Kiat Memperbaiki KUALITAS KONTEN Pada Sebuah Blog/Website Untuk Menjadi BESAR

Selamat malam sobat? apa kabarnya? Di atas banyaknya kesibukan, saya selalu mencoba untuk meluangkan waktu untuk menulis salah satu di blog saya (http://guruilmuan.blogspot.com/) dan blog juragancipir.com. Kali ini saya akan mencoba menulis tentang “Hati-hati dalam menulis artikel di blog”.

Seperti diketahui bahwa artikel merupakan isi terpenting yang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah blog/website. Karena artikel sebuah blog kecil akan menjadi besar dengan syarat terus diupdate secara berkala. Lalu apa peran artikel bagi tumbuh-kembang blog/website?

  • Artikel adalah kunci untuk mendapatkan pengunjung;
  • Artikel adalah pusat perhatian pengunjung;
  • Artikel menunjukkan kualitas si penulis;
  • Artikel yang ditulis secara baik dan informatif akan menambah nilai kebermanfaatan bagi pengunjung, sehingga pengunjung akan menjadi pembaca setia;
  • Artikel berkualitas mampu membius pengunjung untuk berlama-lama nongkrong di webblog/website Anda;
  • Artikel menunjukkan tema sebuah blog yang dibangun; dan
  • Artikel adalah konten unik yang dapat dibuat kreatif oleh siapapun orangnya.

Sehingga jika kita adalah seorang yang menggeluti dunia tulis-menulis termasuk seorang blogger, maka membuat konten (artikel) di dalam blog harus berhati-hati, sebab hal ini akan berdampak sangat universal bagi perkembangan blog. Berikut ini setidaknya tips dan trik yang saya bagikan untuk teman-teman dalam membuat artikel berkualitas yang mampu mendorong visitor untuk berdatangan di blog Anda secara perlahan tapi pasti.

1. Buatlah Artikel Panjang (+.1000 suku kata/lebih)

Semua sepakat bahwa artikel panjang lebih mudah teroptimasi secara SEO, serta mudah ditemukan di halaman pencarian Google. Hal ini memang benar adanya, asalkan kita juga mampu menerapkan SEO On Page dan SEO OFF page secara benar, ditambah pembidikan kata kunci (keyword) dan penyebaran kata kunci konten yang relevan dengan kata kunci pada judul artikel. Semakin panjang artikel semakin bagus. Sebaiknya untuk artikel yang dibuat terdiri dari +1.000 suku kata atau lebih. Temuan MOZ menyatakan bahwa semakin banyak suku kata yang tersebar pada setiap artikel yang dibuat maka rankingnya akan semakin kecil, dan semakin sedikit suku kata maka rankingnya akan semakin membesar. Perhatikan grafik di bawah ini:

MOZ tentang suku kata artikel

Penelitian SerpIQ (untuk skala besar) terlepas dari SEO Ofpage, menyatakan bahwa artikel yang menduduki peringkat 10 besar di halaman Google lebih memprioritaskan artikel dengan kandungan suku kata di atas +2.000. Berikut ini grafik hasil penelitiannya:

Hal ini ternyata menandakan bahwa semakin banyak suku kata yang menyusun pada sebuah artikel maka akan semakin bagus, asalkan tulisan benar-benar original, komplit dan mampu menjawab permasalah pengunjung. Hal ini tentu akan memberikan sinyal kepada Google bahwa artikel yang kita buat akan dianggap penting karena bersifat informatif, menyeluruh, dan pembahasannya tidak setengah-setengah. Hal inilah yang saya terapkan dalam membangun blog terbaru saya > http://guruilmuan.blogspot.com/. Saya selalu berhati-hati dalam membuat konten blog, karena berdasarkan pengalaman hal ini akan sangat berpengaruh besar bagi perkembangan blog di masa mendatang.

Bagi penayang Google AdSense, saya berpendapat bahwa artikel panjang di atas +1.000 kata sangat manjur untuk menarik ribuan pengunjung dalam waktu 2 bulan sejak blog didirikan serta mampu memperoleh penghasilan yang memadai (nilai PPC tinggi), sebab di dalam satu artikel panjang bisa disisipi 3 unit iklan AdSense di bagian awal setelah judul post, di tengah postingan, dan di akhir postingan. Ini adalah salah satu website teman saya yang menghasilkan uang dari Google AdSense lebih dari 20 juta perbulan > (belajarbahasainggrisku.com). Beliau adalah Ahmad Wibawa, seorang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lampung, yang juga merupakan anggota dari KBL atau Komunitas Blogger Lampung. Karena artikelnya sangat-sangat berkualitas tinggi (hight quality).

2. Kombinasikan Tulisan dengan Gambar, Video, dan Media Kreatif

Gambar, video, dan media kreatif lainnya merupakan hal mutlak yang seharusnya terpadukan dengan konten di dalam blog kita. Karena kebanyakan pengunjung blog akan lebih senang jika sebuah artikel dikombinasikan dan didukung dengan adanya gambar, video, dan sebagainya yang tersisipi di dalam konten blog. Pastikan hal ini tidak dilewatkan dalam setiap kali Anda memposting artikel di blog. Di blog saya guruilmuan.blogspot.com tersebut saya selalu menambahkan gambar atau video pendukung, karena saya rasa hal tersebut akan membuat pengunjung lebih betah dan menganggap artikel yang dibuat tulus dan tidak setengah-setengah.

3. Buat Artikel Yang Paling Banyak Dicari Orang

Hal ini dapat Anda terapkan di awal sebelum membangun blog. Artinya, Anda harus dengan sepenuh hati menentukan tema dan untuk tujuan apa blog itu Anda bangun?. Tentunya juga Anda harus membuat artikel yang sedang trend dan banyak dicari orang. Niche blog untuk topik pendidikan, blog, AdSense, dan pertanian tentu akan banyak dicari orang, dan memberi peluang untuk meraih kesuksesan melalui pengembangan blog.

4. Konsisten Menulis Artikel, Semakin Besarlah Blog/Website Anda

Hal ini terbilang sulit-sulit gampang?. Namun, untuk belajar konsisten dalam menulis artikel di blog harus dimulai secara perlahan tapi pasti. Sama saja dalam proses belajar, pasti ada saja kendala tapi tidak menyurutkan langkah kita untuk terus menyalurkan ide, unek-unek, dan imajinasi menjadi sebuah karya penting dan mampu mendulang ribuan pengunjung setiap waktunya.

5. Artikel Berkualitas Kunci Sukses Mendapatkan Uang

Seperti sudah saya sebutkan pada point 1 tadi bahwa Ahmad Wibawa saja bisa sukses menjadi publisher Google AdSense karena ia mampu menyajikan konten berkualitas kepada pengunjung?. Dan apa jadinya apabila kita menyajikan konten yang biasa-biasa saja dan tidak bermanfaat sama sekali bagi pengunjung?. Pengunjung blog kebanyakan lebih menyukai artikel berkualitas dengan komposisi kepadatan pengetahuan yang dapat diambil dari artikel yang dibuat. Semakin banyak pengalaman, ilmu pengetahuan yang tersaji di dalam sebuah konten, maka bersiaplah blog Anda akan menjadi besar dan mudah dioptimalisasi ke program periklanan PPC atau melalui program affiliate.

Sekian informasi tentang:” Kiat Memperbaiki Kualitas Konten Pada Sebuah Blog/Website Untuk Menjadi BESAR“. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga:

(1). Kenapa ya Kok Banyak Orang Yang Terburu-Buru Daftar Google Adsense?

(2).  Cara Mengetahui “Personal Branding Menulis” Yang Tepat

Author Profile:

Bagikan:
17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.