilangnya halaman web maupun turunnya peringkat blog di SERP google. Atau sangsi banned akun google adsense jika anda seorang publisher adsense yang ikut perlombaan kontes SEO dan kemudian ditemukan melanggar TOS google.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Pengertian dan Sejarah Kontes SEO.

Bagikan:
49 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.