Khusus Pemula: Serius ! Menjadi Seorang Blogger Itu Capek

Mungkin didalam fikiran banyak orang, menjadi blogger adalah pekerjaan yang mudah. Tinggal buka laptop dan uang akan mengalir ke rekening pribadinya. Namun, bagi anda yang baru saja mulai untuk terjun ke dunia ini, saya ingatkan anda bahwa menjadi blogger itu capek, capek banget malahan. Tidak hanya fikiran, fisik anda juga akan dimakan.

blogger-capek

Bagi mereka yang sudah menjalani profesi ini selama setahun lebih, tentu akan merasakan kerasnya persaingan dan beratnya usaha di awal-awal membangun blog pribadinya. Bahkan sering kali kita dituntut untuk bekerja di depan laptop selama kurang lebih 8 jam/hari bahkan lebih. Secara pribadi, saya sendiri telah mengalami pengalaman tersebut. Betapa kerasnya perjuangan saya dalam membangun blog pada tahap awal.

Perjuangan yang saya dapati tidak hanya berkaitan dengan materi yang akan saya sajikan. Namun pada saat itu saya berjuang atas ketidaktahuan saya akan membuat blog yang menarik dan mendatangkan pengunjung yang banyak.

Pada tahun pertama, saya hanya fokus belajar cara untuk membuat tampilan blog menjadi cantik. Pada saat itu, artikel yang menjadi konten pendukung terkesan berantakan dan asal-asalan. Jujur, pada tahap awal, mengcopy  artikel dari blog lain merupakan pilihan yang selalu menggiurkan bagi blogger pemula termasuk saya pada waktu itu. Pada saat itu, saya berfikir hal ini sangat mudah. Perbanyak konten, maka traffick blog saya akan tinggi. Namun apa yang saya dapati setelah mengcopy artikel dari blog lain?. Jawabannya adalah Capek Tanpa Hasil.

Hal tersebut menjadi suatu sisi yang harus diperhatikan oleh blogger pemula. Tentu anda tidak menginginkan kerja keras yang anda lakukan sia-sia belaka bukan? Maka mulailah dari saat ini untuk membuat artikel original yang sesuai dengan kemampuan anda. Bukankah untuk menjadi ahli kita membutuhkan latihan setidaknya 10.000 jam? Jika anda memulai untuk membuat artikel original mulai saat ini, maka anda telah memulai waktu latihan menjadi seorang ahli pembuat artikel pada saat ini juga.

Menulis artikel adalah pekerjaan yang melelahkan. Pinggang sakit, mata merah, kepala pening sebelah, hingga serangan penyakit bingung tanpa arah akan selalu menghantui anda. Walaupun menulis artikel merupakan pekerjaan yang melelahkan, namun bagi saya pribadi kegiatan ini adalah ibadah. Ibadah dalam bentuk menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi banyak manusia.

Bagi anda yang masih berfikiran bahwa menjadi blogger adalah pekerjaan yang mudah, maka anda harus mencoba untuk masuk kedalamnya pada saat ini juga. Jujur saja, dunia blogging itu sangat keras, bahkan saya lebih senang menyebutnya dengan kata “sadis”. Saingan anda tidak hanya satu, namun anda akan menemukan pesaing hingga beratus ribu.

Apakah setelah memiliki pengunjung yang tinggi pekerjaan anda selesai menjadi seorang blogger? Jawabannya adalah tidak. Jika anda memiliki pengunjung yang tinggi, maka pekerjaan anda akan semakin bertambah. Kebutuhan artikel yang banyak untuk tetap menjaga visitor, hingga permasalahaan teknis server yang sering membuat kepala geger, merupakan beberapa permasalahaan yang umum terjadi bagi para blogger.

Jika seorang pegawai berfikir tentang pekerjaan selama 8 jam saja, maka seorang blogger akan berfikir selama 24 jam. Bahkan sebelum tidur, mereka cenderung memikirkan strategi selanjutnya untuk mendatangkan visitor. Jika website dalam keadaan bermasalah, tidak hanya otak saja yang bekerja selama 24 jam, mungkin mata mereka bekerja selama itu juga.

Jadi, apakah anda masih yakin mau menjadi seorang blogger?? Lalu untuk teman blogger, kerja keras dan hal gila apa saja yang sudah anda lakukan untuk membuat blog anda berkambang?

Jangan lupa simak juga Kelebihan dan Kekurangan Artikel Yang Panjang.

Bagikan:
14 Comments
  1. Supriyantocs

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.