Komentar Spam Bisa Membuat Blog Anda DiBanned Adsense

Halo juragan… Google secara proaktif mengawasi blog-blog yang menayangkan iklan adsense. Semakin tinggi trafik sebuah blog maka google akan semakin serius mengawasi blog tersebut. Jika situs anda lalai mematuhi kebijakan program, maka situs kita akan dibanned.

Banned adsense mayoritas bersifat permanen. Jika blog kita telah bertrafik tinggi lalu dibanned, maka kita akan sangat rugi sekali. Kerja keras selama setahun lenyap dalam sehari.

Penyebab blog dibanned banyak sekali, teman-teman bisa membacanya tentang Kesalahan Paling Sering Dilakukan Publisher Adsense Penyebab Banned. Namun, ada satu lagi penyebab blog terbanned yang jarang kita sadari, yaitu komentar spam.

Seperti dijelaskan oleh google, komentar adalah bagian dari konten. Publisher bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tidak ada komentar yang melanggar kebijakan program adsense. Jika ada komentar yang terdeteksi melanggar kebijakan program adsense, maka sebagai konsekuensinya situs atau akun adsense akan dinonaktifkan. Atau paling ringan adalah publisher akan diberi surat peringatan alias warning lebih dulu, dan jika anda mengabaikan peringatan google maka akan dihadiahi banned.

Contoh-contoh komentar yang berpotensi mencelakakan blog anda:

1. Komentar tidak aman bagi keluarga

Komentar tidak aman bagi keluarga meliputi komentar mengandung unsur: pornografi, obat-obatan khusus dewasa, perjudian, perdagangan rokok, obat-obatan terlarang, sara, caci-maki, sumpah serapah, menyindir, menghina dan sebagainya. Komentar seperti itu jangan dijijnkan mampir di blog anda.

2. Komentar meninggalkan link

Komentar yang meninggalkan link aktif maupun link mati sangat berbahaya bagi keselamatan blog anda. Mengapa? Link-link tersebut bisa saja mengarah ke situs-situs yang melanggar kebijakan program adsense. Jika sekarang situs-situs tersebut belum melanggar, tetapi bisa saja suatu saat nanti mereka melanggar kebijakan program adsense, sementara link mereka pernah terpaste di kolom komentar blog kita.

Maka suatu hari nanti blog kita tahu-tahu akan dibanned karena ada link di kolom komentar yang mengarah ke situs terlarang menurut kebijakan program adsense.

3. Profil Blogger atau Profil Google+ yang melanggar

Google memiliki kebijakan dalam membuat nama profil blogger maupun profil google+, namun terkadang ada saja orang yang menggunakan nama merk obat-obatan dewasa sebagai nama profil mereka di blogger maupun di google+.

Maka jangan ijinkan nama-nama profil seperti itu untuk berkomentar di blog anda, tetapi ijinkan hanya nama-nama profil yang wajar saja untuk berkomentar di blog anda, misalnya: nama orang, nama sekolah, dan semacamnya. Jangan ijinkan nama profil yang menggunakan merk-merk obat-obatan dewasa dan sejenisnya.

Nah, jika mereka menggunakan nama profil obat terlarang lalu berkomentar di blog anda, maka bisa saja nama profil tersebut dianggap melanggar kebijakan program adsense. Selain itu, jika profil tersebut diklik pengguna maka akan mengarahkan pengguna ke situs-situs terlarang yang mereka kelola.

Apabila anda menghapus komentar milik profil yang melanggar tersebut, itu hanya akan hilang dari pandangan anda saja. Sedangkan bagi orang lain, profil tersebut tetap tampil di kolom komentar blog anda dengan keterangan, “komentar ini telah dihapus oleh penulis”, jika website anda berplatform blogger.

Bagaimana solusinya?

Aktifkan moderasi komentar. Itu saja! Jangan berikan kesempatan bagi komentar yang melanggar maupun nama profil yang melanggar untuk tampil di kolom komentar blog anda. Karena nama profil yang melanggar yang terlanjur tampil di kolom komentar tidak akan bisa hilang meskipun telah anda hapus dari kolom komentar maupun dari dasbor blogger. Tetapi jika blog anda menggunakan platform wordpress, semua komentar spam bisa disapu bersih.

^^ Semoga sukses buat teman-teman semuanya, jangan lupa baca juga Berapa Umur Blog Yang Ideal Untuk Mendaftar Adsense?

Bagikan:
21 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.