Khasiat Luar Biasa Buah Manggis Buat Ibu Hamil

Buah manggis merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang akhir-akhir ini sedang ngetrend untuk dijadikan sebagai bahan pengobatan alternatif. Itu karena buah manggis mengandung berbagai vitamin serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Simak juga Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh.

Jadi tidaklah heran bila buah yang satu ini harganya pun terbilang lumayan mahal dibanding yang lain. Dan salah satu manfaat dari buah manggis yang saat ini ramai diperbincangkan adalah tentang manfaatnya buat ibu hamil.

buah-manggis-ibu-hamil

Walaupun ada yang pro dan kontra mengenai hal ini, tetapi jika ditilik dari zat yang terkandung didalamnya, maka besar kemungkinan kebenaran tentang manfaat buah ini, bukanlah isapan jempol semata.

Sebenarnya apa saja sih zat yang terkandung dalam buah manggis ini?

Dalam buah manggis mengandung zat xanthones, yaitu sebuah senyawa kimia yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh dan mengandung anti oksidan yang berfungsi menyerap radikal bebas . Selain itu kandungan vitamin C dalam buah ini juga cukup tinggi.

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dari mengkonsumsi buah manggis:

1. Membantu mengoptimalkan pembentukan tulang

Dalam 50 gr buah manggis mengandung kurang lebih 0,3 miligram mangan. Yang seperti telah banyak diketahui, bahwa mangan berfungsi untuk membantu pembentukan jaringan tulang pada janin. Sangat disarankan buah ini mulai dikonsumsi saat memasuki usia kehamilan trismester pertama.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Pada Ibu Hamil Dan Janin

Dalam buah manggis juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5,8 miligram vitamin C di tiap 50 gramnya. Sedangkan untuk ibu hamil idealnya, dibutuhkan kurang lebih 90 miligram vitamin C per harinya agar dapat menjaga kesehatannya serta janinnya secara optimal. Jadi mengkonsumsi beberapa buah perhari bisa menjaga kesehatan serta sistem imun ibu hamil dan janinnya.

3. Mencegah Terjadinya Preklamsia Pada Ibu Hamil

Jika ada yang belum tahu apa itu Preklamsia, preklamsia adalah suatu kondisi yang sering terjadi pada semua ibu hamil yang mana kondisi ini disebabkan adanya masalah pada pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, pola makan, dan penyakit tertentu sebelum kehamilan. Dan preklamsia ini merupakan penyebab kelahiran tidak normal, misalnya prematur atau cacat saat lahir. Dengan setidaknya mengkonsumsi 2 buah manggis sehari maka resiko preklamsia pada ibu hamil di hindarkan.

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi sangat beresiko bagi ibu hamil. Karena hal ini bisa berdampak buruk bagi janin maupun dirinya sendiri. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan rendah kalori yang juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol, dan buah manggis adalah salah satu contohnya.

5. Memperbaiki Sistim Pencernaan

Salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah, sering terganggunya pencernaan dalam tubuh sehingga metabolisme tidak normal. Walaupun keluhan ini masih dalam kategori normal bagi ibu hamil karena efek dari proses pertumbuhan janin, tetapi hal ini tetap saja mengganggu. Dengan mengkonsumsi buah manggis tiap hari maka sistem pencernaan akan lancar.

Nah gimana, sangat penting kan manfaat buah manggis ini buat ibu hamil. Maka dari itu buat pembaca yang saat ini istrinya, saudara ataupun temannya yang sedang hamil tidak ada salahnya untuk dikasih tahu agar mengkonsumsi buah ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Kandungan Gizi Buah Alpukat Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan.

Bagikan:
7 Comments
  1. Risman Aji Darmawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.