Kisah Unik Dua Menteri Jokowi

Jumat, 14 Oktober 2016, Presiden Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi secara resmi melantik Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM). Tak hanya Menteri ESDM yang dilantik, orang nomor satu di republik ini juga secara resmi melantik Wakil Menteri ESDM, sebuah jabatan baru di jajaran kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

menteri-jokowi
Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar dua menteri Jokowi yang kisahnya unik, diberhentikan lalu diangkat lagi.

Sebelum Menteri ESDM yang baru dilantik, posisi tersebut dipegang Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan yang ditunjuk Jokowi sebagai pelaksana tugas. Luhut jadi pelaksana tugas Menteri ESDM, setelah Jokowi mencopot Arcandra Tahar, karena punya dwi kewarganegaraan.

1. Ignasius Jonan

Ada hal menarik dibalik pengangkatan dua pembantu presiden tersebut. Ignasius Jonan yang dilantik menjadi Menteri ESDM, tak lain adalah bekas pembantu. Sebelum sekarang diangkat jadi Menteri ESDM, Jonan adalah Menteri Perhubungan. Tapi, pada 15 Agustus 2016,  Jonan diberhentikan Jokowi dari jabatannya sebagai Menteri Perhubungan. Jonan digantikan oleh Budi Karya Sumadi. Jadi sejak diberhentikan sampai kemudian diangkat lagi, hanya dua bulanan Jonan ‘nganggur’.

Banyak yang menyayangkan keputusan Jokowi mencopot Jonan ketika itu. Terutama para netizen. Jonan dianggap cukup berhasil selama jadi Menteri Perhubungan. Publik heran, kenapa Jokowi memberhentikannya.

Tapi kini Jonan come back. Tapi tak lagi sebagai Menteri Perhubungan. Ia kembali jadi menteri dengan posisi yang berbeda dengan sebelumnya. Jonan diangkat jadi Menteri Perhubungan. Namun terlepas dari semua itu, kisah Jonan jadi menteri cukup unik. Ia diberhentikan, tapi sekarang diangkat lagi.

2. Acandra Tahar

Begitu juga dengan wakilnya, Arcandra Tahar. Bahkan kisah Arcandra jadi menteri lantas diberhentikan, sempat jadi sorotan publik. Arcandra dicopot Jokowi karena punya dua kewarganegaraan. Saat itu jadi polemik. Sampai kemudian Jokowi memberhentikan. Arcandra sendiri dilantik Jokowi sebagai Menteri ESDM pada 27 Juli 2016.

Praktis sejak dilantik hingga diberhentikan, Arcandra menjabat sebagai Menteri ESDM selama 20 hari. Bisa dikatakan, Arcandra merupakan Menteri ESDM tersingkat dalam sejarah kabinet di Indonesia. Tapi sekarang setelah diberhentikan, Arcandra diangkat lagi. Namun bukan lagi sebagai menteri. Arcandra ditarik lagi ke kabinet sebagai Wakil Menteri ESDM. Kisah Jonan dan Arcandra mungkin hanya di Indonesia. Diberhentikan, tapi sesaat setelah itu diangkat lagi. Yang memberhentikannya pun orang yang sama. Dan yang mengangkatnya kembali orang yang sama juga. Dia adalah Presiden Jokowi.

Jangan lupa baca juga Setelah Jokowi Menabuh Genderang Perang.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.