Komentar Spam Bisa Membuat Blog Anda DiBanned Adsense

Halo juragan… Google secara proaktif mengawasi blog-blog yang menayangkan iklan adsense. Semakin tinggi trafik sebuah blog maka google akan semakin serius mengawasi blog tersebut. Jika situs anda lalai mematuhi kebijakan program, maka situs kita akan dibanned.

Banned adsense mayoritas bersifat permanen. Jika blog kita telah bertrafik tinggi lalu dibanned, maka kita akan sangat rugi sekali. Kerja keras selama setahun lenyap dalam sehari.

Penyebab blog dibanned banyak sekali, teman-teman bisa membacanya tentang Kesalahan Paling Sering Dilakukan Publisher Adsense Penyebab Banned. Namun, ada satu lagi penyebab blog terbanned yang jarang kita sadari, yaitu komentar spam.

Seperti dijelaskan oleh google, komentar adalah bagian dari konten. Publisher bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tidak ada komentar yang melanggar kebijakan program adsense. Jika ada komentar yang terdeteksi melanggar kebijakan program adsense, maka sebagai konsekuensinya situs atau akun adsense akan dinonaktifkan. Atau paling ringan adalah publisher akan diberi surat peringatan alias warning lebih dulu, dan jika anda mengabaikan peringatan google maka akan dihadiahi banned.

Contoh-contoh komentar yang berpotensi mencelakakan blog anda:

1. Komentar tidak aman bagi keluarga

Komentar tidak aman bagi keluarga meliputi komentar mengandung unsur: pornografi, obat-obatan khusus dewasa, perjudian, perdagangan rokok, obat-obatan terlarang, sara, caci-maki, sumpah serapah, menyindir, menghina dan sebagainya. Komentar seperti itu jangan dijijnkan mampir di blog anda.

READ  Gambar Profil Google Muncul Lagi di Halaman Pencarian

2. Komentar meninggalkan link

Komentar yang meninggalkan link aktif maupun link mati sangat berbahaya bagi keselamatan blog anda. Mengapa? Link-link tersebut bisa saja mengarah ke situs-situs yang melanggar kebijakan program adsense. Jika sekarang situs-situs tersebut belum melanggar, tetapi bisa saja suatu saat nanti mereka melanggar kebijakan program adsense, sementara link mereka pernah terpaste di kolom komentar blog kita.

Maka suatu hari nanti blog kita tahu-tahu akan dibanned karena ada link di kolom komentar yang mengarah ke situs terlarang menurut kebijakan program adsense.

3. Profil Blogger atau Profil Google+ yang melanggar

Google memiliki kebijakan dalam membuat nama profil blogger maupun profil google+, namun terkadang ada saja orang yang menggunakan nama merk obat-obatan dewasa sebagai nama profil mereka di blogger maupun di google+.

Maka jangan ijinkan nama-nama profil seperti itu untuk berkomentar di blog anda, tetapi ijinkan hanya nama-nama profil yang wajar saja untuk berkomentar di blog anda, misalnya: nama orang, nama sekolah, dan semacamnya. Jangan ijinkan nama profil yang menggunakan merk-merk obat-obatan dewasa dan sejenisnya.

Nah, jika mereka menggunakan nama profil obat terlarang lalu berkomentar di blog anda, maka bisa saja nama profil tersebut dianggap melanggar kebijakan program adsense. Selain itu, jika profil tersebut diklik pengguna maka akan mengarahkan pengguna ke situs-situs terlarang yang mereka kelola.

READ  Tips Menjadi Publisher Adsense Sukses Seperti Orang Luar Negeri

Apabila anda menghapus komentar milik profil yang melanggar tersebut, itu hanya akan hilang dari pandangan anda saja. Sedangkan bagi orang lain, profil tersebut tetap tampil di kolom komentar blog anda dengan keterangan, “komentar ini telah dihapus oleh penulis”, jika website anda berplatform blogger.

Bagaimana solusinya?

Aktifkan moderasi komentar. Itu saja! Jangan berikan kesempatan bagi komentar yang melanggar maupun nama profil yang melanggar untuk tampil di kolom komentar blog anda. Karena nama profil yang melanggar yang terlanjur tampil di kolom komentar tidak akan bisa hilang meskipun telah anda hapus dari kolom komentar maupun dari dasbor blogger. Tetapi jika blog anda menggunakan platform wordpress, semua komentar spam bisa disapu bersih.

^^ Semoga sukses buat teman-teman semuanya, jangan lupa baca juga Berapa Umur Blog Yang Ideal Untuk Mendaftar Adsense?

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

21 komentar

  1. wah menakutkan juga ya mbk, mending gak ada komentarnya dari pada harus kena baned. hehee

    1. iya ya mas, lumayan bisa bikin hati dek dek sir, ternyata meninggalkan link pasif pun bisa terkena banned, kemudian nama yang gak wajarpun juga dapat perhatian dari google. kalau begitu ayo kawan kawan kita ciptakan koment positif….saling menjaga blog kita lebih baik.

  2. Untuk blog yang bertrafik tinggi saya menghilangkan kolom komentar mbak, biar aman dan trafik dari SE saja.

  3. waduh,,_<br />ternyata nama profil juga bisa memberikan dampak yang buruk juga ye bagi blog kita.<br />kalo dimoderasi sering ada yang komplain mbak.

  4. Waduh mesti buat moderasi komentar nih Mbak indri, tolong dishare dong Mbak caranya. Terima kasih

  5. mungkin saya termasuk sekarang, karena iklan saya sedari tadi gak muncul2…maKasih postingannya jurangan…

  6. wah nice info mba… sekarang jadi moderate ON , thanks ya..

  7. wah ternyata komentar juga bisa ngebahayain , serem juga

  8. Gambar Gravatar Siti Aisah Kusnadi berkata:

    Cuma kadang suka serba salah mba :)<br />Komentar adalah salah satu kelemahan blogger yang ga saya suka, karena walau udah pakai moderasi ga bisa edit seperti wp, dan kalau ada yg ninggalin link walau udah pakai script ternyata linknya masih ada cuma ga keliatan aja

    1. benar sekali mbak, mendingan kita aktifkan moderasi aja daripada sering disalahgunakan oleh para komentator spammer 😀

  9. bermanfaat banget bagi yang sedang bekerja keras di GA nihya….komentar nya terpaksa saya pasangin modernisasi nih….hadeuh

  10. saya jadi paham bahwa kolom komentar penting juga harus difilter supaya lebih aman.

  11. bermanfaat banget mbak ini penjelasanya bagi saya, kalau begitu saya akan atur komentarnya gak pakai nama url … apa perlu di moderasi ya?

  12. sepertinya bnyak komen yg perlu di hpus nhh

  13. Sepertinya komentar G+ lebih aman, karena komentar G+ sendiri memiliki filter spam dan jika ada yang naruh link sekalipun maka link tersebut tidak berhubungan dengan blogger karena semua komentar Google+ tidak tersemat pada Blogger namun dalam iframe komentar G+ itu sendiri. Selain itu juga dapat menambah traffic blog itu sendiri. Sementara pengamatan saya seperti itu mbak Indri… 🙂

  14. jalan satu-satunya supaya aman memang harus pakai komentar G+ mbak, sudah pasti blog akan tambah disayang sama google. otomatis adsense jadi aman 🙂

  15. infonya sangat bermanfaat bu. sekarang saya pakai G+ account aja biar aman. lagian katanya G+ juga udah ada Tim Google yg cek sendiri kan bu

  16. Komentar spam memang sangat mengganggu, oleh karena itu sebaiknya bagi pemilik blog atau website harus mempunyai plugin komentar anti spam.

    Terima kasih Mba Indri…

  17. mau gimana lagi nama nya daya orang curang seperti itu gan , hoki hokian lah nama nya nypam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *